Begini Takaran Gizi yang Pas di Bulan Ramadan

Reporter : Kusmiyati
Kamis, 18 Juni 2015 09:01
Begini Takaran Gizi yang Pas di Bulan Ramadan
Dokter Spesialis Gizi, dr. Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK menyarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang seimbang.

Dream - Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama bulan puasa, Dokter Spesialis Gizi, dr. Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK menyarankan saat berbuka dan sahur takaran makanan harus dengan porsi yang pas.

" Saat sahur jangan cuma sekedar teh manis dan biskuit dan berbuka puasa jangan langsung melahap semua yang ada di depan kita. Takarannya harus pas agar perut terasa nyaman," kata dr. Fiastuti, Rabu kemarin.

Mengonsumsi makanan terlalu cepat dan banyak saat berbuka dapat mengganggu proses pencernaan.

" Jangan langsung apa saja dimakan nanti tubuh kaget. Perut harus diisi secara perlahan agar proses metabolisme dan pencernaannya berjalan baik," kata dia. 

Dia juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang seimbang.

" Saat sahur dan berbuka, konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan serat. Jaga pola makan sehat selama puasa agar tubuh tidak kehilangan nutrisi dan cairan," ujar Fiastuti.

Dia menyarankan saat sahur dan berbuka sebaiknya makanan dan minuman dibagi dalam takaran yang pas, sahur 40 persen dan buka puasa 60 persen agar tubuh terasa kuat.

" Saat sahur itu makan besarnya 30 persen, makanan kecil 10 persen mendekati imsak kemudian minum tiga gelas air. Saat berbuka makanan manis 15 persen, makan besar 30 persen setelah pulang tarawih camilan 15 persen dan minum 5 gelas air," ujar Fiastuti. 

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik