Duh... Penyakit Seksual Menular Ini Tak Mempan Antibiotik

Reporter :
Jumat, 8 Februari 2019 08:12
Duh... Penyakit Seksual Menular Ini Tak Mempan Antibiotik
Pengobatan harus dilakukan secara cepat, tepat dan tuntas.

Dream - Penyakit menular seksual sampai saat ini jadi hal yang paling ditakuti. Para penderitanya kerap tak menyadari sedang terjangkit penyakit tertentu hingga keadaannya sudah sangat menurun.

Seperti sebuah penyakit seksual yang kini sedang jadi perbincangan dan sangat mengkhawatirkan, yaitu mycoplasma genitalium (MG). Penyakit ini rupanya kebal terhadap antibiotik yang banyak digunakan oleh para dokter.

Hal ini diketahui dari pengumuman yang diberikan oleh The British Association of Sexual Health and HIV (BASHH). Jika terjangkit MG, maka harus segera melakukan pengobatan hingga tuntas dan tepat, karena jika tidak bakteri pemicunya akan resistensi terhadap antibiotik.

Apa itu mycoplasma genitalium?
Mycoplasma genitalium (MG) adalah bakteri terkecil yang diketahui yang dapat mereplikasi dirinya sendiri. Biasanya menempati sel-sel yang melapisi saluran genital dan saluran kemih tetapi juga telah ditemukan dalam sel-sel ini di rektum dan paru-paru.

Dalam pemeriksaa laboratorium, diperlukan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk bakteri ini bisa tumbuh. Manusia dapat terinfeksi penyakit ini selama bertahun-tahun.

Bagaimana penularannya dan siapa yang berisiko?
Infeksi terjadi melalui kontak genital ke genital atau genital ke dubur (terutama melalui hubungan seks tanpa kondom).

Penyakit ini lebih umum terjadi pada mereka yang memiliki banyak pasangan, perokok, dan kemunculannya kerap bersamaan dengan infeksi lain seperti klamidia.

(ism, Sumber: WalesOnline)

Beri Komentar
Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary_mark