Yogurt Penyebab Maag dan Diare? Begini Pendapat Ahli Gizi

Reporter :
Jumat, 8 Desember 2017 11:44
Yogurt Penyebab Maag dan Diare? Begini Pendapat Ahli Gizi
Jangan buru-buru menyalahkan yogurt saat diare atau maag muncul, ternyata faktanya...

Dream - Yogurt merupakan produk susu yang telah melalui proses fermentasi. Rasanya asam dan menyegarkan. Namun sebagian orang justru merasa ragu dengan sifat asamnya karena khawatir bisa memicu maag dan diare.

Sifat asam pada yogurt disebabkan oleh fermentasi sehingga kadar pH menurun menjadi sekitar 4,5. Namun, kadar asam yang tinggi justru menjadikan yogurt sebagai obat alami bagi gangguan pencernaan. Maag dan diare sebenarnya terjadi karena ketidakseimbangan bakteri di dalam pencernaan.

" Apabila bakteri jahat berkembang, Anda justru memerlukan asupan yogurt lebih banyak. Yogurt mengandung bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophiles yang mampu mengalahkan bakteri jahat," tutur Emlia Achmadi, seorang pakar ahli gizi ketika ditemui di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Proses fermentasi dalam pembuatan yogurt juga mengubah zat laktosa pada susu menjadi lactic acid. Bagi Sahabat Dream yang tidak bisa mengonsumsi susu karena memiliki kondisi alergi (intoleransi laktosa) dapat menjadikan yogurt sebagai alternatif pengganti asupan susu. Pasalnya, lactic acid tidak menimbulkan mual dan diare.

Untuk menjaga kesehatan pencernaan, ada baiknya untuk mengonsumsi yogurt sebanyak dua kali dalam sehari. Apabila gangguan pencernaan tidak kunjung sembuh, Anda perlu pergi ke dokter. Sebab, bakteri Helycobacter pylori penyebab luka lambung hanya bisa disembuhkan dengan antibiotik.

" Jadi, yang menyebabkan gangguan pencernaan itu justru bukan yogurt. Ia justru menjadi sumber asupan serat, kalsium, serta segudang vitamin lainnya yang bersifat baik untuk tubuh," ujar Emilia

Laporan Annisa Mutiara

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya