7 Manfaat Kolang Kaling bagi Kesehatan, Bisa Cegah Dehidrasi

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 5 Mei 2021 06:33
7 Manfaat Kolang Kaling bagi Kesehatan, Bisa Cegah Dehidrasi
Kolang kaling yang bertekstur kenyal dan memiliki sensasi menyegarkan, ternyata menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dream – Manfaat kolang kolang mungkin tidak banyak yang tahu. Selama ini makanan berwarna putih dan kenyal ini lebih sering dijadikan sebagai camilan atau sajian di saat bulan Ramadan. Baik itu dibuat menjadi manisan yang berwarna-warni atau menjadi campuran pada es buah. Kamu bisa menemukan kolang kaling dengan mudah di pasar, apalagi saat bulan puasa. Pasti banyak yang menjualnya.

Kolang kaling berasal dari biji pohon aren yang berwarna putih dan bentuknya pipih. Tahukah kamu kalau kolang kaling menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh? Salah satu manfaatnya yang populer adalah bisa mengatasi rasa dahaga, apalagi saat siang hari dengan cuaca yang panas. Maka mengonsumsi kolang kaling adalah pilihan yang tepat.

Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara mengeluarkan kolang kaling adalah dengan merebus buah aren terlebih dahulu agar getahnya hilang. Setelah direbus, barulah buah dikupas dan kamu ambil bijinya yang disebut kolang kaling itu.

Daripada makin penasaran apa saja manfaat kolang kaling untuk kesehatan, berikut sebagaimana dihimpun Merdeka.com.

 

1 dari 4 halaman

Mencegah dari Dehidrasi dan Memiliki Nutrisi yang Tinggi untuk Tubuh

Ilustrasi Mengalami Dehidrasi© Freepik.com

Mencegah dari Dehidrasi

Manfaat kolang kaling yang pertama bagi kesehatan adalah untuk mencegah dari dehidrasi. Kolang kaling bisa mengobati rasa panas yang kamu rasakan di perut. Hal ini karena kolang kaling mengandung air yang cukup tinggi dan bisa diandalkan untuk membuat tubuhmu terhidrasi.

Sehingga wajar saja jika di bulan Ramadan, banyak orang yang mencari kolang kaling untuk mengobati rasa panas dan dahaganya di siang hari dan dijadikan santapan menyegarkan saat buka puasa. Bisa dikatakan kolang kaling mampu mengisi lagi nutrisi dan mineral di tubuh yang sudah hilang.

Nutrisi yang Tinggi untuk Tubuh

Manfaat kolang kaling lainnya bagi kesehatan adalah bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhmu. Hal ini karena kolang kaling memiliki kandungan air yang cukup tinggi mencapai 93,8 persen setiap 100 gram.

Tidak hanya itu saja, kolang kaling juga mengandung karbohidrat, protein, vitamin, kalsium, potasium, zat besi, zinc, antiinflamasi, dan antioksidan. Sehingga tidak mengherankan jika dengan kesemua kandungan nutrisi yang dimiliki oleh kolang kaling sangat berperan penting untuk mendukung kesehatan tubuh.

2 dari 4 halaman

Membantu Menurunkan Berat Badan dan Menguatkan Tulang

Ilustrasi Tulang Kuat© Freepik.com

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat kolang kaling lainnya bagi kesehatan adalah membantu untuk menurunkan berat badan. Salah satu hal yang harus kamu perhatikan untuk mendukung program ini adalah asupan makanan yang kamu dapatkan. Di mana kamu perlu untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin dan mineral dengan baik agar dietmu berhasil. Kandungan tersebut bisa kamu dapatkan dari kolang kaling dengan jumlah yang cukup besar.

Selain itu, gelatin yang ada di dalam kolang kaling juga ampuh untuk membuatnya cepat merasa kenyang. Dengan begitu, kamu bisa mengendalikan nafsu makan agar tidak berlebihan.

Menguatkan Tulang

Manfaat kolang kaling yang tak boleh kamu lewatkan adalah bisa menguatkan tulang. Apalagi seiring dengan bertambahnya usia, kekuatan tulang bisa sama mengalami penurunan. Di dalam kolang kaling terkandung mineral yang juga baik untuk menguatkan tulang.

Selain itu, jika di dalam 100 gram susu terdapat 125 mg kalsium, di sisi lain kolang kaling memiliki 91 mg kalsium per 100 gramnya. Dengan begitu, kolang kaling menyimpan kandungan kalsium yang cukup besar jika dibandingkan dengan susu sapi.

3 dari 4 halaman

Melancarkan Sistem Pencernaan dan Mencegah Anemia

Ilustrasi Mengalami Anemia© Freepik.com

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat kolang kaling berikutnya bagi kesehatan adalah bisa melancarkan sistem pencernaan. Ini bisa menjadi pilihanmu yang kerap mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit. Karena kondisi ini selain menimbulkan rasa sakit, juga membuatmu tidak nyaman untuk menjalankan berbagai aktivitas.

Untuk menghindarinya, kamu bisa mengonsumsi kolang kaling. Hal ini karena kolang kaling kaya akan kandungan serat yang ampuh untuk bisa membantumu buang air besar secara lancar dan teratur.

Mencegah Anemia

Manfaat kolang kaling yang tak kalah istimewa adalah bisa mencegah anemia atau kekurangan darah. Biasanya kondisi ini terjadi karena tubuhmu kekurangan asupan zat besi. Dengan begitu, tanda yang muncul dan kerap dirasakan adalah pusing.

Untuk menghindari penyakit ini, kamu bisa mengonsumsi kolang kaling yang memiliki kandungan zat besi. Di mana kandungan ini adalah komponen dari hemoglobin dan berguna untuk memasok oksigen ke seluruh jaringan tubuh melalui sirkulasi darah. Ketika zat besi di tubuhmu tercukupi dengan baik, maka kamu bisa akan bebas dari anemia.

4 dari 4 halaman

Menyehatkan Kulit

Ilustrasi Kulit Sehat© Freepik.com

Manfaat kolang kaling juga bagus untuk mendukung kesehatan kulit. Apalagi kandungan airnya yang tinggi ampuh memberikan sensasi dingin di tubuhmu. Tidak terkecuali dengan kulitmu yang kering karena panas menyengat.

Adanya sifat antiinflamasi yang dimiliki oleh kolang kaling bisa meringankan kemerahan yang terjadi pada kulit akibat terbakar oleh sinar matahari. Ini cocok sekali untuk kamu yang memiliki tipe kulit sensitif agar mengonsumsi kolang kaling.

Itulah 7 manfaat kolang kaling untuk kesehatan. Bagi sahabat Dream yang ingin merasakan beragam manfaatnya, bisa mulai membeli kolang kaling dan mengolahnya sesuai dengan kesukaan kamu.

Beri Komentar