Tips Menjaga Kesehatan Mata, Pengguna Kacamata Wajib Tahu!

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 22 Februari 2019 08:44
Tips Menjaga Kesehatan Mata, Pengguna Kacamata Wajib Tahu!
Banyak orang langsung ke optik saat mengalami gangguan penglihatan. Padahal belum tentu itu solusinya.

Dream - Langkah pertama yang dilakukan saat pandangan menjadi kabur atau mata rabun adalah pergi ke optik. Jika dianggap sudah sangat menganggu, biasanya ahli optik akan menyarankan untuk menggunakan kacamata.

 

Tapi masalah penglihatan kabur tak semuanya selesai dengan hanya menggunakan kacamata. Bisa jadi mata kamu memang bisa melihat jelas namun penyebab utama masih bersembunyi di balik indera penglihatan kamu.

" Rata-rata pasien datang karena penglihatannya kabur. Pilihannya antara gangguan reflaksi atau organ," ujar Setiyo Budi Riyanto, Kepala Bedah Refraktif Jakarta Eye Center (JEC), Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Menurut Budi, masalah reflaksi memang bisa diselesaikan dengan mengenakan kacamata. Tapi kalau penyebabnya karena organ di dalam mata, bisa saja gangguan terjadi pada bagian depan kornea, bahkan katarak

Budi menyayangkan masih banyak orang yang enggan ke dokter untuk memeriksa keluahan mata mereka. Sebaliknya, mereka berusaha mengobati sendiri keluhan tersebut.

Padahal, lanjutnya, pemeriksaan mata ke dokter bisa membantu menyembuhkan penyebab penyakit sekaligus mencegah peradangan.

" Kalau ada keluhan mata, jangan mengobati sendiri. Periksa ke dokter terdekat. Kalau salah obat, akan lebih susah sembuhnya." pesan Budi

Sebelum memiliki gangguan penglihatan, ada baiknya kamu mengetahui beberapa tips menjaga kesehatan mata yang disarankan oleh Dokter Budi berikut ini.

 

1 dari 2 halaman

1. Jangan Suka Mencopot Kacamata

Kacamata merupakan terapi untuk bisa menyembuhkan gangguan reflaksi. Sayangnya, tidak sedikit orang yang mengabaikan hal tersebut dan enggan memakai kacamata.

Kalaupun menggunakan kacamata, mereka hanya akan melakukannya saat membaca atau aktivitas lain yang membutuhkan penajaman penglihatan.

 5 tahun Kacamata Pesanan Tak Datang, Ternyata...

Budi mengatakan, kacamata idealnya selalu rutin dipakai untuk menjaga 

" Kacamata itu harus dipakai rutin supaya tidak terjadi lazy eyes atau mata malas," jelasnya.

 

2 dari 2 halaman

Tips Buat Pemilik Binatang Kesayangan

2. Pakai Kacamata Hitam Ketika Beraktivitas di Bawah Sinar Matahari

Sinar UV tidak hanya berbahaya bagi kulit, tapi juga pada mata. Budi menjelaskan jika paparan UV bisa menyebabkan katarak dan gangguan pada retina.

Untuk mencegah hal tak diinginkan terjadi, Budi menyarankan untuk melindungi mata dengan kacamata anti radiasi atau anti sinar UV. Dia menegaskan alat bantu yang dipakai bukan kacamata hitam biasa.

 Hati-hari, Kacamata Hitam Belum Tentu Aman

3. Hindari Penyebab Infeksi

Saat mengalami infeksi mata, biasanya orang akan langsung berkesimpulan penyebabnya adalah debu. Anggapan itu ternyata tak sepenuhnya benar.

Budi menjelaskan air kotor dan bulu binatang juga bisa menyebabkan mata infeksi. Meski hanya dalam jumlah sedikit, dua benda ini bisa memicu infeksi.

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie