Wajib Ingat! Pertolongan Pertama Saat Migrain Menyerang

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 6 Februari 2019 06:44
Wajib Ingat! Pertolongan Pertama Saat Migrain Menyerang
Cari tahu pemicunya dan cara mengatasinya dengan segera.

Dream - Beberapa orang kerap mengalami migrain atau sakit kepala sebelah. Efeknya bukan hanya muncul rasa nyeri, pada tingkat yang parah bisa memicu sesak napas dan pingsan. Rasa sakit ini juga memicu rasa mual dan muntah.

Serangan migrain bisa muncul kapan saja. Sara Crystal, MD, seorang ahli saraf, spesialis sakit kepala, mengungkap pemicu migrain yang paling umum adalah stres, perubahan dalam siklus tidur, ketidakseimbangan hormon, dan penggunaan kafein yang berlebihan.

Sangat disarankan bagi kamu yang suka migrain untuk menghindari pemicunya. Bagi Sahabat Dream yang sering mengalaminya, wajib tahu cara mengatasi migrain dengan segera.

Dikutip dari Prevention, salah satu solusi yang alami yaitu dengan melakukan pijatan migrain dengan minyak esensial peppermint. Crystal mengatakan mentol, yang merupakan bahan aktif dalam minyak esensial peppermint, telah terbukti membantu meringankan sakit kepala.

Sebuah penelitian pada 2015 dari Frontiers in Neurology menunjukkan bahwa penggunaan topikal gel berbasis mentol, menggunakan minyak esensial peppermint, dapat secara signifikan mengurangi intensitas sakit kepala.

1 dari 1 halaman

Pijatan Pereda Migrain

Tuangkan beberapa tetes minyak esensial peppermint ke minyak lain, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Kemudian, pijatkan minyak ke pelipis dan dahi, lakukan gerakan memutar dengan jari telunjuk dan jari tengah.

 Migrain: Jangan Anggap Remeh!© MEN

Ulangi pijatan tersebut hingga merasa rileks dan nyeri berangsur mereda. Lakukan juga relaksasi dengan mengambil napas panjang dari hidung dan mengeluarkannya secara perlahan lewat mulut.

(Sah, Laporan Ratih Permata Sari)

Beri Komentar