Manfaat Keju untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Reporter : Ulyaeni Maulida
Senin, 13 Juli 2020 08:46
Manfaat Keju untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui
Ternyata keju memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dream – Keju adalah salah satu makanan olahan susu yang banyak disukai. Rasanya yang sedikit asin dan dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, membuatnya digemari berbagai kalangan.

Namun, masih banyak yang belum mengetahui manfaat dari keju. Banyak diantaranya yang mengiras keju dapat menyebabkan naiknya berat badan dan berbagai penyakit lainnya.

Namun, nyatanya keju mengandung bakteri baik sehingga aman untuk dikonsumsi. Selain itu, keju juga mampu mengusir kolesterol jahat di tubuh.

Makanan olahan susu ini juga menjadi alternatif sumber protein hewani yang cukup praktis dikonsumsi. Selain itu, keju mengandung kalsium, fosfor, seng, vitamin (A dan B12), dan mineral cukup tinggi.

Nah, apasaja manfaat keju yang jarang diketahui? Simak ulasannya berikut ini: 

 

1 dari 6 halaman

Meningkatkan Fungsi Otak

 Fungsi Otak© Pixabay.com

Mengkonsumsi keju ternyata baik untuk meningkatkan fungsi otak. Karena keju mengandung antioksidan berupa glutathione yang berfungsi untuk menjaga kesehatan otak.

Selain itu kandungan ini juga baik untuk mencegah degenerasi saraf akibat penuaan. Keju juga mengandung omeg-3 yang sangat baik untuk menyehatkan otak.

2 dari 6 halaman

Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

 

Lemak jenuh alami akan cenderung memberikan manfaat berupa peningkatan kadar kolesterol baik dalam tubuh, ketimbang lemak trans yang justru akan menurunkan kadar lemak baik dalam tubuh. Kandungan lemak jenuh pada keju juga dinilai sehat untuk memenuhi kebutuhan lemak harian pada anak-anak.

3 dari 6 halaman

Mencegah Kanker

 

Keju mengandung asam linoleat terkonjugasi dan Sphingolipid yang memainkan fungsi sangat penting dalam pencegahan kanker.

Selain itu, di dalam keju terdapat pula kandungan sphingolipids yang juga baik untuk mencegah kanker. Keju juga mengandung Vitamin B yang menjaga fungsi tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit.

4 dari 6 halaman

Memperkuat Daya Tahan Tubuh

 Imun© Pexels.com

 

Keju diperkaya dengan probiotik sehingga keju akan memperkuat sistem imun dan mencegah penyakit yang menyerang daya tahan tubuh. Menjaga sistem kekebalan tubuh sangat berguna untuk melindungi tubuh. Manfaat tersebutlah yang bisa didapatkan jika mengonsumsi keju.

5 dari 6 halaman

Baik Untuk Tulang

 

Keju adalah sumber kalsium dan Vitamin B yang sangat kaya. Oleh karena itu, sangat baik untuk kesehatan tulang orang tua, anak-anak dan ibu hamil dan menyusui untuk memperkuat tulang.

Selain menyehatkan tulang, keju bermanfaat bagi kesehatan otot karena adanya kandungan protein dari asam amino. Senyawa tersebut berperan penting dalam pembentukan jaringan otot.

6 dari 6 halaman

Baik Untuk Kesehatan Gigi

 Gigi© Pexels.com

 

Rutin mengkonsumsi keju telah terbukti mampu melindungi gigi dari kerusakan lebih baik. Hal ini disebabkan keju memiliki kandungan yang bersifat antikariogenik, yang akan efektif mencegah terjadinya gigi berlubang. Sifat inilah yang mampu menekan terjadinya gigi berlubang.

Selain itu kalsium yang terdapat dalam keju mampu berperan penting dalam pembentukan gigi. Manfaat ini hanya bisa didapat dari keju, tidak dalam susu ataupun yogurt.

 

(Diambil dari berbagai sumber)

Beri Komentar