Didiet Maulana Kaget dengan Jutaan UMKM Batik Lokal yang Mengglobal Bersama Shopee

Reporter : Editor Dream.co.id
Selasa, 10 Oktober 2023 07:30
Didiet Maulana Kaget dengan Jutaan UMKM Batik Lokal yang Mengglobal Bersama Shopee
Didiet Maulana menyampaikan rasa kaget sekaligus kagumnya setelah mengetahui pencapaian yang telah diraih oleh para penjual batik di tanah air.

1 dari 12 halaman

© Dream

2 dari 12 halaman

Untuk memperingati Hari Batik Nasional 2023, Shopee mengadakan acara spesial bertajuk Cerita Batik Masa Kini.

Nah, di acara ini pun hadir seorang perancang busana ternama Indonesia bernama Didiet Maulana.

Dalam kehadirannya di kesempatan kali ini, Didiet Maulana menyampaikan rasa kaget sekaligus kagumnya setelah mengetahui pencapaian yang telah diraih oleh para penjual batik di tanah air.

3 dari 12 halaman

“Sungguh, sebagai seorang fashion designer dari Indonesia, salah satu cita-cita saya adalah menyebarluaskan batik sebagai warisan kultural Nusantara menjadi sebuah elemen penting dalam perkembangan tren fashion dunia. Nyatanya, hal ini juga sudah dilakukan oleh rekan-rekan pegiat UMKM di tanah air yang memanfaatkan teknologi digital melalui Shopee,” ujar Didiet.

4 dari 12 halaman

Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, membenarkan kalau penjualan batik dari tahun ke tahun memang mengalami peningkatan.

“Berdasarkan data yang kami miliki, semakin ke sini, penjualan batik semakin meningkat, tidak bergantung pada momen-momen tertentu saja. Di sepanjang tahun 2023 ini saja, sudah jutaan produk fashion batik karya rekan-rekan UMKM lokal, sudah berhasil terjual di Shopee, bahkan hingga mancanegara” jelas Monica.

5 dari 12 halaman

© Dream

Didiet juga menambahkan bahwa batik memang terus mengalami perkembangan baik dari segi motif dan juga styling.

6 dari 12 halaman

“Mungkin seperti yang kita tahu kalau dulu batik itu cuma dipakai waktu untuk acara-acara formal. Nah, kenapa batik itu semakin populer di kalangan masyarakat saat ini? Ya karena dia terus berevolusi baik dari segi motif yang makin beragam, dan juga cara

tambahnya.

7 dari 12 halaman

Perancang busana ini menjelaskan beberapa motif modern yang menjadi tren dalam dunia fashion batik.

“Salah satu motif yang sedang populer adalah motif abstrak yang menggabungkan berbagai elemen geometris dan bentuk non-tradisional. Motif ini memberikan kesan yang lebih kontemporer dan cocok untuk digunakan dalam gaya sehari-hari. Selain itu, motif floral dengan warna-warna cerah juga menjadi pilihan yang menarik untuk tampil lebih fresh dan bersemangat, seperti yang dimiliki oleh batik Damakara ini,” ungkap pendiri IKAT Indonesia tersebut.

8 dari 12 halaman

Kisah Batik Damakara dalam Mengembangkan Bisnisnya

image" /> © Dream

Salah satu pelaku UMKM yang hadir di acara Cerita Batik Masa Kini, adalah Dini Prihastiti, pemilik jenama Damakara. Damakara merupakan jenama asal Bandung yang merupakan salah satu penjual batik yang berhasil mengembangkan bisnisnya melalui platform marketplace Shopee.

9 dari 12 halaman

“Jadi saya dan suami saya Bheben, bangun Damakara itu di tahun 2019, terinspirasi dari Iris Grace, anak berkebutuhan khusus yang mengekspresikan diri lewat painting dan hasil lukisannya dinilai bagus oleh kurator, terinspirasi dari hal tersebut kita pun bekerja sama membuat produk berkolaborasi dengan anak berkebutuhan khusus. Kemudian tahun 2020, usaha yang baru kita dirikan ini cukup tersendat, karena pandemi. Akhirnya kita coba untuk go digital lewat Shopee, dan alhamdulillah sampai sekarang masih eksis dan berkembang terus,” ungkap Dhini.

10 dari 12 halaman

© Dream

Sebagai pegiat UMKM, Dhini merasa kalau Damakara harus semakin berkembang, untuk bisa terus membantu anak-anak berkebutuhan khusus.

11 dari 12 halaman

“Damakara, itu kan social business, awalnya nggak jualan di marketplace, tapi kita mulai mikir, walaupun ini social business, Damakara harus tetap bisa besar. Seiring berjalannya waktu, customer minta transaksi lewat Shopee karena mudah. Akhirnya kita mem

tambah Dhini.

12 dari 12 halaman

Setelah masuk ke dunia ecommerce, Dhini mengatakan bahwa pangsa pasar produk Damakara jadi lebih meluas dan bahkan bisa mencakup seluruh Indonesia dan bahkan luar negeri. Tak sampai di situ saja, Jenama yang dibangun oleh Dhini dan Bheben Oscar ini bahkan sudah terjual ke Malaysia, Singapura, hingga Taiwan.

Beri Komentar