420 Batu Diangkat dari Ginjal Penggemar Tahu

Reporter : Eko Huda S
Selasa, 9 Juni 2015 08:15
420 Batu Diangkat dari Ginjal Penggemar Tahu
Batu-batu ginjal itu diyakini berasal dari kebiasaan He yang suka menyantap gypsum tahu. Sudah begitu, dia jarang minum air putih.

Dream - Dokter di Rumah Sakit Dongyang People, Provinsi Zhejiang, berhasil mengangkat 420 batu ginjal dari ginjal kiri pria bermarga He. Pengangkatan batu ginjal itu dilakukan dalam operasi yang berlangsung pada Jumat pekan lalu.

Dikutip Dream dari laman Shanghaiist, Selasa 9 Juni 2015, He pergi ke dokter bulan lalu dengan mengeluh sakit perut. Kemudian dokter melakukan CT scan. Dan hasilnya, membuat He dan dokter itu terperajat.

" Saya tidak pernah melihat begitu banyak batu ginjal. Operasi berjalan sekitar dua jam," kata dokter yang menangani He.

" Ginjal itu tidak bisa berfungsi dengan baik jika dia terlambat. Seluruh ginjal harus diambil," tambah dokter yang sudah berpengalaman delapan tahun itu.

He sebenarnya bukan kali ini saja menjalani operasi pengangkatan batu ginjal. Pada 20 tahun silam dia juga menjalani operasi yang sama. Kala itu, dokter yang melakukan operasi berhasil mengangkat 10 batu ginjal dari ginjal pria yang kini berusia 55 tahun ini.

Dan kali ini, dalam operasi yang berlangsung sekitar dua jam, sebanyak 420 batu ginjal diangkat dari ginjal kirinya. " Kami memerlukan 45 menit hanya untuk mengangkat batu-batu kecil. Setelah operasi, tangan dan kakiku pegal-pegal," tambah dokter itu.

Lantas, apa yang membuat batu ginjal He sedemikian banyak? Diyakini berasal dari kebiasaan He yang suka menyantap gypsum tahu, sebuah makanan populer warga setempat, dengan kandungan kalsium sulfat yang tinggi. He juga memiliki kebiasaan buruk, jarang minum air putih.

" Produk kedelai, khususnya gypsum tahu, memiliki kalsium sangat tinggi. Dampak kelebihan seperti itu tidak bisa dibuang ke luar tubuh tanpa asupan minum yang cukup," kata Wei Yubin, dokter di Rumah Sakit Dongyang People.  Baca Juga: Wah, Sandal Jepit Ternyata Lebih Bahaya dari Sepatu Hak Tinggi 420 Batu Diangkat dari Ginjal Penggemar Tahu Dansa di Rumah Sakit Saudi, Gaji Tiga Perawat Dipotong 5 Hari Tiru Kebiasaan Pagi Orang-orang Sukses Ini Agar Lebih Sehat Tips Diet Usai Melahirkan 5 Posisi Yoga yang Mirip Gerakan Salat Ilmuwan: Pelihara Kucing Membuat Anak-anak Jadi Bodoh Kabut Asap Rokok Kurung Rumah, Bayi 2 Tahun Diselamatkan Pentingnya Sesuaikan Sunblock dengan Jenis Kulit Suara Bising Lalu Lintas Bikin Perut Kian Buncit

Beri Komentar