7 Manfaat Ikan Gabus bagi Kesehatan, Ampuh Percepat Pemulihan Pasca Operasi

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 23 April 2021 19:46
7 Manfaat Ikan Gabus bagi Kesehatan, Ampuh Percepat Pemulihan Pasca Operasi
Ikan gabus adalah salah satu ikan kaya manfaat dan mampu meningkatkan asupan gizi tanpa biaya yang tinggi.

Dream – Manfaat ikan gabus selama ini sudah cukup banyak diketahui oleh masyarakat dan dianggap sebagai obat. Gabus adalah sejenis ikan yang memiliki habitat di perairan umum tawar, seperti sungai, rawa-rawa, danau, dan waduk. Untuk menemukan ikan ini pun tidak terlalu sulit. Kamu bisa membelinya di pasar tradisional hingga pasar-pasar modern.

Ikan yang memiliki nama latin Channa striata ini juga banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat. Di Palembang, ikan gabus digunakan sebagai alternatif dari ikan tenggiri untuk membuat empek-empek.

Banyaknya anggapan masyarakat bahwa ikan gabus adalah obat tentunya tidak terlepas dari kandungan yang dimilikinya. Gabus adalah penghasil albumin yang sangat diperlukan dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya sangat baik dikonsumsi oleh orang yang baru saja menjalani operasi.

Dari penelitian-penelitian yang pernah dilakukan, telah membuktikan bahwa ikan gabus memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk mendukung kesehatan. Kandungan yang tersimpan di dalam ikan gabus adalah protein dalam kadar yang tinggi, terutama albumin dan asam amino esensial, asam lemak esensial, mineral berupa zink, dan vitamin yang penting bagi tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat ikan gabus untuk kesehatan sebagaimana dihimpun melalui Merdeka.com.

1 dari 4 halaman

Membantu Penyembuhan Luka dan Mengatasi Hipoalbuminemia

Ilustrasi Operasi© Freepik.com

Membantu Penyembuhan Luka

Manfaat ikan gabus untuk kesehatan yang pertama adalah bisa membantu dalam penyembuhan luka. Hal ini karena di dalam daging ikan gabus terdapat albumin, yakni sejenis protein yang berguna untuk pembentukan jaringan sel baru. Dalam ilmu kedokteran, albumin biasanya akan membantu dalam mempercepat proses pemulihan jaringan sel tubuh yang terbelas, seperti pasca operasi.

Kandungan albumin yang adala dalam ikan gabus bisa disajikan dalam bentuk kapsul yang nantinya akan diberikan pada pasien penderita gula, kanker, kekurangan gizi, dan tuberkulosis.

 

Mengatasi Hipoalbuminemia

Manfaat ikan gabus untuk kesehatan juga bisa mengatasi hypoalbuminemia. Kondisi ini adalah saat tubuh mengalami kekurangan albumin dan mampu memicu datangnya masalah kesehatan lain yang lebih parah.

Penderitanya biasanya mengalami tanda-tanda berupa menurunnya nafsu makan, edema, mual, diare, darah rendah, penyakit jantung, dan sebagainya. Hipoalbuminemia disebabkan dari hipertirodisme, diabetes, sirosis hati, gagal jantung, sampai penyakit lupus.

2 dari 4 halaman

Mengurangi Risiko Penyakit Kanker dan Mengatasi Penyakit Jantung

Ilustrasi Sakit Jantung© Freepik.com

Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Manfaat ikan gabus lainnya adalah bisa mengurangi risiko penyakit kanker. Hal ini telah dilakukan penelitian di Universitas Airlangga Surabaya dan Universitas Loma Linda California yang menunjukkan bahwa ikan gabus memiliki kandungan zat berupa Allisin, Allil Sulfida, dan Furostanol Glicosida. Selain itu juga terdapat nilai asam amino yang cukup komplit, baik berupa esensial atau non esensial yang sangat baik untuk tubuh.

Kanker bisa terjadi karena berbagai penyebab. Kandungan berupa Allil Sulfida pada albumin ikan gabus berguna untuk menghambat hormon-hormon yang memicu munculnya sel-sel kanker.

 

Mengatasi Penyakit Jantung

Ikan gabus menjadi solusi untuk mengatasi penyakit jantung dan stroke. Kandungan albumin pada ikan gabus memiliki substansi zat asam amino lysin serta prolin yang bermanfaat untuk jantung. Jika dikonsumsi secara teratur, maka akan bisa melindungimu dari penyakit jantung yang berbahaya. Kandungan prolin pada ikan gabus yang jika kamu konsumsi secara rutin, bisa menguatkan otot-otot jantung.

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Kadar Hemoglobin pada Lansia dan Mengobati Malnutrisi

Ilustrasi Lansia Sehat© Freepik.com

Meningkatkan Kadar Hemoglobin pada Lansia

Manfaat ikan gabus ini juga bisa didapatkan oleh para lansia. Di mana bisa meningkatkan kadar hemoglobin. Manfaat ini pun sudah melalui penelitian yang dilakukan oleh Universitas Hasanuddin Makassar tentang pengaruh intervensi kapsul protein albumin pada ikan gabus, terutama pada lansia.

Dari penelitian menemukan bahwa dengan memberi protein albumin ikan gabus selama 30 hari bisa meningkatkan kadar hemoglobin lansia mencapai 0,373 g/dl.

 

Mengobati Malnutrisi

Manfaat ikan gabus berikutnya untuk kesehatan adalah bisa mengobati malnutrisi atau kekurangan gizi. Hal ini telah dilakukan penelitian, di mana dengan memberikan kapsul tepung ikan gabus pada orang yang menderita malnutrisi ODHA dan ternyata bisa meningkatkan asupan zat gizinya.

Kandungan albumin pada ikan gabus adalah sebagai penyusun HSA yang bisa dijadikan sebagai alternatif ketersediaan nutrisi guna memperbaiki gizi tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Kecerdasan dan Kesehatan Anak

Ilustrasi Anak-anak Cerdas dan Sehat© Freepik.com

Manfaat ikan gabus juga juga bisa didapatkan oleh anak, yakni mampu meningkatkan kecerdasan dan kesehatannya. Pada masa emasnya, yakni di usia 1 sampai 5 tahun, anak membutuhkan protein yang cukup, terutama albumin. Jika sampai kekurangan albumin, maka akan mengganggu otaknya dan pertumbuhan sel semakin sedikit. Hal inilah yang bisa menghambat kecerdasan anak.

Kadar albumin yang normal untuk tubuh adalah 3,5 sampai 4,5. Jika kurang, maka tubuh akan bermasalah, khususnya masalah gizi pada anak. Bahkan bisa memengaruhi imunitas tubuh pada anak yang akan menjadi rendah dan mudah terkena penyakit.

Itulah 7 manfaat ikan gabus bagi kesehatan, baik anak-anak hingga orang tua. Sahabat Dream bisa mulai teratur mengonsumsi ikan gabus untuk mendapatkan beragam manfaatnya tersebut.

Beri Komentar