Penuhi Nutrisi Saat Puasa dengan Air Kelapa

Reporter : Kusmiyati
Senin, 22 Juni 2015 14:46
Penuhi Nutrisi Saat Puasa dengan Air Kelapa
Saat ramadan sekitar pukul tiga atau empat menjadi jam-jam genting tubuh merasa lemas saat berpuasa. Kebutuhan nutrisi selama berpuasa dapat diperoleh melalui kesegaran air kelapa.

Dream - Saat Ramadan, sekitar pukul tiga atau empat petang menjadi waktu genting tubuh merasa lemas. Apa penyebabnya? 

" Apabila saat sahur makan atau minumnya tidak benar, maka akan cepat merasakan lemas. Itu karena kadar gula darah berkurang," ujar Dokter Spesialis Gizi Klinik, Fiastuti, Senin 22 Juni 2015.

Saat berpuasa, tubuh kehilangan satu hingga dua persen cairan baik melalui urine, aktivitas di ruangan AC, metabolisme tubuh maupun proses pencernaan.

" Untuk mengembalikan asupan kadar gula darah dan cairan pada tubuh sebaiknya berbuka puasalah dengan nutrisi yang berimbang dan bergizi," ujarnya.

Kebutuhan nutrisi selama berpuasa dapat diperoleh melalui kesegaran air kelapa. " Berdasarkan perhitungan zat gizi dari United States Department of Agriculture (USDA), dalam 100 mg air kelapa terkandung kadar air sebesar 94,99 persen yang terbukti secara klinis mengembalikan kesegaran dan kebugaran tubuh," ujar Fiastuti.

Manfaat air kelapa dirasakan begitu banyak saat dikonsumsi setelah tubuh menahan lapar dan haus kurang lebih 14 jam. Fiastuti berharap saat berbuka dan sahur, cakupan nutrisi dan cairan dapat dipenuhi dengan baik.

" Saat sahur dan buah cukupkan dengan mengonsumsi buah, sayur dan makanan bergizi seimbang," kata Fiastuti. (Ism) 

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham