Kaki Sering Bengkak, Ini Pemicunya

Reporter :
Kamis, 27 Desember 2018 10:29
Kaki Sering Bengkak, Ini Pemicunya
Ada bengkak ringan yang tidak menimbulkan rasa nyeri, namun ada juga yang memicu sakit luar biasa.

Dream - Kaki merupakan bagian tubuh yang bekerja sangat keras. Berjalan setiap hari, menopang berat badan, berlari, melompat, berdiri, dan berjinjit. Masalah yang kerap dialami kaki adalah bengkak.

Ada bengkak ringan yang tidak menimbulkan rasa nyeri, namun ada juga yang memicu sakit luar biasa. Penyebab pembengkakan pada kaki cukup beragam.

Dyane Tower, direktur klinis American Podiatric Medical Association mengungkap beberapa penyebab umum pembengkakan pada kaki.

1. Berdiri atau duduk berjam-jam

Ketika kamu tidak banyak bergerak saat berdiri, otot-otot di kaki, pergelangan kaki, kaki tidak berkontraksi, yang menyebabkan aliran darah melambat.

Hal ini juga terjadi pada orang yang duduk untuk waktu yang lama. Berkurangnya aliran darah memicu pembengkakan, membuat sepatu terasa kencang dan tidak nyaman. Terutama jika duduk bersila, pembuluh darah akan terjepit, dan dapat memperburuk pembengkakan.

" Tidak ada pedoman yang yang kaki, tetapi jika berjalan sepanjang hari, duduk lah lima menit setiap jam, atau angkat kaki ke atas, " ujar Jason Johanning, MD, profesor bedah vaskular, Universitas Nebraska Medical Center, Omaha, dikutip dari Health.

2. Terlalu banyak konsumsi garam

Orang dewasa seharusnya mengonsumsi tidak lebih dari 2.300 mg natrium setiap hari, atau sekitar satu sendok teh garam per hari.

Masalahnya, sebagian orang yang mengonsumsi sodium berasal makanan cepa saji. Nah, usahakan untuk mengimbangi konsumsi makanan bebas sodium seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

1 dari 2 halaman

3. Berat Badan Berlebih

Salah satu alasan paling umum orang mengalami masalah dengan kaki bengkak, karena berat badan yang berlebihan. Perut memiliki banyak lemak, dan lemak akan menekan sirkulasi di kaki. Lalu ada tekanan balik di bagian hilir dan kaki akan membengkak.

 Tips Turunkan Berat Badan di Bulan Ramadan

Untuk pembengkakan yang berhubungan dengan berat badan, temui dokter spesialis untuk menghindari penyebab penyakit lainnya. Lakukan perubahan pada kebiasaan makan dan olahraga, sehingga sebagian dari kelebihan berat badan tersebut hilang.

2 dari 2 halaman

4. Pergelangan Kaki atau Kaki Terluka

Cedera pada pergelangan kaki selama latihan olahraga, atau terlalu memaksakan diri saat berlari atau bermain, akan menyebabkan pembengkakan di dalam dan sekitar kaki.

 Tips Perawatan Kaki untuk Mencegah Kering, Bau dan Bersisik

" Darah turun ke daerah tumit dan membawa sel-sel dan cairan. Pada akhirnya, sel-sel dan cairan membantu daerah itu sembuh. Tetapi, bisa membuat kaki anda tampak ekstra besar," ujar Dyane Tower.

(ism, Laporan Mega Rasmiyati)

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo