Strategi Sukses Pemilik UMKM di Probolinggo Jual Keramik Sampai Dikira Barang Impor

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Kamis, 20 Oktober 2022 17:48
Strategi Sukses Pemilik UMKM di Probolinggo Jual Keramik Sampai Dikira Barang Impor
Pengimplementasian berbagai strategi yang tepat dapat membantu banyak pelaku usaha

Dream - Tantangan tentu akan selalu hadir bagi setiap pelaku usaha. Namun dengan mempertimbangkan berbagai strategi yang tepat dapat membantu pelaku usaha dalam menghadapi berbagai tantangan dalam menjalankan bisnisnya.

Strategi yang tepat akan sangat membantu meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnisnya ke tingkat selanjutnya. Selain kualitas produk, pemasaran yang tepat juga menjadi pertimbangan.

Jangan sampai produk sudah berkualitas baik namun kalah stand out di pasaran karena kurangnya strategi marketing. Pemilihan platform dalam memasarkan produk juga harus sesuai dengan tren yang ada.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Iklan sangat penting karena sebagus apa barang kita, orang gak akan tahu kaau kita nggak beriklan, jadi iklan perlu agar orang tahu juga,” jelas Raymond Tjiadi, Co-Founder Lumosh Fine Ceramics pada acara Tokopedia Media Workshop Bersama Lumosh Fine Ceramics, UMKM Jawa Timur Pahlawan Ekonomi, Rabu 19 Oktober 2022.

1 dari 3 halaman

Faktor konsisten juga menjadi kunci dalam berbagai hal termasuk dalam membangun bisnis.

“ Lebih konsisten karena bisnis nggak mungkin langsung sukses bisa jadi bertahun-tahun yang penting konsistensi,” tambah Raymond.

Saran Raymond ini diperoleh dari pengalamannya menjalankan usaha keramik yang perlahan-lahan mulai mendatangkan penghasilan signifikan. Meski tak langsung mengalami lonjakan tajam di awal penerapan strategi itu, Raymond yang konsisten dengan beberapa tahapan yang dijalani kini menikmati hasilnya.

“ Kita masuk ke marketplace tapi belum melonjak. Akhirnya setahun pertama dua tahun pertama kita branding dulu," ujarnya. 

Strategi lain yang diterapkan Raymond adalah menggelar pameran di Jakarta saat usahanya memasuki tahun ketiga. Strategi ini dianggap tepat karena apresiasi konsumen di Jakarta terhadap handmade cukup besar.

" Sampai banyak yang tanya ini import ya, padahal dari Probolinggo,” tambah Raymond. 

2 dari 3 halaman

Berdayakan Ratusan Pekerja

Industri keramik memiliki potensi yang masih sangat besar. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, Lumosh Fine Ceramics memberdayakan ratusan pekerja, termasuk perajin keramik lokal, yang sebagian besar berasal dari Probolinggo. 

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Latar belakang ratusan pekerja yang kini ada di Lumosh Fine Ceramics sangat variatif, bahkan ada yang tadinya buruh pabrik dengan minim pengalaman di bidang keramik. Sebagian besar perajin adalah perempuan,” jelas Raymond.

3 dari 3 halaman

Manfaatkan Teknologi dan Fiturnya

Selain dengan berkolaborasi, Raymond dan tim juga memanfaatkan Tokopedia sebagai upaya untuk mendorong geliat industri keramik lokal.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Berkat Tokopedia, Lumosh Fine Ceramics mengalami kenaikan omzet hampir 2 kali lipat, terutama selama pandemi dibandingkan dengan sebelum pandemi,” tambah Raymond.

Kehadiran Dilayani Tokopedia juga membantu Lumosh Fine Ceramics menjangkau lebih banyak pembeli, termasuk dari wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Sulawesi Selatan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Salah satu tantangan yang dihadapi Raymond dan tim adalah mengedukasi para konsumen bahwa produk Lumosh Fine Ceramics tidak sama satu dengan yang lainnya. Mengingat proses pembuatan keramik dilakukan secara manual menggunakan cetakan, artinya setiap produk Lumosh Fine Ceramics adalah karya unik.

 

“ Kami menyadari inovasi produk sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan tersebut, alhasil Lumosh Fine Ceramics kini menjadi salah satu inisiator produk keramik yang menggabungkan antara produk keramik dan kayu. Penggabungan desain produk keramik dan kayu tersebut menjadi ciri khas dan keunikan desain produk dari Lumosh. Selain itu, kami juga menawarkan produk custom-made yang bisa dipersonalisasi sesuai dengan preferensi pembeli,” tutup Raymond.

Beri Komentar