THR PNS, TNI dan Polri Cair Bulan Ini, Berapa Besarannya?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 15 Juni 2017 13:17
THR PNS, TNI dan Polri Cair Bulan Ini, Berapa Besarannya?
Pada tahun ini, PNS kembali mendapatkan THR.

Dream – Regulasi pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk PNS, TNI, Polri, dan pejabat negara telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Aturan yang berupa Peraturan Pemerintah (PP) No. 25 Tahun 2017 tentang Pemberian THR Tahun Anggaran 2017 kepada PNS, TNI, Polri, dan Pejabat Negara, menyebutkan THR akan dicairkan pada bulan ini. THR yang diberikan itu sebesar gaji pokok.

Dilansir dari setkab.go.id, Kamis 15 Juni 2017, penerima THR ini termasuk PNS serta anggota TNI dan Polri yang ditempatkan di luar negeri, PNS serta anggota TNI dan Polri yang dipekerjakan di luar instansi pemerintah yang gajinya dibayar oleh instansi induknya, PNS serta anggota TNI dan Polri yang diberhentikan sementara, PNS serta anggota TNI dan Polri yang merupakan penerima uang tunggu, dan calon PNS.

THR yang diberikan itu sebesar gaji pokok pada bulan Juni. Gaji pokok adalah gaji yang tidak dikenakan potongan iuran atau potongan lain berdasarkan undang-undang.

Penerima THR ini tidak boleh menerima lebih dari satu THR yang dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Kalau PNS, TNI, Polri, dan pejabat negara menerima lebih dari satu gaji pokok, maka THR yang diberikan adalah salah satu yang jumlahnya lebih besar. Kalau menerima lebih dari satu tunjangan, PP ini  meminta penerima THR mengembalikan kelebihan pembayarannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“ Dalam hal gaji pokok/penghasilan yang bersifat gaji pokok sebagaimana dimaksud melebih Rp4,75 juta, maka THR yang dibayarkan adalah sebesar Rp4,75 juta,” bunyi pasal 7 ayat 5 PP No. 25 Tahun 2017.

PP ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan. Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, telah mengundang-undangkannya pada 13 Juni 2017. Baca selengkapnya di sini. (ism) 

Beri Komentar