5 Jenis Usaha yang Cocok di Lokasi Dekat Sekolah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 18 November 2019 07:36
5 Jenis Usaha yang Cocok di Lokasi Dekat Sekolah
Kawasan sekolah bisa memberikan celah bisnis yang `gurih` bagimu, lho.

Dream - Tinggal di rumah yang dekat dengan kawasan sekolah menjadi nilai plus bagimu. Selain bisa melihat polah para bocah dengan beragam keunikannya, kamu punya peluang besar mengelola bisnis sendiri.

Tak hanya membuka warung makanan, jenis usaha yang bisa dikembangkan jika rumahmu dekat dengan sekolah ternyata banyak bentuknya. Kamu bisa menjadika usaha ini sebagai pemasukan tambahan. 

Dikutip dari Cek Aja, Senin, 18 November 2019, jenis bisnis pertama yang bisa dibuat dekat sekolah adalah antar jemput anak sekolah. Tingginya kesibukan dan kondisi jalan ibu kota membuat orang tua malas keluar rumah untuk mengantar dan menjemput buah hatinya di sekolah. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang ini.

Kamu bisa memanfaatkan mobil yang jarang dipakai di rumah. Biaya operasional yang dibutuhkan hanya untuk membeli BBM.

Kedua, bisnis alat tulis dan fotokopi. Untuk menjalankan bisnis ini, kamu harus punya atau menyewa toko di sekitar sekolah. Biasanya anak sekolah atau mahasiswa memerlukan peralatan tulis dan fotokopi.

Tak harus beli, kamu juga bisa menyewa mesin fotokopi dari vendor ternama. Jadi, biayanya bisa dialokasikan untuk menambah barang yang dirasa berpeluang dicari konsumen.

1 dari 5 halaman

Les Privat

Les privat bisa jadi usaha sampingan untuk penghasilan tambahan kamu. Biasanya pelajar kelas 6, 9, atau 12 akan membutuhkan waktu tambahan untuk belajar.

Kebanyakan orang tua memilih menambah jam belajar anaknya melalui les privat ketimbang mendaftarkannya di tempat bimbingan belajar atau bimbel. Nah disini kamu dan teman-teman bisa memanfaatkannya dengan menawarkan jasa les privat bagi para siswa.

Tentunya hal itu bisa dengan mudah dicapai dengan pola komunikasi yang baik dan juga bukti secara akademik. Bisnis yang tanpa modal ini sebenarnya sudah banyak dilakoni oleh para mahasiswa, namun belakangan banyak juga bermunculan lembaga bimbingan belajar yang menyediakan fasilitas ini untuk anak didiknya.

2 dari 5 halaman

Beri Pelatihan Komputer

Tahukah kamu jika saat ini banyak anak sekolah yang tertarik dengan dunia desain atau animasi. Kamu yang punya keahlian di bidang komputer bisa menjadikan hal ini sebagai peluang bisnis samping.

Untuk memulai bisnis ini, kamu tentu harus memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang desain atau pengoperasian komputer, baik software maupun perakitan komputer.

Dalam bisnis ini, kamu bisa saja menyasar anak sekolah maupun orang dewasa yang memiliki kebutuhan khusus untuk bisa mengoperasikan komputer dan software tertentu sebagai target pasarnya. Tarif yang diberikan pun relatif tinggi lho, jadi hal ini berpotensi mengundang keuntungan yang tidak sedikit.

3 dari 5 halaman

Katering dan Kos-kosan

Penerapan sistem belajar yang full di SD sampai SMA memberikan peluang bagimu untuk bisnis katering. Kamu bisa menyediakan katering untuk makan siang siswa.

Modal dasar yang harus kamu miliki untuk bisa merebut peluang ini tentu saja kemampuan untuk memasak beragam jenis makanan yang disukai oleh anak-anak. Katering yang kamu pasok ke sekolahan setiap hari tentu harus menyajikan menu yang berbeda untuk para siswa.

Selain itu kamu juga harus pintar memasarkannya ke sekolah-sekolah. Cobalah memulainya dengan membawa 5-10 paket katering gratis yang bisa dinikmati oleh para guru walikelas. Jika masakanmu enak, tentu mereka tidak akan segan untuk membantu memasarkannya ke siswa-siswanya.

kos-kosan juga bisnis tradisional yang tidak akan lekang oleh waktu. Selama sekolah atau universitas di kota mu masih tetap menerima murid baru, maka permintaan untuk tempat tinggal sementara para siswa dan mahasiswa akan tetap ada.

4 dari 5 halaman

Mau Sukses Bisnis? Terapkan 3 Strategi Ala Rasulullah SAW

Dream – Selain berdakwah, Nabi Muhammad SAW menghabiskan waktunya menjadi seorang pebisnis selama 25 tahun. Berkat kepiawaian dagangnya, Rasulullah terkenal sebagai pedagang yang sukses, ulet, dan jujur.

Cara Rasullah menjalankan bisnis niaganya sebetulnya bisa dicontoh oleh para pebisnis saat ini. Satu hal yang harus dicatat, Rasul selalu menjunjung tinggi etika bisnis yang mencakup manajemen dan etos kerja. 

Rahasia sukses bisnis yang dilakukan oleh Rasululla bisa berjalan karena Beliau menjalankan tiga strategi. Apa saja ya?

Pertama, Nabi membangun hubungan interpersonal yang berkesan. Ini ditunjukkan dengan sikap yang bersahabat dan raut wajah yang selalu tersenyum. Dia juga mampu mengingat nama maupun masa lalu mitra yang dijumpainya, ujar pengamat ekonomi syariah, Syafii Antonio.

Rasulullah juga bisa membuat suasana menjadi ceria dan saling mendukung. Sikap ini dinilai ampuh untuk menciptakan optimisme walaupun serba kekurangan.

5 dari 5 halaman

Strategi-strategi yang Tak Kalah Hebat

Selanjutnya, menghargai perbedaan cara pandang dan bisa menjelaskan sudut pandang melihat suatu hal. Nabi bisa mengarahkan lawan debatnya tanpa terasa dan meyakinkan ke sasaran positif yang diinginkan.

Yang terakhir, yang paling disukai pelanggan, yaitu memberi kepastian. Dalam bisnisnya, Rasulullah tidak PHP alias memberikan kepastian. Nabi juga memperlihatkan sikap menghargai waktu dan tak mudah mengobral janji, memperlihatkan kesediaan untuk berkorban, dan tak hanya mengedepankan kepentingan sendiri.

" Pada suatu zaman yang penuh ketidakpastian dan berkembang suasana saling berkhianat, kehadiran sosok yang dapat dipercaya dan diandalkan menjadi dambaan,” kata Syafii.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone