Shutterstock
Dream - Menstruasi adalah hal lumrah yang dialami wanita setiap bulan ketika usianya sudah menginjak baligh. Sering juga disebut dengan istilah batang bulan, menstruasi berawal sejak masa remaja hingga wanita memasuki usia Lanjut Usia (Lansia).
Sebagai suatu siklus alami dalam tubuhnya, menstruasi begitu lekat dan harusnya menjadi sebuah kebanggaan bagi seorang wanita.
Namun sayangnya, masih banyak wanita yang merasa tidak nyaman akan menstruasi ini. Rasa tidak nyaman ini seperti terlihat ketika seorang wanita berusaha menyembunyikan kondisinya tengah datang bulan atau buru-buru memasukkan pembalut ke dalam tas.
Rasa malu ini tak lepas dari masih adanya stigma mengenai menstruasi di tengah masyarakat Indonesia. Tidak jarang anggapan `kotor` selama menstruasi menjadi momok bagi perempuan Indonesia.
Tanpa disadari penggunaan kata `datang bulan` atau `sedang dapat` makin memperkuat persepsi yang salah tentang menstruasi sebagai hal wajar untuk seorang wanita.

“ Gak cuma frasa penyebutan menstruasi, menyebut pembalut saja disebut ‘roti’ padahal itu bukan hal yang harus disamarkan,” jelas Ni Putu Gita Saraswati, Pemenang EUGD Heroes 2021 pada acara Every U Does Good Heroes, Selasa 1 November 2022.
Kini sudah waktunya untuk angkat bicara dan tidak berdiam diri atau merasa malu dengan menstruasi.

“ Kita juga harus ajarkan anak laki-laki kita jangan bully teman yang menstruasi, kita harus saling support,” tambah Gita.
Usaha untuk mengedukasi perempuan untuk menghapus stigma soal menstruasi itulah yang gencar disuarakan Gita pada project Every U Does Good Heroes tahun lalu. Gita keluar menjadi salah satu pemenang kompetisi ini.
Tahun ini, PT Unilever Indonesia kembali meluncurkan program “ Every U Does Good Heroes 2022” untuk mengajak lebih banyak generasi muda Indonesia membawa perubahan bagi lingkungan dan masyarakat.
“ Kami kembali menggelar kampanye ‘Every U Does Good’, kampanye tahunan yang mengajak untuk bisa memberikan kebaikan bagi sekitar, melalui berbagai cara yang sederhana, mulai dari memilih brand yang memiliki purpose hingga menjadi heroes,” jelas Kristy Nelwan, Head of Communication PT Unilever Indonesia pada kesempatan yang sama.
Para peserta dapat mendaftar mulai tanggal 1-25 November 2022. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program ini silahkan kunjungi Instagram Unilever.