Hadir 100 Desainer & 1000 Koleksi, JMFW 2023 Bawa Mimpi Pusat Fashion Muslim Dunia Makin Nyata

Reporter : Okti Nur Alifia
Rabu, 5 Oktober 2022 06:12
Hadir 100 Desainer & 1000 Koleksi, JMFW 2023 Bawa Mimpi Pusat Fashion Muslim Dunia Makin Nyata
Indonesia mempunyai cita-cita menjadi pusat fashion muslim dunia pada 2024.

Dream - Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 siap memanjakan mata para pecinta modest fashion di Tanah Air. Berlangsung 20-22 Oktober 2022, JMFW 2023 bakal membuka peluang karya desain Indonesia mendunia sekaligus mewujudkan target menjadi kiblat fashion muslim dunia di 2024.

Event JMFW juga semakin akbar karena beriringan dengan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 yang sama-sama berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten pada 19-23 Oktober 2022.

Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kementerian Perdagangan Miftah Farid meyakini event JMFW akan dapat memperkuat ekosistem fesyen di Indonesia. 

" Dengan penyelenggaran yang bersamaan dengan TEI yang punya pengunjung besar, kesempatan dilirik buyers internasional makin besar. Sehingga ini sejalan dengan cita-cita untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia di 2024 nanti," kata Miftah Farid dalam konferensi pers virtual, Selasa, 4 Oktober 2022.

Selain mempromosikan produk fesyen muslim dunia, lanjut Miftah, JMFW 2023 juga menjadi event untuk meningkatkan daya saing Indonesia di pasar internasional.

1 dari 3 halaman

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi semakin meyakini cita-cita Indonesia menjadi pusat fesyen muslim dunia pada 2024 menjadi lebih terbuka dengan event JMFW 2023.

" Bukan mimpi belaka karena kami punya data sahih untuk jadikan Indonesia pusat mode, khususnya fesyen muslim dunia," kata Didi Sumedi.

jmfw© JMFW

Indonesia masuk dalam peringkat ketiga, setelah Uni Emirat Arab dan Turki, sebagai negara yang berpotensi mengembangkan produk fesyen modest. Menurut Didi, hal ini menjadi modal Indonesia sebagai trendsetter dunia.

Meskipun begitu, Didi menerangkan perlu ada strategi bersama, apalagi saat ini pertumbuhan ekonomi global diprediksi akan melambat karena masalah geopolitik antara Ukraina dan Rusia.

2 dari 3 halaman

Masalah tersebut juga akan berdampak pada menurunnya permintaan terkait fesyen muslim. Karena hal-hal yang berhubungan dengan lifestyle atau gaya hidup menjadi nomor dua, orang-orang akan lebih mengutamakan kebutuhan primer.

jmfw© JMFW

Oleh karena itu perlu ada kiat-kiat atau strategi yang dijalankan seperti penjualan fesyen muslim di dalam negeri harus ditingkatkan, ataupun kolaborasi dan kerjasama dalam mengatasi krisis dunia itu. Agar cita-cita tanah air Indonesia menjadi pusat fesyen muslim dunia bisa terwujud.

3 dari 3 halaman

JMFW yang diadakan oleh Kementerian Perdagangan dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan menampilkan parade busana dan pameran produk fesyen muslim dari sekitar 100 merek ternama Indonesia.

Acara ini juga akan dimeriahkan pameran produk tekstil, kosmetik, dan aksesoris yang merupakan bagian penting dari ekosistem produk halal selain fesyen muslim.

" Ada lebih dari 100 brand yang akan menampilkan lebih dari 1000 koleksi. Diharapkan akan ada 2000 visitor dari JMFW sendiri dan ditambah 25000 pengunjung dari TEI," kata Miftah Farid.

Beri Komentar