Bikin Bergidik, Wanita Ini Bisa Dengar Aliran Darahnya

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 10 September 2019 17:36
Bikin Bergidik, Wanita Ini Bisa Dengar Aliran Darahnya
Apa penyebabnya?

Dream - Kemampuan mendengar Gemma Cairns istimewa. Dia mampu mendengar gerakan bola mata dan aliran darah yang terpompa di nadinya. Dengan kondisi semacam ini, dia tak bisa merasakan kehenangan total.

Gemma, awalnya takut dikira gila oleh dokter. Sebab, dia mengeluh bisa terus-menerus mendengar suara-suara yang datang dari dalam tubuhnya.

" Saya tidak pernah mendengar kesunyian total. Saya selalu mendengar suara. Saya selalu mendengar mata saya bergerak dan detak jantung saya di kepala saya," kata dia, dikutip dari Mirror, Selasa, 10 September 2019.

" Ketika kamu bicara dengan seseorang dan berkata 'Saya bisa mendengar bola mata saya bergerak', orang-orang akan bertanya seperti apa suaranya dan saya mencoba memikirkan begitu banyak hal yang bisa saya uraikan, tetapi saya tidak bisa memberi tahu suara yang terdengar bahkan mirip dengan itu," ujar dia.

 

1 dari 7 halaman

Kondisi Langka

 Lubang yang membuat pendengaran Megan terpengaruh

Lubang yang membuat pendengaran Gemma terpengaruh (Foto: Mirror)

Gemma mengatakan, dia tidak pernah menyadari kondisi luar biasa itu sampai akhirnya bercerita ke sang ibunda. Selama 14 tahun dia mencoba menemukan diagnosis kondisi langka yang dialaminya.

" Suaranya tidak melengking jauh di belakang kepalaku. Karena juga menderita tinitus, jadi selalu ada suara berisik," ujar dia.

Gemma yang pindah ke Glasgow, Skotlandia dan dirujuk ke spesialis. Di sana, dia didiagnosis menderita dehiscence saluran semicircular superior bilateral pada 2016.

 

2 dari 7 halaman

Sempat Pusing

 Kondisi Gemma usai operasi

Kondisi Gemma usai operasi (Foto: Mirror)

Kondisi ini berarti Gemma tidak memiliki bagian tulang temporal di kedua saluran telinganya, yang memengaruhi keseimbangan dan pendengarannya.

Usai diagnosis, Gemma menjalani operasi September lalu di telinga kanannya. Rencananya, dia akan menjalani operasi di telinga kirinya pada Oktober 2019.

" Saya pikir operasi itu sendiri memakan waktu tiga jam dan kemudian saya hanya harus tinggal selama beberapa hari. Tetapi pemulihan itu sendiri sangat melelahkan," ujar dia.

" Bahkan hanya bergerak dan berjalan, saya merasa seperti mabuk. Saya berjalan di sekitar seperti mabuk dan itu cukup memalukan," kata dia. (mut)

3 dari 7 halaman

Konsumsi Anti-Biotik Sebabkan Gangguan Pendengaran Permanen?

Dream - Sering mengonsumsi anti-biotik ternyata berdampak negatif pada kesehatan. Sebuah penelitian dari Oregon Health and Science University, Amerika Serikat, mengungkapkan beberapa dampak negatif tersebut yaitu dapat meningkatkan risiko gangguan pendengaran permanen serta kerusakan ginjal.

 Mengonsumsi Antibiotik Sebabkan Gangguan Pendengaran Permanen

Pada faktanya, anti-biotik jenis Aminoglikosida telah digunakan sekitar 70.000 orang di seluruh dunia. Hal itu menyebabkan penyakit kronis pada paru-paru, pankreas, hati, ginjal, dan usus.

Penelitian itu juga menunjukkan pasien yang diberi anti-biotik dosis tinggi untuk meredakan infeksi pernapasan, memiliki kemungkinan 4,79 kali mengalami gangguan pendengaran permanen.

Dalam kondisi lebih lanjut bisa memperburuk depresi dan penurunan daya kognitif pada pasien. Aminoglikosida menghambat sintesis protein bakteri.

 

4 dari 7 halaman

Memantau Pasien

Hal ini perlu dilakukan tindakan pembersihan infeksi agar tidak mengancam jiwa pasien. Tetapi, efeknya dapat menurunkan fungsi pendengaran di telinga bagian dalam, juga fungsi ginjal.

" Mencegah gangguan pendengaran permanen sangat penting bagi pasien dengan CF yang sudah memiliki kualitas secara signifikan," kata ketua tim peneliti, Angela Garinis.

Oleh karena itu, sangat penting bagi dokter untuk rutin memantau pasien yang menerima pengobatan Aminoglikosida intravena. Bahkan, mereka juga dituntut mempertimbangkan pengobatan alternatif untuk gejala-gejala infeksi pernapasan yang merupakan efek samping penyakit ini.


(Sumber: Boldsky)

5 dari 7 halaman

Telinga Gatal Meski Sudah Dibersihkan, Pas Dicek Laba-laba Bersarang di Dalamnya

Dream - Ketika mengorek telinga menggunakan cotton bud, sebagian besar orang akan merasa sensasi berbeda. Tak cuma itu, cara ini juga biasa digunakan untuk membersihkan banyak kotoran telinga yang menempel di dalamnya.

Karena menganggap sebagai kotoran, banyak orang yang berusaha mengeluarkannya dari telinga. Padahal, kotoran telinga tak selamanya bersifat jahat. Ada bagian berupa minyak yang melapisi telinga bagian dalam dan melindunginya.

 Serangga Hidup di Dalam Telinga Pria Ini

Yup, kotoran telinga mengandung zat anti bakteri yang mencegah telinga dalam terkena infeksi.

Cairan itu juga sangat berguna untuk membawa keluar sel kulit mati serta kuman, juga menghalangi binatang kecil menyusup ke dalamnya.

Kisah seorang pria Tiongkok ini mungkin akan mengubah pandangan kamu soal kebiasaan membersihkan telinga.

6 dari 7 halaman

Telinga Kemasukan Sesuatu

Pria asal Provinsi Jiangsu, Tiongkok itu awalnya merasakan sesuatu terbang ke telinganya saat dia berjalan ke tempat kerjanya suatu pagi.

Sesampainya di kantor ia pun mencoba untuk mengeluarkannya.

Namun, entah apa yang masuk ke telinganya, butuh waktu dua jam untuk mengeluarkannya. Itu pun tak berhasil keluar dan masih terperangkap disana.

Seiring berjalannya waktu, telinga pria itu tambah gatal dan sakit. karena tak tahan lagi, ia memutuskan untuk mengunjungi rumah sakit terdekat.

7 dari 7 halaman

Ada Laba-laba!

Fakta mengejutkan didapat pria ini usai berkonsultasi dengan dokter THT. Dokter menemukan laba-laba di dalam telingan dan yang lebih mengejutkan, hewan itu sedang membuat sarang di dalamnya. 

Laba-laba itu telah masuk terlalu jauh di dalam telinga. Ini yang membuat pria itu kepayahan mengeluarkannya.

Melansir dari World of Buzz, dokter pun memutuskan menuangkan air garam ke telinga pria itu untuk mengusir laba-laba tersebut. Untungnya, cara tersebut berhasil. Laba-laba itu keluar dan segera dimusnahkan.

Dokter menyarankan semua orang bahwa jika ada serangga atau benda yang menyumbat telinga Anda, jangan mengeluarkannya dengan paksa. Itu hanya akan membuatnya masuk lebih jauh dan berpotensi menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada telinga bagian dalam.

Intip videonya disini

Beri Komentar
Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-