17 Manfaat Kunyit, Ampuh Sembuhkan Berbagai Penyakit

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Minggu, 29 September 2019 07:02
17 Manfaat Kunyit, Ampuh Sembuhkan Berbagai Penyakit
Mengonsumsi kunyit secara rutin bisa menyehatkan tubuh.

Dream - Kunyit bukan lagi asing untuk masyarakat Indonesia. Tanaman rempah ini kerap tersimpan bersama dengan sejumlah bumbu masak di dapur.  

Rempah ini dipercaya memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Bahkan khasiat kunyit sudah dikenal sejak dulu baik sebagai bumbu masakan maupun obat. 

Kunyit termasuk keluarga jahe-jahean dengan warna khas kuning atau jingga menyala. Kunyit punya nama ilmiah Curcuma.

Banyak yang mengakui kunyit adalah tanaman khas baik warna, aroma dan rasanya. Tak heran kalau masakan dengan bumbu kunir memiliki aroma dan rasa yang pekat, seperti Kari India dan nasi kuning.

Kunyit menyimpan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Berikut 17 manfaat kunir untuk kesehatan tubuh penyembuh luka hingga masalah penyakit serius.

1 dari 6 halaman

Kandungan Bermanfaat

Kandungan Curcumin

Warna kuning pekat pada kunyit disebabkan adanya kandungan curcumin. Selain memberi warna kuning, curcumin merupakan bahan aktif yang memiliki efek anti peradangan kuat, sehingga mampu mencegah berbagai penyakit.

 Manfaat Kunir© Pixabay


Bersifat Anti Peradangan

Senyawa anti peradangan sangat diperlukan untuk mencegah dan meredakan berbagai penyakit. Senyawa penting ini ditemukan terdapat pada kunyit.

Mengandung Antioksidan

Senyawa antioksidan mampu mencegah kerusakan akibat radikal bebas, dan membantu produksi kolagen. Kandungan ini bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit, melindungi tubuh dan kulit.

2 dari 6 halaman

Baik Untuk Kesehatan Otak

Meningkatkan Kinerja Otak

Di dalam otak, terdapat banyak sekali saraf dengan fungsinya masing-masing. Untuk memaksimalkan fungsi saraf otak, tubuh butuh BDNF (Brain-derived Neurotrophic Factor), hormon yang tumbuh di otak.

Kunyit sangat baik untuk meningkatkan produksi hormon yang satu ini. Sehingga mampu meningkatkan kinerja otak dengan baik.

 Manfaat Kunir© Shutterstock

Menurunkan Risiko Penyakit Otak

Karena pengaruh hormon dalam otak yang bermasalah, seperti BDNF yang tidak normal, dapat menyebabkan berbagai penyakit otak. Beberapa di antaranya seperti depresi dan Alzheimer. Kandungan curcumin dalam kunir baik untuk menjaga keseimbangan hormon.

Mencegah Alzheimer

Salah satu penyakit otak yang umum ialah Alzheimer. Sayangnya, belum ditemukan obat untuk penyakit ini.

Yang bisa dilakukan ialah pencegahan, yaitu dengan menjaga kesehatan otak. Curcumin dalam kunyit sangat baik untuk pencegahan penyakit satu ini.

3 dari 6 halaman

Kesehatan Tubuh

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Serangan jantung merupakan penyakit yang paling ditakuti di dunia. Penyakit ini penyebab kematian nomor satu yang bisa datang kapan saja.

Untuk mencegah dan menurunkan risiko penyakit jantung, konsumsi kunyit secara rutin bisa jadi solusi yang baik. Kandungan curcumin di dalamnya bekerja sebagai antioksidan.

Mencegah Kanker

 Manfaat Kunir© Shutterstock

Tidak hanya mampu menurunkan risiko penyakit jantung, curcumin yang terkandung dalam kunir juga baik untuk mencegah kemunculan kanker. Ditambah lagi dengan fungsi anti peradangan di dalamnya.

Seperti yang kita tahu, penyebab utama kanker ialah pertumbuhan sel secara abnormal dan menyebabkan peradangan.

Baik untuk Pasien Arthritis

Arthritis adalah satu di antara penyakit yang disebabkan oleh peradangan, tepatnya di sendi. Untuk mengatasi peradangan bertambah parah, pasien Arthritis bisa mengonsumsi kunir secara rutin.

Tidak hanya mampu meredakan peradangan, kunyit juga mampu mengurangi rasa sakit dan nyeri.

4 dari 6 halaman

Kesehatan Pencernaan

Meredakan Maag

Salah satu masalah pencernaan yang paling umum dialami ialah maag. Penyakit ini disebabkan oleh naiknya asam lambung membuat perut terasa sakit dan begah. Untuk meredakannya, konsumsi kunyit secara rutin akan sangat membantu.

 Manfaat Kunir© Shutterstock


Obat Diare

Selain maag, diare juga umum terjadi. Dengan mengonsumsi kunyit ampuh untuk meredakan diare. Hal ini karena kunyit berfungsi mengurangi asam di dalam perut, dan membuat saluran pencernaan menjadi lebih lancar.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Berbagai masalah pencernaan dapat diatasi dengan kunyit. Kandungan antioksidan dan anti peradangannya, mampu mencegah peradangan dan kerusakan di organ pencernaan. Selain itu, kandungan curcumin juga ampuh untuk meningkatkan kinerja organ pencernaan.

5 dari 6 halaman

Kesehatan Kulit

Mengatasi Ruam Kulit

Kunyit juga ampuh untuk mengatasi berbagai masalah di kulit seperti ruam. Senyawa anti peradangan di dalam kunir mampu mengatasi iritasi penyebab ruam di kulit.


Mencegah Penuaan Dini

 Manfaat Kunir© Shutterstock


Salah satu fungsi antioksidan ialah mencegah terjadinya kerusakan akibat radikal bebas. Fungsi ini sangat baik untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput, garis halus dan noda hitam. Kita bisa memanfaatkan kunir sebagai suplemen, konsumsi sehari-hari atau sebagai bahan tambahan untuk masker wajah alami.

Menjaga Kesehatan Kulit

Selain mampu mencegah kerusakan akibat radikal bebas, antioksdan dalam kunir juga berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen. Dengan kadar kolagen yang normal, maka kesehatan kulit akan terjaga dan terhindar dari berbagai masalah.

6 dari 6 halaman

Kesehatan Lainnya

Masih banyak lagi manfaat kunyit selain untuk kesehatan tubuh dan kulit. Seperti untuk menjaga kesehatan mental dan mengatasi masalah nyeri menstruasi pada perempuan.

Mencegah Depresi

 Manfaat Kunir© Pixabay


Kandungan curcumin dalam kunir berperan penting dalam mencegah dan mengatasi depresi. Hal ini dikarenakan curcumin dapat memberikan efek ketenangan pada saraf otak, sehingga masalah pikiran seperti depresi dapat diatasi. Kita bisa memanfaatkan kunir sebagai tambahan dalam makanan yang dikonsumsi atau mengonsumsinya sebagai suplemen harian.

Meredakan Nyeri Menstruasi

Satu lagi manfaat kunir yang tak kalah penting, terutama untuk kaum perempuan, yaitu meredakan nyeri saat menstruasi. Caranya cukup dengan mengonsumsi suplemen kunir saar menstruasi datang.

Sejuta manfaat kunir ini bisa diperoleh dengan mudah, jadi tunggu apa lagi? Yuk konsumsi kunir!

Sumber: Healthline

Beri Komentar