Pria Ini Sengaja Berlatih Tidur Cuma 30 Menit Per Hari, yang Terjadi Selanjutnya

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 21 September 2021 11:12
Pria Ini Sengaja Berlatih Tidur Cuma 30 Menit Per Hari, yang Terjadi Selanjutnya
Ia tak mau waktunya habis terlalu lama untuk tidur. Selama 12 tahun, Daisuke mengungkap tidur 30 menit saja dalam sehari.

Dream - Setidaknya manusia harus mencukupi kebutuhan tidurnya minimal 7 sampai 8 jam dalam sehari. Menurut penelitian jika kurang tidur, meski hanya dua jam, dapat mempengaruhi kemampuan orang mengatasi stres dan emosi negatif, pikiran tak fokus sehingga menjadi lebih impulsif. Daya ingat pun menurun drastis.

Kondisi tersebut rupanya berusaha 'dimanipulasi oleh Daisuke Hori. Pria 36 tahun kelahiran Jepang ini, menghabiskan 12 tahun untuk melatih pikiran dan tubuhnya tetap berfungsi baik meski durasi tidurnya dalam sehari sangat singkat.

Dia mengklaim hanya tidur 30 menit dalam sehari dan tidak lelah sama sekali tanpa efek samping akibat kurang tidur. Dikutip dari Odditycentral, Daisuke merupakan ketua " Asosiasi Tidur yang Singkat Jepang" dan sekarang mengajar orang lain untuk mengurangi waktu tidur mereka, sehingga bisa menikmati hidup lebih lama.

Daisuke© Oddity Central

Daisuke pertama muncul di acara TV Jepang yang sangat populer di mana dia berbincang tentang jadwal tidurnya yang memicu perdebatan. Daisuke merasa waktu 16 jam dalam sehari kurang untuk melakukan hal yang dia mau. Sampai akhirnya ia meriset dan mencoba mengurangi waktu tidurnya dari 8 jam menjadi hanya 30 menit sehari.

 

1 dari 5 halaman

Produser acara TV skeptis akan hal tersebut dan menantang Hori menunjukkan rutinitas sehari-harinya di kamera selama 3 hari. Hori pun menerima dan didampingi kru TV yang merekamnya. Daisuke menunjukkan bahwa dia hanya tidur 30 menit, bahkan pernah 26 menit dalam sehari.

Daisuke© Oddity Central

Pada hari pertama, Daisuke bangun jam 8 pagi. Memulai harinya dengan pergi ke gym, membaca buku, lalu menulis beberapa artikel untuk kolom mingguan, bermain video game, kemudian pergi makan malam bersama teman-temannya.

Setelah makan, dia membuat beberapa video pendek tentang kebiasaan tidurnya di Youtube. Setelah merekam, dia makan lagi, mengerjakan pekerjaan rumah dan mengobrol dengan orang-orang secara online. Sekitar jam 2 pagi, waktunya dia tidur, dan bangun 26 menit kemudian tanpa perlu jam alarm.

 

2 dari 5 halaman

Daisuke lalu bersiap-siap dan pergi berselancar dengan beberapa temannya di tengah malam, pergi ke gym dan akhirnya pulang ke rumah. Selama 3 hari dalam pemantauan, Daisuke menghabiskan malam-malamnya dengan bermain video games dan mahjong, berselancar dan bertemu dengan teman-temannya yang kebetulan memiliki kebiasaan tidur pendek. Mereka semua berlatih bersama untuk mempersingkat rutinitas sehari-hari, sehingga bisa menikmati waktu yang berharga bersama.

Hal yang paling membuat penonton penasaran adalah bagaimana pria berusia 36 tahun ini berhasil menahan kantuk setelah makan. Tidak seperti kebanyakan orang. Dengan jujur ia mengungkap dirinya mengantuk, namun mengkonsumsi kafein untuk menghindari tidur.

Bahkan setelah menampilkan rutinitas tidurnya yang tidak biasa di televisi nasional, banyak yang masih tidak yakin bahwa Daisuke hanya tidur 30 menit sehari selama 12 tahun terakhir. Bagaimana menurut, Sahabat Dream?

Laporan Syifa Putri Naomi

3 dari 5 halaman

Sangat Sulit Tidur? Coba Teknik Pernapasan 4-7-8

Dream – Tidak semua orang bisa tertidur dengan cepat. Beberapa orang kesulitan untuk tidur sampai mengalami frustasi. Bagi Sahabat Drema yang sangat sulit untuk bisa tidur cepat apalagi sampai pulas, coba teknik 4-7-8.

Dokter Jo seorang dokter terapis fisik, menunjukkan latihan pernapasan sederhana yang ia rekomendasikan kepada pasiennya. Latihan ini diklaim dapat membantu seseorang tertidur dengan baik dan cepat daripada menghabiskan berjam-jam menatap langit-langit atau menghitung domba.

Jo menyebutnya teknik 4-7-8 yang berarti menghirup selama 4 detik, menahan napas selama 7 detik, dan menghembuskannya selama 8 detik.

“ Saat menarik napas, kita hanya akan bernapas dengan lembut dan normal melalui hidung. Lalu, tahan selama 7 detik,” katanya.

 

4 dari 5 halaman

Ia menjelaskan ketika mengembuskan napas, pastikan mengerucutkan bibir dan membuat suara mendesing selama 8 detik meski terkadang tidak mencapai waktu selama itu. Tetapi, semakin sering dilakukan, maka akan semakin terbiasa.

Jo menyarankan berbaring telentang saat melakukan latihan pernapasan ini untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

“ Coba mulai lakukan, mungkin saat baru memulai hanya ingin melakukan 2 hingga 3 pengulangan. Tapi, pada akhirnya ada akan melakukannya hingga mungkin 8 kali,” ujar dr. Jo.

 

5 dari 5 halaman

Pada awal percobaan mungkin akan sulit untuk dilakukan, tapi jika dilakukan rutin teknik ini bisa membantu seseorang tidur lebih cepat. Dibutuhkan beberapa kali latihan secara konsisten agar terbiasa. Jangan lupa, pastikan menerapkan teknik 4-7-8 ini dengan aman dan nyaman.

 
Laporan: Elyzabeth Yulivia

Beri Komentar