Suara yang Bisa Membantu Tidur Lebih Cepat dan Lelap

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 6 April 2020 19:33
Suara yang Bisa Membantu Tidur Lebih Cepat dan Lelap
Apa saja?

Dream - Setiap manusia membutuhkan waktu tidur yang berkualitas agar tubuh tetap sehat dan berenergi di keesokan harinya. Namun, ada saat di kamu mengalami momen kesulitan untuk tidur bahkan sampai bergadang.

Tidur adalah momen di mana seluruh organ tubuh kita beristirahat. Umumnya masyarakat dianjurkan paling tidak tidur selama 9-11 jam tergantung usia. Untuk orang dewasa, lama tidur idealnya adalah 7-9 sehari 

 ilustrasi susah tidur© Shutterstock

Jika Sahabat Dream saat ini merasakan kesulitan tidur karena cemas dengan berita-berita seputar crona, mungkin kamu bisa menyiasati dengan mendengarkan suara-suara tertentu.

Beberapa suara diyakini bisa membuat kita mengantuk dan akhirnya tertidur pulas. Apa saja suara itu? Berikut deretannya!

1 dari 4 halaman

Gelombang laut

Mendengarkan suara gelombang laut bisa sangat menenangkan ketika kamu mencoba untuk tertidur. Dengan suara ombak yang berulang kali dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks.

 ilustrasi tidur© Shutterstock

Suara alam

Suara alam seperti kicauan burung dan gemerisik angin melalui daunan dapat membantu tidur secara efisien. Suara-suara ini sangat baik dan membuat kamu merasa tenang hingga akhirnya bikin tidur jadi lebih baik.

2 dari 4 halaman

White Noise

Ini adalah campuran dari semua frekuensi suara pada tingkat intensitas yang sama. Ini bisa membantu meredam sebagian besar kebisingan lainnya.

White nosie dapat muncul dalam suara kipas angin statis, dengungan, bahkan dengungan AC.

 ilustrasi tidur© Shutterstock

Binaural Beats

Ini adalah bentuk terapi gelombang suara yang muncul di mana telinga kanan dan kiri mendengarkan dua nada frekuensi yang sedikit berbeda yang menganggap nada sebagai satu.

Binaural beats ini dirancang untuk mengurangi stres dan kecemasan. Untuk mendengarkan binaural beats memerlukan headphone.

Laporan: Cindy Azari
Sumber: Miss Kyra

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah dan Simple

Dream – Siapa nih yang sering mengalami Insomnia? Pengidap insomnia biasanya akan kesulitan tidur bahkan sering kali begadang.

Kalaupun tidur, mereka hanya akan terlelap sesaat dan bangun hingga pagi hari.

Penelitian dari organisasi kesehatan PBB, World Health Organization (WHO) menunjukan setidaknya terdapat 27 persen orang responden mengaku mengalami insomnia. Penderita insomnia lebih banyak perempuan daripada laki-laki.

Perempuan lebih rentan mengalami insomnia karena mereka lebih sensitif terhadap perubahan apapun. Perempuan lebih mudah mengalami kecemasan berlebihan dan itu menjadi salah satu penyebab gangguan tidur.

Insomnia sendiri merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak bahkan hanya untuk tidur sekalipun. Pada umumnya, insomnia kan terjadi pada seseorang jika mereka akan melakukan tidur di malam hari. 

Sering kali kalian menjumpai seseorang yang mengalami insomnia sering terlihat kelelahan terutama setelah bangun tidur. Tentu ganguan tidur ini akan menyiksa kamu yang harus beraktivitas di pagi harinya.

Untuk itu, perlulah kalian untuk mengetahui cara mengatasi insomnia yang mudah untuk dilakukan. Yuk simak informasi lengkapnya sebagai berikut ini.

4 dari 4 halaman

Rutin Berolahraga


  Teruji Ampuh, Inilah Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah© shutterstock

Cara mengatasi insomnia yang pertama adalah dengan berolahraga secara teratur. Selain bisa menyehatkan tubuh, berolahraga secara rutin juga bisa mengatasi gangguan kesulitan tidur atau insomnia yang kalian alami loh.

Dengan aktivitas fisik ini sistem peredaran darah menjadi lancar, mempercepat metabolisme hingga mampu untuk mengurangi stress.

Kondisi tersebut mampu membuat tubuh menjadi lelah dan kalian akan merasakan mengantuk yang lebih cepat. Kalian bisa melakukan olahraga kecil jika memang tidak menyukai jenis olahraga berat.

Lakukanlah setidaknya 30 menit setiap harinya dan usahakan berolahraga di bawah sinar matahari pagi.

Mendapatkan Sinar Matahari

  Teruji Ampuh, Inilah Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah© shutterstock

Mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup bagi tubuh kalian merupakan salah satu cara mengatasi insomnia loh. Tentu imbauan ini tak lantas membuat kamu lupa melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang terlalu terik. 

Kalian bisa berjemur setidaknya selama 5-10 menit di bawah sinar matahari pagi. Waktu yang ideal untuk bisa mendapatkan sinar matahari yang bagus adalah pada pukul 6 pagi hingga pukul 8 pagi.

Selain itu, berjemur di bawah sinar matahari pagi mampu memberikan asupan vitamin D bagi tubuh kalian. Jangan lupakan juga, sinar matahari pagi bisa mengatur kembali jam biologis kalian yang kacar termasuk mengatur jam tidur kalian.

 

Beri Komentar
Wajib Tahu! Ini Kiat Merawat Kulit Anak Agar Sehat dan Halus