4 Desainer dengan Karya Etnik Khas Indonesia, Menyatukan Gaya Modern dan Kain Tradisional

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Selasa, 8 Februari 2022 06:34
4 Desainer dengan Karya Etnik Khas Indonesia, Menyatukan Gaya Modern dan Kain Tradisional
Kenalan yuk dengan 4 desainer Indonesai dan karya etnik mereka

Dream - Pakaian dengan motif etnik kini mulai dilirik oleh generasi muda. Jauh dari kesan kuno, motif batik, tenun, songket, dan motif etnik lainnya dibalut dengan pola desain kekinian.

Beragam perancang busana pun mulai mendesain karya dengan sentuhan etnik khas Indonesia, seperti Sapto Djoko Kartiko yang merilis koleksi Melati Sangkar.

https://www.instagram.com/saptodjojokartiko/© https://www.instagram.com/saptodjojokartiko/

Desainer kenamaan asal Solo, Jawa Tengah, ini membawa tradisi dan budaya yang kental pada koleksinya. Pada koleksi Melati Sangkar, Sapto merancang dress dengan bordir yang menyerupai pola batik.

Dress berwarna cantalope itu dibuat dengan pola yang lurus sederhana dengan lengan 3/4. Bordir yang penuh menutupi hampir seluruh permukaan busana ini.

Bordir ini terlihat cantik dan memukau. Melati Sangkar Dress in Cantalope Color ini sangat cocok digunakan pada acara formal.

1 dari 3 halaman

Lulu Lutfi - Kain Lurik

Koleksi desainer tanah air yang juga mengangkat etnik khas Indonesia adalah Lulu Lutfi. Pada koleksi Kebun dan Rumah, Lulu menghadirkan kain lurik berwarna hitam dan abu-abu.

Instagram @lululutfilabibi© Instagram @lululutfilabibi

Pada postingan Instagramnya, @lululutfilabibi, terlihat dua model menggunakan atasan berwarna putih dengan bordir daun yang cantik. Atasan putih tersebut dipadukan dengan kain lurik yang sudah dimodifikasi menjadi rok maupun celana.

2 dari 3 halaman

Didiet Maulana - Batik Ikat

Didiet Maulana juga mengangkat etnik khas Indonesia dalam produk rancangannya. Brand IKAT Indonesia yang dibangunnya ini selalu membawa motif batik ikat dengan beragam warna.

https://www.instagram.com/ikat_ind/© https://www.instagram.com/ikat_ind/

Salah satunya adalah motif ikat dominasi biru Ailani Scarf yang terlihat modern. Motif batik ikat ini dituangkan pada cardigan dengan potongan kekinian. Warna yang dipilih pun cerah yang membuat cardigan ini cocok dipakai oleh berbagai generasi.

 

3 dari 3 halaman

Chitra Subyakto - Batik

Rancangan brand Sejauh Mata Memandang pun mengangkat etnik Indonesia sebagai bahan utama busananya. Sang perancang, Chitra Subyakto mendesain busana berpola modern dengan sentuhan batik yang menawan.

Pada koleksinya yang berkolaborasi dengan Dian Sastro, Citra tidak menghadirkan pakaian dengan motif batik di seluruh sisi. Ia hanya memadukan sentuhan kecil batik dan memadukannya dengan bahan polos merah yang lebih dominan. Pola kecil batik pun dibuat horizontal memanjang dari bagian pundak hingga lutut.

instagram @sejauh_mata_memandang© instagram @sejauh_mata_memandang

Motif yang dipilih pun lebih feminin seperti bunga dan daun. Pada postingan Instagram @sejauh_mata_memandang, Dian Sastro terlihat memadukan atasan tunik ini dengan kain batik berwarna gelap yang penuh corak.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More