CONNECT WITH US!

5 Posisi Yoga yang Mirip Gerakan Salat

Reporter : Syahid Latif | Kamis, 4 Juni 2015 16:15
Ilustrasi
Tak banyak yang sadar, banyak gerakan yoga yang sebetulnya mirip dengan posisi salat. Apa saja?

Dream - Booming olahraga yoga di Tanah Air memang baru terjadi beberapa tahun terakhir. Namun kaum muslim tak menyadari jika selama hidupnya mereka senantiasa melakukan yoga setiap 5 kali sehari.

Jasmine Ibrahim Issa, seorang arsitek asal Amerika Serikat (AS) menganggap gerakan dalam salat sebetulnya hampir sama dengan yoga.

Mengutip laman mvslim.com, Kamis, 4 Juni 2015, salat yang dijalankan dengan kesadaran juga bertujuan melepaskan diri muslim secara fisik dan spiritual.

Entah sudah berapa banyak diskusi mengenai nilai spiritual dari salat. Namun sebagian besar lebih banyak melihat salat secara fisik.

" Ketika saya melakukan sujud, saya akui pikiran sempat terganggu dan tersadar jika saya sedang melakukan salah satu poses yoga," kata Jasmine.

Pengetahuan tanpa sadar yang dialami Jasmine saat sujud ini membuatnya menelusuri pose-poses yoga yang sebetulnya mirip dengan yoga.

Berikut adalah lima gerakan salat yang hampir mirip dengan poses yoga:

1. Berdiri dengan tangan mendekap

 5 Posisi Yoga yang Mirip Gerakan Salat

Jika dibandingkan dengan gerakan yoga, posisi ini mirip dengan namaste. Gerakan ini dianggap melepaskan ketegangan sistem syarah sekaligus menyeimbang tubuh.

Para penggiat yoga menganggap namaste membantu mereka mengisi energi-energi positif.

2. Ruku

 5 Posisi Yoga yang Mirip Gerakan Salat

Dalam yoga, posisi ini mirip dengan Ardha Uttanasana. Ketika rukuk, seluruh otot pungung bawah, torso depan, paha, dan betis menegang. Darah dipompa ke tubuh bagian atas. Posisi ini juga memberikan tekanan pada otot perut, abdomen, dan ginjal

3. I'tidal (duduk diantara dua sujud)

 5 Posisi Yoga yang Mirip Gerakan Salat

Posisi ini mirip dengan posisi Varjasa dalam gerakan yoga. Fungsinya membantu detoksifikasi dan merangsang gerakan perisaltik dari usus besar. Para penikmat yoga yakin posisi ini membantu pencernaan dan memaksa isi perut bergerak ke bawah.

Dalam kesehatan, gerakan ini membantu dalam menyembuhkan varises dan nyeri sendi, meningkatkan fleksibilitas, dan memperkuat otot-otot panggul.

4. Sujud

 5 Posisi Yoga yang Mirip Gerakan Salat

Sujud adalah posisi paling penting dalam gerakan salat. Dalam yoga, ada sebuah gerakan Balasana yang hampir mirip dengan sujud. Posisi ini merangsang korteks frontal otak. Sekaligus membuat posisi hati lebih tinggi daripada otak yang akan meningkatkan aliran darah ke bagian atas tubuh.

Secara kesehatan, hal ini memungkinan racun mental bisa dibersihkan. Bagi wanita hamil, possi ini tepat bagi janin karena mengurangi tekanan darah tinggi, meningkatkan elstisitas, meredakan stree, kecemasan, pusing, dan kelelahan.

5. Meditasi

Dari semua gerakan dalam salat, pada dasarnya semua berkaitan dengan meditasi. Bacaan zikir dari Al Quran tidak hanya memandu selama Salat tapi juga membimbing hidup Anda. Subhanallah... (Ism) 

Mantan Istri Daus Mini Saat Berhijab