Bayi ASI Eksklusif Tak Perlu Diberi Air Putih, Ini Alasannya

Reporter :
Jumat, 16 Desember 2016 05:24
Bayi ASI Eksklusif Tak Perlu Diberi Air Putih, Ini Alasannya
Saat cuaca panas, atau terasa kering, tak perlu panik bayi akan mengalami dehidrasi.

Dream - Secara umum, manusia butuh minum air agar tak kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi.

Lalu bagaimana dengan bayi usia 0 hingga 6 bulan yang dalam proses pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif? Jawabannya, tak direkomendasikan memberi air putih pada bayi usia 0 hingga 6 bulan yang hanya minum ASI.

Hal ini bukan tanpa alasan. ASI eksklusif berarti, bayi hanya diberikan ASI saja tanpa diberi minuman lain, baik itu susu formula, air putih atau makanan pendamping lain. Rekomendasi ini dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO), karena kondisi ginjal bayi pada usia tersebut belum matang.

Memberinya air putih, bisa berakibat kembung dan masalah kesehatan lain seperti sembelit. Hal tersebut juga bisa membuat bayi cepat merasa kenyang dan malas menyusu dari payudara ibu. Padahal, makanan dan minuman utama bayi adalah ASI.

" Saat cuaca panas, atau terasa kering, tak perlu panik bayi akan mengalami dehidrasi. Justru bayi biasanya akan meminta menyusu lebih sering atau lebih lama," ujar Susan Hasser, seorang konselor laktasi.

Pada bayi yang mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI), memberi minum air putih juga tak terlalu penting dilakukan. Kecuali jika ingin membersihkan mulutnya dengan menggunakan kassa yang telah dibasahi air matang. Apabila bayi masih menyusu secara intensif, sebaiknya memang hanya diberikan ASI saja.

(Ism, Sumber: Bellybelly)

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara