Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Terkuak! Inilah yang Bikin KPR Syariah Jarang Dilirik

Terkuak! Inilah yang Bikin KPR Syariah Jarang Dilirik Angka Penyaluran KPR Syariah Lebih Kecil Daripada KPR Konvensional.

Dream – Penyaluran KPR syariah di Indonesia masih rendah dibandingkan KPR konvensional. Rendahnya angka ini menjadi tantangan bagi perbankan syariah.

Direktur PT Sarana Multi Finansial (Persero), Heliantopo, mengatakan, berdasarkan data statistik perbankan syariah, penyaluran KPR konvensional per 31 Juli 2017 sebesar Rp370,29 triliun. Angka ini lebih besar daripada penyaluran KPR syariah yang cuma Rp56,16 triliun.

“Angka penyaluran KPR syariah dan konvensional ini beda jauh. Ini menjadi tantangan kita semua bagaimana di negara yang penduduk Muslimnya 90 persen, KPR syariah bisa mendekati konvensional,” kata Heliantopo di Jakarta, Rabu 18 Oktober 2017.

Perbankan syariah mengakui rendahnya angka penyaluran KPR syariah ini didorong oleh faktor harga.

Ketua Pengembangan Produk Syariah Asosiasi Bank Syariah Indonesia (ASBISINDO), Ardiansyah Rakhmadi, menilai harga pembiayaan rumah yang ditawarkan oleh bank syariah lebih tinggi daripada konvensional.

Ardiansyah mencontohkan akad murabahah yang digunakan untuk KPR syariah bersifat tetap (fixed) dan marjin pembiayaannya lebih tinggi daripada KPR konvensional.

“Boleh jadi kendalanya ada di masalah harga. Harganya dianggap kurang kompetitif,” kata dia.

Ardiasyah juga mengatakan rendahnya penyaluran PPR ini juga disebabkan oleh rendahnya sosialisasi kepada masyarakat dan permodalan bank syariah untuk pembiayaan yang masih mahal. “Permodalan sebenarnya bergantung kepada DPK (dana pihak ketiga), sementara DPK bank syariah masih mahal, masih bergantung kepada deposito,” kata dia.(Sah)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Pemerintah Kucurkan Rp48,7 Triliun untuk THR ASN, Ini Rinciannya

Pemerintah Kucurkan Rp48,7 Triliun untuk THR ASN, Ini Rinciannya

Anggaran THR ini mengalami kenaikan dari tahun lalu.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.