Bahaya Makanan Berlemak Pasca Lebaran

Reporter : Dwi Ratih
Minggu, 2 Juli 2017 07:15
Bahaya Makanan Berlemak Pasca Lebaran
Lonjakan kolestrol bisanya disebabkan oleh lemak jenuh atau lemak trans.

Dream - Saat rayakan Lebaran, berbagai sajian nikmat dihidangkan untuk disantap bareng sanak keluarga. Hidangan yang disajikan tak cuma kue kering legit dan minuman manis. Kamu pasti ikut menyantap menu bersantan seperti opor ayam, rendang, gulai atau menu yang lain.

Namun jangan terlena dengan makanan yang mampu meneteskan air liur ini, ada tiga masalah besar yang bisa menghantuimu. Bahaya kesehatan itu adalah kolestrol, tekanan darah tinggi, dan kenaikan kadar gula dalam darah.

Lonjakan kolestrol biasanya disebabkan oleh lemak jenuh atau lemak trans. Manusia hanya membutuhkan 300 miligram lemak jenuh per harinya. Lemak ini juga bisa meningkatkan risiko serangan jantung. Kabar buruknya, lemak jenis ini banyak ditemukan dalam makanan lebaran.

Lemak trans ada di mentega, keju, santan, daging merah, kulit ayam, bahkan produk olehan susu. Jadi, batasi makanan bersantan dan goreng-gorengan setelah lebaran. Hindari olahan daging merah seperti rendang dan gulai juga kulit ayam.

Shutterstock© dream.co.id

Sementara hipertensi, disebabkan karena makanan yang mengandung garam dan lemak tinggi. Idealnya, manusia hanya membutuhkan enam gram atau seujung sendok teh garam tiap hari. Kelebihan garam akan menyebabkan tekanan darah tinggi.

Untuk kenaikan gula darah, penyebabnya karena jamuan lebaran sering disertai dengan minuman manis seperti sirup atau soda. Aneka kue dengan rasa yang manis lebih berbahaya dibandingkan nasi karena proses pengolahannya lebih cepat dibandingkan makanan pokok tersebut.

Kadar gula yang tinggi bisa mengancam nyawa dalam waktu cepat. Penyebabnya karena ginjal akan bekerja sangat ekstra untuk memecah gula sebab produksi insulin yang dihasilkan tubuh terbatas.

Shutterstock© dream.co.id

Sebaiknya kamu mengalihkan makanan berlemak saat lebaran dengan menu yang lebih sehat. Misalnya pada makanan yang banyak mengandung sayuran dan buah-buahan. Minuman manis bisa diganti dengan jus buah rumahan yang rendah gula.

Bila perlu, kamu bisa mengonsumsi Larutan Penyegar Cap Badak untuk mencegah dan mengobati panas dalam. Minuman yang terbuat dari ramuan herbal ini juga mempunyai rasa buah-buahan yang menyegarkan.

LPCB© dream.co.id

Beri Komentar