IFW 2018 Promosikan Budaya Toba, Borobudur, dan Labuan Bajo

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 16 Maret 2018 11:43
IFW 2018 Promosikan Budaya Toba, Borobudur, dan Labuan Bajo
Tahun ini, IFW 2018 mengangkat tea Cultural Identity.

Dream – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Indonesia Fashion Week (IFW) mengusung budaya bangsa. Pada IFW 2018, mereka kembali mengusung kultur Indonesia dalam tema " Cultural Identity" .

" Indonesia Fashion Week (IFW) merupakan perwujudan identitas kebudayaan (cultural identity)," kata Presiden Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dan IFW, Poppy Dharsono, saat ditemui di Lotte Mall Kemang, Jakarta, Kamis 15 Maret 2018.

IFW 2018 yang akan digelar 28 Maret hingga 1 April ini, kata dia, berusaha mengangkat budaya Danau Toba dari Tanah Batak, Borobudur dari Jawa Tengah, dan Labuan Bajo dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

IFW 2018© Instagram resmi IFW

Bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), IFW ingin mengembangkan dan mempromosikan kekayaan budaya Indonesia. Sehinga bisa mendukung peningkatan ekonomi nasional agar lebih merata.

" Kami selalu berupaya mendorong industri fesyen Indonesia yang membawa ciri dan kepribadian nasional, membantu UMKM sebagai basis penggerak industri kreatif, khususnya dalam bidang fashion," tambah Poppy.

Selain itu, IFW juga bekerja sama dengan pengusaha swasta yang dapat menunjang kultur Indonesia di bidang fesyen, seperti Wardah dan Tokopedia.

Sementara, Wardah Cosmetics akan mengusung empat tren riasan Wardah Sinar dan Pijar yang terinspirasi dari kekayaan Indonesia, seperti riasan Percik Jiwa yang terinspirasi dari aktivitas gunung berapi di Indonesia, Denting Bersemi yang terinspirasi dari kekayaan flora dan fauna Indonesia, dan lain-lain.

" Tahun ini memasuki tahun ke tiga Wardah sebagai Official Makeup & Hair Do IFW. Selama pekan mode berlangsung, Wardah akan menerjunkan 50 orang tim makeup  artist di backstage IFW 2018," kata Brand Executive Wardah Cosmetics, Shabrina Salsabila.

Tokopedia, yang menjadi official e-commerce partner, siap mendukung lebih banyak lagi desainer lokal dalam mengangkat karya mereka ke level nasional maupun internasional. Managing Director Tokopedia, Melissa Siska Juminto, mengatakan, pembelian dan pemasaran barang fesyen di Tokopedia meningkat.

" Kami mendukung di sisi platformnya. Jadi, memang dari segi penjurian kita juga bantu. Coaching pun kami membantu untuk cara berjualan online di Tokopedia," kata Melissa.

Beri Komentar