Wow! Laba Bersih BNI Syariah di Separuh 2019 Meroket 55%

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 26 Juli 2019 19:15
Wow! Laba Bersih BNI Syariah di Separuh 2019 Meroket 55%
Pertumbuhan laba bersih didorong oleh DPK dan pembiayaan.

Dream – PT BNI Syariah membukukan laba bersih sebesar Rp315,27 miliar pada triwulan II 2019. Angka ini Melesat 55,32 persen secara year-on-year (yoy) pada Juni 2018 yang mencapai Rp202,9 miliar.

“ Laba tersebut disokong oleh ekspansi pembiayaan yang sehat dan rasio dana murah yang optimal,” kata Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 26 Juli 2019.

Firman mengungkapkan BNI Syariah saat ini memiliki aset senilai Rp42,49 triliun atau tumbuh 12,5 persen yoy dari triwulan II 2018 yang sebesar Rp37,7 triliun.

Pada Juni 2019, BNI Syariah menyalurkan pembiayaan dengan pertumbuhan 26,03 persen yoy menjadi Rp31,66 triliun. Segmen konsumer menjadi konstributor terbesar senilai Rp14,53 triliun, komersial Rp9,14 triliun, segmen kecil dan menengah Rp5,94 triliun, segmen mikro Rp1,69 triliun, dan Hasanah Card Rp352,61 miiliar.

BNI Syariah menjaga angka Non Performing Financing (NPF) BNI Syariah sampai Juni 2019 sebesar 3,03 persen. Tingkat pencadangan pembiayaan berada di 91,39 persen.

Angka Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp36,32 triliun atau naik 12,13 persen yoy. Jumlah nasabahnya mencapai lebih dari 3,2 juta. Dana murah berupa tabungan dan giro mencapai 63,48 persen.

1 dari 5 halaman

BNI Syariah Incar Bisnis Kargo Jemaah Haji dan Umroh

Dream – PT BNI Syariah melayani sistem pembayaran bagasi dan kargo melalui aplikasi yang dikembangkan oleh PT Tips Inovasi Indonesia, yaitu aplikasi TIPS 2.0 Haji dan Umroh. Aplikasi ini bertujuan untuk pengelolaan bagasi dan kargo untuk jemaah haji dan umroh.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 26 Juli 2019, aplikasi ini mempermudah jemaah untuk menjemput koper dan kargo dari Madinah, Mekkah, dan Jeddah. Caranya, cukup mengunduh aplikasi, lalu memesan pengiriman koper dan kargo lainnya melalui aplikasi. Selanjutnya, Mutawwif atau pemandu Haji akan menjemput paket barang kiriman di hotel tempat tinggal jemaah.

Direktur Bisnis SME & Komersial BNI Syariah, Dhias Widhiyati, mengatakan pihaknya siap mendukung sistem pembayaran bagasi dan kargo melalui integrasi virtual account dilengkapi dengan kartu NFC based. Sistem pembayaran ini bisa digunakan untuk media pembayaran close loop. Sistem inilah yang akan menyempurnakan aplikasi yang dikembangkan oleh Tips Inovasi Indonesia.

“ Kerja sama BNI Syariah dengan PT Angkasa Pura Kargo, PT Tips Inovasi Indonesia, dan mitra ini memiliki potensi yang besar,” kata Dhias di Jakarta.

Dia mengatakan data perkiraan jumlah jemaah haji dan umroh pada 2019 lebih dari 1,4 juta orang. Potensi dana di giro pooling atas transaksi pengelolaan bagasi dan kargo jemaah haji dan umroh diprediksi mencapai Rp468,2 miliar. Potensi pendapatan fee based income dari virtual account adalah Rp1,05 miliar.

“ Ke depannya, BNI Syariah akan memperluas jariangan kerja sama dan sosialisasi dengan travel rekanan,” kata Dhias.

 BNI Syariah mengincar bisnis kargo jemaah haji dan umroh.

 

Cofounder Tips Inovasi Indonesia, Ryan A. Ronas, mengatakan pihaknya membidik pengguna aplikasi sebanyak 10 ribu orang pada akhir 2019.

“ Aplikasi ini akan membantu kendala urusan bagasi misal kelebihan muatan dan terkait larangan membawa benda cair jemaah di musim haji dan umroh,” kata dia.

Pada kesempatan ini telah ditandatangani Nota Kesepahaman oleh Direktur Bisnis SME & Komersial BNI Syariah, Dhias Widhiyati; Direktur Operasional dan Komersil PT Angkasa Pura Kargo, Riyanto H. Cahyono, CoFounder PT Tips Inovasi Indonesia, Ryan A. Ronas, serta mitra travel haji dan umroh, serta perusahaan kargo. Penandatanganan ini turut disaksikan oleh Staff Ahli Menteri Perhubungan Bidang Teknik Lingkungan Energi Perhubungan, Prasetyo Buditjahjono dan Kepala Subdirektorat Impor Direktorat Jendral Bea & Cukai, Djanurindo Wibowo. 

2 dari 5 halaman

BNI Syariah Incar 95 Ribu Nasabah Haji Baru di 2019

Dream – PT BNI Syariah menargetkan 95 ribu pendaftar haji baru sepanjang 2019. Bank syariah ini berharap pendaftar haji baru bisa meningkatkan jumlah nasabah dan tabungan haji BNI Syariah.

Direktur Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah, Dhias Widhiyati, mengatakan selama musim haji 2019, perusahaan menyodorkan dua promo dengan kartu ATM Haji dan Umroh Indonesia BNI Syariah.

" Promo pertama adalah gratis biaya administrasi satu kali tarik tunai di ATM Saudi Arabia," kata dia di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 18 Juli 2019.

Promo yang kedua, kata dia, adalah potongan harga 10 persen bakso GraPARI di Makkah dan Madinah bagi jemaah haji reguler.

 

 

Dhias mengatakan BNI Syariah juga hadir di beberapa embarkasi pemberangkatan haji untuk penukaran riyal dan pembukaan tabungan BNI Baitullah iB Hasanah dan ATM Haji dan Umroh Indonesia.

Sekadar informasi, jemaah haji 2019 BNI Syariah untuk haji regular sebanyak 29.112 orang dan haji khusus 2.211 orang.

3 dari 5 halaman

Gunakan 4 Strategi untuk Optimalkan Bisnis Haji dan Umroh

Dhias menjelaskan BNI Syariah mencanangkan empat strategi untuk memaksimalkan bisnis haji dan umroh. Pertama, perusahaan melakukan kampanye Indonesia Berhaji untuk mengajak masyarakat merencanakan haji sejak dini.

Tiga strategi lain adalah memaksimalkan chanelling BNI untuk menerima setoran awal haji dan pembukaan tabungan melalui saluran syariah, menjalin kerja sama dengan kelompok bimbingan ibadah haji, dan memaksimalkan promosi dan marketing kartu ATM haji dan umroh Indonesia.

Sebagai informasi, pemberangkatan jemaah haji Indonesia pada tahun ini dibagi menjadi dua gelombang. Pemberangkatan jemaah haji Indonesia gelombang 1 dilakukan pada 6 Juli 2019 – 19 Juli 2019. Sedangkan untuk gelombang 2 dilakukan pada 20 Juli 2019 – 5 Agustus 2019.

Masyarakat diharapkan dapat mempersiapkan haji sebagai rukun Islam kelima sejak dini mengingat masa tunggu haji reguler yang beragam di berbagai provinsi antara belasan tahun sampai puluhan tahun.

4 dari 5 halaman

Begini Cara Persiapkan Tabungan Haji untuk Anak

Untuk mempersiapkan ini anak-anak usia 0 tahun dapat dibukakan tabungan haji. Selain itu, anak usia 12 tahun juga dapat didaftarkan porsi haji jika saldo tabungan haji sudah mencapai Rp 25 juta. Pendaftaran porsi haji dapat dilakukan ke kantor Kementerian Agama sesuai KTP.

Saat ini terjadi tren merencanakan keberangkatan haji sekeluarga dimana orang tua dan anak-anaknya dibukakan tabungan haji, lalu melakukan setoran awal porsi haji bersama-sama. Hal ini bertujuan agar keberangkatan haji bisa bersama-sama satu keluarga belasan sampai puluhan tahun yang akan datang.

Masyarakat yang ingin merencanakan berhaji sejak dini bisa menghungi kantor cabang BNI Syariah ataupun Sharia Channel Office Bank BNI yang terdapat di Indonesia.

5 dari 5 halaman

Rangkul Pengembang Lagi, BNI Syariah Incar Rp31 Miliar

Dream – PT BNI Syariah getol mencari pengembang properti untuk memacu kinerja perusahaan. Terbaru, anak usaha PT Bank Negara Indonesia Tbk ini menggandeng pengembang properti, PT Cipta Pilar Persada, yang membangun proyek apartemen Cordova Edupartment. 

Menyediakan fasilitas pembiayaan BNI Griya iB Hasanah, perusahaan berharap bisa meraup potensi dana segar senilai Rp31,1 miliar.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 5 Juli 2019, proyek apartemen Cordova Edupartment yang terletak di Semarang, Jawa Tengah saat ini masih memiliki 380 unit apartemen yang belum terjual.

“ Ditargetkan 10 persen dapat dibiayai oleh BNI Syariah sehingga potensi bisnis dari kerja sama diperkirakan mencapai Rp31,1 miliar,” kata SEVP Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi.

 

 

Iwan mengatakan penandatanganan kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan konsumer BNI Syariah.

Hingga Mei 2019, realisasi pembiayaan konsumer BNI Syariah sebesar Rp14,5 triliun atau naik 12,81 persen secara tahunan (year on year) dari periode yang sama tahun 2018. Pembiayaan perumahan BNI Griya iB Hasanah menyumbang 40 persen dari total pembiayaan BNI Syariah.

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal