Olahraga Tepat Saat Berpuasa

Reporter : Amrikh Palupi
Sabtu, 20 Juni 2015 18:00
Olahraga Tepat Saat Berpuasa
Olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Termasuk saat berpuasa di bulan Ramadan ini.

Dream - Olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Termasuk saat berpuasa di bulan Ramadan ini. Salah satu olagraga yang bisa dianggap tepat untuk orang yang berpuasa adalah kardio atau olahraga yang menuntut jantung bekerja cepat.

" Olahraga kardio yang dianjurkan sore hari," kata Spesialis Kedokteran Olahraga, Grace Tumbelaka SpKO saat berbincang dengan Dream di Jakarta.

Dia menambahkan, kardio bisa dilakukan dengan sistim FITT. Yaitu Frekuensi, dilakukan berapa kali seminggu; Intensitas atau berat ringannya latihan; Time atau durasi olahraga, dan Tipe olahraganya apa.

Untuk frekuensi, kardio bisa dilakukan tiga kali dalam seminggu. Intensitasnya adalah sedang. Untuk intensitas ini bisa dilakukan dengan mengukur denyut nadi 64 sampai 76 persen denyut maksimal, yaitu 220. Untuk menghitungnya, denyut maksimal itu dikurangi usia.

" Lebih gampangnya, misalnya usianya 20 tahun. Jadi 220 dikurangi 20, berarti 200. Dan 64 persennya berarti 132. Atau 76 persen dari 200 berarti 152. Itu artinya, nadi minimalnya 128, dan tidak boleh melebihi dari 152. Itulah cara menghitungnya."

Sementara, untuk durasi olahraga sebaiknya waktu dilakukan 30-60 menit setiap latihan. " Tapi 30 menit itu belum termasuk pemanasan dan pendinginan."

Bagi mereka yang ingin melakukan tiga kali olahraga dalam seminggu, tambah Grace, bisa dilakukan selang-seling. Misalnya, hari pertama bersepeda, berikutnya jogging, dan selanjutnya jalan cepat.

" Seminggu tiga kali tapi bukan berarti Senin, Selasa, Rabu. Tapi sebaiknya Senin, Rabu, Jumat. Karena fisiologis olahraga itu bisa bertahan 48 jam, kalau lebih dari 48 jam akan turun kualitasnya," ungkap Grace.

Catatan penting dari Grace, mulailah olahraga dengan yang ringan terlebih dahulu. Kurangi waktu olahraga, sehingga lebih pendek dari yang biasa dilakukan saat tidak berpuasa.

" Yang sebelumnya intensitasnya berat mulailah dengan yang sedang terlebih dahulu. Sedang boleh dengan ringan dulu. Tadinya 5 kali perminggu boleh tiga kali permingggu," kata Grace. 

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi