Dokter Gadungan Jual Tongkat Bekas Lolipop, Diklaim Bisa Cegah Hamil

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 17 Mei 2022 19:48
Dokter Gadungan Jual Tongkat Bekas Lolipop, Diklaim Bisa Cegah Hamil
Sejumlah perempuan rela membayar mahal.

Dream - Penipu selalu punya cara untuk meraup banyak uang dengan hanya mengeluarkan sedikit usaha. Seperti seorang pria di Venezuela yang ditangkap karena melakukan implan benda plastik pada sejumlah perempuan.

Para perempuan tersebut mengira benda plastik tersebut adalah alat kontrasepsi modern yang bisa mencegah keamilan. Setelah diselidiki, benda plastik putih tersebut adalah tongkat bekas permen lolipop.

Jose Daniel Lopez, 38 tahun, dituduh menipu setidaknya 25 perempuan. Mereka membayar Lopez karena percaya tongkat putih plastik yang dipromosikannya adalah alat kontrasepsi.

Lopez© Oddity Central

Lopez, yang mengaku bekerja di pusat kesehatan di La Victoria dan Maracay, Venezuela, memalsukan gelar medisnya. Penipuan luar biasa Lopez pertama kali terungkap ketika seorang dokter bernama Rafael Chirinos memperingatkan di media sosial soal prosedur kontrasepsi.

 

1 dari 7 halaman

“ Saya melihat banyak status di WhatsApp dari seorang dokter, spesialis ginekologi, yang mempromosikan operasi untuk menerapkan metode kontrasepsi menggunakan Implanon. Ternyata itu scam, yang ditanamnya adalah stik lolipop intradermal," ungkap Chirinos.

Setelah meneliti pekerjaan " dokter" Jose Daniel Lopez, Chirinos menyarankan wanita yang telah menerima apa yang mereka pikir implan Implanon di La Pastillita atau Clinica La Trinidad untuk melakukan pemeriksaan medis sesegera mungkin.

Penipuan Lopez akhirnya menjadi viral. Ia sempat kabur setelah kejahatannya terungkap. Sampai akhirnya ditangkap di daerah El Castano, di negara bagian Aragua.

Sumber: Oddity Central

2 dari 7 halaman

Minder Kariernya Suram, Agen Properti Nekat Jadi Dokter Gadungan dan Raup Uang Rp1 Miliar

Dream -  Seorang wanita 31 tahun asal Meaux, Prancis membuat heboh karena menjadi  nekat membuka praktik sebagai dokter. Dalam kehidupan nyata, wanita tersebut sama sekali tidak pernah mendapat pendidikan di bidang medis.

Melansir Oddity Central, Rabu, 6 April 2022, wanita bernama Sonia kini dipenjara akibat tindakan penipuan dengan berpura-pura menjadi dokter.

Sonia sendiri memiliki gelar di bidang manajemen real estat. Namun, ia merasa jika karier di bidang kedokteran lebih menguntungkan.

Meskipun tidak punya latar belakang pendidikan dokter, Sonia nekat berpura-pura menjadi dokter umum palsu sejak tahun 2018 silam.

Untuk menjadi dokter, Sonia memalsukan beberapa ijazah dari Faculty of Strasbourg. Selain itu, ini juga memalsukan sertifikat dari Order of Physicians.

3 dari 7 halaman

Sonia juga sempat membuka praktik selama tiga tahun dan memiliki pasien. Meski begitu, kedoknya telah terungkap pada Oktober 2021 silam. Meski begitu, hal ini tidak membuatnya kapok. Ia malah melanjutkan berpura-pura sebagai dokter mata.

Menurut laporan France Live, Sonia juga sudah pernah melakukan pelanggaran kepercayaan di tahun 2019 silam. Namun, Sonia berhasil lolos karena perusahaan tidak mengecek kredensialnya.

Untuk menjadi dokter gadungan, Sonia sendiri menggunakan identitas dua dokter lain yang memiliki nama sama dengannya. Dari sana, Sonia berhasil memperoleh pendapatan hingga 70 ribu euro atau sekitar Rp1 miliar.

Selain itu, Sonia juga sudah menyuntikan 20 vaksinasi Covid-19 kepada pasien, hingga memberikan berbagai resep tanpa tahu apa kandungan obatnya.

Menurut Sonia, aksinya ini dilakukan karena ia membutuhkan uang. Kini, ibu tiga anak tersebut pun dihukum tiga tahun penjara karena menjadi dokter gadungan.

4 dari 7 halaman

Demi Sang Pasien, Dokter Sedang Operasi Berbuka Puasa Disuapi Perawat

Dream - Seorang dokter mempunyai tanggung jawab yang sangat besar untuk keselamatan nyawa pasiennya. Banyak dokter yang berjuang dengan keras demi kesembuhan dan menyelamatkan nyawa seseorang.

Profesi sebagai dokter seringkali menyita banyak waktu, tenaga dan pikiran ketika sedang bertugas. Sang dokter harus berkonsentrasi penuh demi keberhasilan dan kelancaran tugasnya tersebut. Seperti yang dilakukan oleh seorang dokter satu ini.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @drnikritzakosai, seorang dokter terlihat sedang berada di ruang operasi untuk menangani pasiennyaa bersama rekan-rekannya. Para tenaga medis lain nampak mengenakan pakaian pelindung yang kerap digunakan saat melakukan operasi.

5 dari 7 halaman

Ketika proses operasi masih berjalan, terdengar adzan mulai berkumandang dan waktu berbuka puasa pun telah tiba. Namun sang dokter dan rekan-rekannya tak pergi meninggalkan pasien tersebut untuk berbuka puasa.

Dokter tersebut justru memilih berbuka puasa di ruangan operasi di tengah-tengah proses operasi.

Dokter buka puasa di ruang operasi© TikTok

Terlihat sang perawat wanita membantu sang dokter membuka masker wajahnya hingga ke bagian bawah dagu. Kemudia ia menyuapi sang dokter yang tak disebutkan namanya itu dengan sebuah kurma sebagai makanan berbuka.

6 dari 7 halaman

Setelah selesai menyuapi, perawat kembali menaikkan masker sang dokter. Semuanya kemudian tampak kompak mengacungkan jempol ke arah kamera, termasuk sang dokter yang tengah menguyah kurma.

Para tenaga medis dengan kompas mengacungkan jempol dan bergegas melanjutkan tugasnya kembali.

" Iftar.. cant wait must break. Selamat berbuka," tulis @drnikritzakosai pada video TikTok tersebut.

7 dari 7 halaman

Video tersebut langsung viral di media sosial dan menjadi perbincangan netizen. Banyak yang salut dengan aksi dokter tersebut.

" Yg kayagini mana apresiasinya? hehe jgn yg jelek aja dihujat, yg baik juga harus diberi apresiasi," tulis akun netizen.

" Salut banget sama dokter spesialis yg operasi pasien kayak gini bisa ga makan berjam2 bahkan bisa belasan jam ga makan ga duduk," komentar lainnya.

" MasyaAllah aku sampe berkaca kaca sehat terus pak dokter, perawat, dan semua pertugas kesehatan," tulis akun netizen.

Aku punya banyak teman dokter bedah selesai kerja asli mereka biasa cari pijat mungkin saking berdiri lama,salut buat mereka," jawab lainnya.

 

@drnikritzakosai

Iftar.. cant wait must break. selamat berbuka .

? original sound - drnikritzakosai

 

Beri Komentar