Fungsi Vital Tiroid yang Jarang Diketahui, Yuk Dijaga

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Kamis, 29 Agustus 2019 17:48
Fungsi Vital Tiroid yang Jarang Diketahui, Yuk Dijaga
Memiliki peran besar bagi tubuh manusia.

Dream - Kelenjar tiroid adalah organ tubuh yang berbentuk seperti kupu-kupu dan terletak pada bagian depan leher sebelah bawah.

Kelenjar ini melepaskan hormon yang mengendalikan metabolisme tubuh sebagai cara yang dilakukan untuk menggunakan energi.

“ Dua hormon utama yang diproduksi dan dikeluarkan oleh kelenjar tiroid adalah T3 (tri-iodothironin) dan T4 (tiroksin),” ujar dr. Muhammad Ikhsan Mokoagow, M.Med.Sci, Sp. PD-FINASIM, Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah, di acara diskusi media, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 28 Agustus 2019.

Kelenjar tiroid juga membantu mengatur irama detak jantung dan tekanan darah, serta mengaktifkan sistem saraf untuk meningkatkan daya fokus dan kecepatan refleks tubuh.

Fungsi selanjutnya yaitu mengontrol proses pembakaran kalori yang dilakukan oleh tubuh. Kontrol metabolisme ini dapat berdampak pada kenaikan atau penurunan berat badan seseorang.

Kelenjar tiroid juga mengontrol kadar kolestrol di dalam darah. Bagi perempuan, kelenjar ini juga menentukan kapan siklus menstruasi terjadi.

(Sah, Laporan : Alfi Salima Puteri)

Baca Juga: Kunci Mengontrol Serangan Alergi, Cari Pemicunya 5 Minuman yang Sebaiknya Dikonsumsi Jelang Tidur, Bisa Bikin Langsing! Duh, Diabetes Banyak Menyerang Penduduk Perkotaan Heboh Peredaran Panadol Palsu di Malaysia 5 Manfaat Es Batu untuk Kecantikan Kulit

1 dari 4 halaman

Kenali Berbagai Jenis Penyakit Tiroid

Dream - Penyakit tiroid dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Kenali gejalanya untuk mengurangi risiko yang membahayakan.

“ Masalah terjadi ketika kelenjar tiroid menjadi kurang aktif (hipotiroid) atau terlalu aktif (hipertiroid),” ujar dr Muhammad Ikhsan Mokoagow, Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah di acara diskusi media, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 28 Agustus 2019.

Hipertiroidisme merupakan kondisi ketika kelenjar tiroid terlalu aktif memproduksi hormon, sehingga kadar hormon tiroid di dalam darah menjadi sangat tinggi.

Gejala yang dirasakan yaitu sesak napas ketika beraktivitas, jantung berdebar-debar, sering merasa kelelahan dan tidak tahan suhu panas.

Penderita hipertiroid juga akan memproduksi keringat lebih banyak, merasakan gugup berlebihan, adanya peningkatan nafsu makan dan penambahan berat badan.

Sebaliknya, jumlah hormon tiroid yang terlalu sedikit dikenal dengan istilah hipotiroidisme. Kondisi ini menyebabkan kelenjar tiroid tidak mampu memproduksi hormon tiroid dalam jumlah cukup. 

Gejala penderita hipotiroid yaitu kulit kasar atau kering. Mereka juga tidak tahan suhu dingin namun memiliki kulit yang terasa dingin dan adanya pembengkakan di sekitar mata. 

Gerakan penderita hipotiroid juga berubah menjadi lamban, suara serak, merasakan kesakitan pada pergelangan kaki dan denyut nadi lambat.

(ism, Laporan : Alfi Salima Puteri)

2 dari 4 halaman

1,6 Miliar Orang Berisiko Sakit Kelenjar Tiroid

Dream - Berbeda dengan penyakit lain, disfungsi kelenjar tiroid kerap tidak terdiagnosa dan tidak diobati dengan baik oleh masyarakat. Sejatinya ada dua gangguan utama pada kelenjar tiroid yang umumnya dialami seseorang.

Gangguan pertama dikenal sebagai hipertiroid atau tiroid yang terlalu aktif, yakni suatu kondisi saat kelenjar tiroid terlalu aktif hingga menghasilkan jumlah hormontiroid yang berlebihan.

Sementara gangguan kedua merupakan hipotiroid atau tiroid kurang aktif, yakni kondisi tubuh yang kekurangan hormon tiroid yang cukup hingga menyebabkan fungsi tubuh melamban.

Parahnya, masyarakat Indonesia relatif jarang menyadari pentingnya kelenjar tiroid kecuali saat menimbulkan gangguan. Penyakit kelenjar tiroid sebenarnya tiga kali lebih sering terjadi pada wanita dan umumnya pada usia 40-an hingga 50-an. Sementara pada pria biasanya muncul di usia 60-an sampai 70-an.

" Secara global ada 1,6 miliar orang beresiko mengalami penyakit kelenjar tiroid dan 60% diantaranya tidak menyadari jika mereka sedang mengalami gangguan penyakit kelenjar tiroid dan hanya 1% saja yang melakukan pengobatan terhadap penyakit ini," tulis Evie Yulin, Direktur Merck Serono dalam keterangan resmi yang diterima Dream, Jumat 14 November 2014.

Tiroid sendiri merupakan salah satu kelenjar endoktrin terbesar dan teridi dari dua lobus yang terhubung satu sama lain. Kelenjar tiroid berada di bagian leher, tepatnya di bawah tulang rawan tiroid yang membentuk penonjolan laring atau jakun.

Kelenjar tiroid mengontrol seberapa cepat tubuh merespon alergi, memproduksi protein, serta beberapa hal sensitif yang terkait dengan tubuh terhadap hormon lainnya, termasuk seberapa cepat membakar kalori dan denyut jantung. Seluruh kegiatan yang terjadi secara bersamaan ini umumnya dikenal sebagai proses metabolisme tubuh.

Kelenjar tiroid yang bekerja dengan baik akan menghasilkan jumlah hormon yang dibutuhkan untuk menjaga metabolisme tubuh agar bekerja pada tingkat yang tidak telalu cepat atau terlalu lambat. (Ism)

3 dari 4 halaman

Heboh Peredaran Panadol Palsu di Malaysia

Dream - Panadol, termasuk salah satu obat pereda nyeri yang cukup terkenal. Bukan hanya di Indonesia tapi juga di Malaysia. Rupanya di Malaysia sedang heboh soal peredaran Panadol palsu.

Kasus tersebut ramai setelah seorang ahli farmasi bernama Zeff menemukan Panadol palsu yang dijual di pasaran. Ia kemudian menganalisis obat tersebut dan mengunggah detail informasinya di akun facebook miliknya.

Bandingkan yang Asli vs Palsu

Zeff pun membandingkan Panadol jenis ActiFast and Extend. Tampak luar, obatyang palsu memang tampak seperti aslinya. Saat dilihat lebih detail ternyata banyak sekali perbedaannya.

Panadol palsu© Facebook

Terutama dari kemasan, nomor kode, kesalahan nama produsen. Demi mencegah banyak orang tertipu dengan panadol palsu, Zeff pun membuat daftar hal yang harus diperhatikan pada kemasan.

Kode

Kode Panadol© Facebook

Perhatikan bahwa tiap kemasan Panadol asli di sebelah kiri berisi nomor kode MAL. Jika kode tersebut berada di sebelah kanan, patut dicurigai. Setiap obat memiliki nomor kode sendiri yang terdaftar, pastikan untuk membeli yang dengan kode masing-masing yang benar.

Kesalahan pengejaan

Panadol palsu© Facebook

Ini lebih mudah dikenali dibandingkan dengan nomor yang terdaftar. Panadol palsu memiliki kesalahan pengejaan yang sangat fatal pada nama perusahaan yang memproduksinya. Seharusnya tertulis " GlaxoSmithKline" , sementara yang palsu tertulis ClaxoSmithKline" .

Rapuh

Pil palsu tentu dibuat dengan sangat buruk. Sehingga kondisinya sangat rapuh sehingga tampak hancur di bagian ujungnya mesih masih dalam kemasan. Pil juga tampak kasar karena tak terpotong dengan presisi. Ini pertanda kalau pil tersebut hanya dipotong seadanya tanpa quality control.

Meskipun kasus tersebut terjadi di Malaysia, tak ada salahnya kita lebih waspada. Terutama dalam memilih obat. Pastikan membelinya di apotek yang terpercaya dan kualitasnya terjaga.

Sumber: World of Buzz

4 dari 4 halaman

Cara Mudah Redakan Sakit Kepala, Tanpa Obat

Dream - Sakit kepala jadi salah satu keluhan umum. Bisa menyerang siapa saja dan kapan pun. Terkadang, bukan hanya berupa sakit ringan, tapi sampai membuat lemas, mualmuntah hingga pingsan.

Obat yang mengandung paracetamol atau ibuprofen, biasanya jadi andalan untuk meredakan sakit kepala. Sebelum menggunakan obat, coba dulu cara-cara berikut untuk mengatasi sakit kepala.

Terutama jika sakit kepala sering muncul dan kamu tak mau selalu menggunakan obat untuk meredakannya.

Coba Cara Mudah Redakan Sakit Kepala Tanpa Obat© MEN

1. Minum air putih hangat

Kekurangan cairan jadi pemicu umum sakit kepala. Beberapa studi juga menunjukkan, minum air putih bisa mengurangi level sakit kepala.

Jika kepala terasa berat, cobalah untuk minum segelas air. Nikmati tiap tegukannya. Terutama bila sakit kepala muncul setelah kamu dari luar ruangan atau saat cuaca panas.

Beri Komentar