Cara Ustad Zacky Mirza Ajarkan Puasa ke Anak

Reporter : Amrikh Palupi
Jumat, 19 Juni 2015 03:31
Cara Ustad Zacky Mirza Ajarkan Puasa ke Anak
Lebih baik diajarkan bertahap anak bisa puasa setengah hari atau lanjut full sampai mahgrib.

Dream - Ramadan dimaknai oleh ustad Achmad Zacky Mirza sebagai bulan untuk memperbaiki diri.

" Jika sebelas bulan lainnya buat mengurusi orang lain, saatnya bulan puasa buat mengurusi diri sendiri," kata ustadz Zacky saat ditemui di Senayan City Jakarta, Kamis 18 Juni 2015.

Diakui ustad yang akrab disapa Bang Zeck ini, meski tidak banyak bersama keluarga karena kesibukannya sebagai penceramah, ia tetap bersyukur.

" Ada acara striping setiap hari. Alhamdulillah bisa kasih rejeki ke orang lainnya. Jauh lebih besar ya sekarang," ungkapnya.

Untuk tahun ini, ustad Zacky ingin melibatkan keluarga dalam setiap acara yang dijalaninya. Sehingga waktu buka dan sahur bisa dilakukan bersama - sama di lokasi acara.

Ditanya mengenai seputar pendidikan agama dalam keluarganya. Ustad dan istri mengaku santai dalam mengajarkan puasa pada anak-anaknya.

" Anak saya ada yang sudah ingin puasa, karena melihat temannya puasa. Tapi saya tidak memaksakan karena memang belum wajib. Takutnya nanti anak malah jadi nyolong-nyolong kalau tidak kuat," kata ustad Zacky.

Sementara untuk pengenalan agama, kata ustad muda tersebut, memang tidak ingin mengenalkan agama dengan cara menakuti anaknya. Baginya paling penting anak harus diajarkan tahu tempat saat ingin makan di bulan puasa.

" Lebih baik diajarkan bertahap. Anak bisa puasa setengah hari atau lanjut full sampai mahgrib. Puasa-puasaan lah istilahnya," jelasnya.

Begitu pula saat mengajarkan salat, ia memberikan penjelasan dengan cara yang lembut dan tidak menggunakan cara kekerasan.

" Jangan cuma ditakut - takuti sama cerita Allah yang suka marah- marah," kata dia.

Beri Komentar