366 Pasang Buku Nikah KUA Deket yang Dicuri Sudah Bernomor Seri

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 22 Januari 2020 14:00
366 Pasang Buku Nikah KUA Deket yang Dicuri Sudah Bernomor Seri
Buku nikah yang dicuri tersebut juga terdaftar di Kemenag Pusat.

Dream - Kementerian Agama akan mengidentifikasi nomor seri 366 buku nikah yang raib digondol maling di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

" Sementara kasusnya dilaporkan ke kepolisian, kami juga akan mengidentifikasi nomor seri buku nikah yang telah dicuri," ujar Direktur Bina KUA Ditjen Bimas Islam Kemenag, Anwar, dikutip dari Kemenag.

Pencurian itu terjadi pada Minggu malam, 20 Januari 2020 dan baru diketahui keesokan harinya. Kemenag pun telah berkoordinasi dengan pengurus KUA Deket.

Menurut Anwar, buku nikah yang dicuri telah dilengkapi dengan nomor seri. Buku yang terdistribusi ke KUA juga tercatat di Kemenag Pusat. Melalui nomor seri tersebut, Kemenag Pusat dapat melakukan identifikasi.

" KUA atau Kemenag Lamongan akan segera menyampaikan laporan detail kepada Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam tentang jumlah buku yang hilang berikut nomor serinya," kata Anwar.

1 dari 5 halaman

Dinyatakan Tidak Berlaku

Setelah identifikasi dilakukan, kata Anwar, Kemenag akan membuat surat edaran ke Kanwil Kemenag Provinsi. Surat tersebut untuk diteruskan ke Kantor Kemenag Kabupaten/Kota hingga KUA.

" Isinya, bahwa buku dengan nomor seri dimaksud sudah tidak berlaku," kata dia.

Kasus pencurian ini awalnya diketahui oleh salah satu pegawai KUA, Siti Muzayamah. Ketika tiba di kantor, Siti mendapati pintu belakang sudah terbuka.

Dia lalu memeriksa seluruh ruangan untuk memastikan ada tidaknya barang yang dicuri. Ternyata, dia mendapati pintu ruang Kepala KUA dirusak dan lemari penyimpanan arsip terbuka.

2 dari 5 halaman

Kemenag Buka Rekrutmen Petugas Haji 2020 Tingkat Daerah

Dream - Kementerian Agama mulai membuka rekrutmen Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2020. Proses rekrutmen dilakukan berjenjang.

" Untuk tingkat kabupaten/kota pendaftaran mulai dibuka sejak 20 hingga 29 Januari 2020," kata Kasubdit Bina Petugas Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Ahmad Jauhari, dikutip dari laman resmi Kemenag, Selasa 21 Januari 2020.

Menurut Jauhari, peserta yang lolos seleksi administrasi di tingkat kabupaten atau kota akan diumumkan pada 31 Januari 2020. Setelah itu, calon petugas haji akan mengikuti kompetensi tingkat pertama di kabupaten atau kota pada 4 Februari 2020.

" Peserta yang lolos seleksi di kabupaten/ kota, berhak mengikuti seleksi di tingkat kanwil yang akan dilakukan pada 13 Februari 2020," ucap dia.

Setelah itu, pengumuman hasil seleksi tahap kedua calon PPIH kloter di kantor wilayah Kementerian Agama setempat akan digelar pada 18 Februari 2020.

Sementara itu, rekrutmen untuk petugas khusus, semisal konsultan ibadah dan Tim Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji, serta tim pendukung lain akan digelar pada 23 hingga 27 Maret 2020.

Berikut prosedur lengkap jadwal pendaftaran ibadah haji. Klik di tautan ini.

3 dari 5 halaman

Biaya Haji 2020 Tak Naik, Uang Saku Jemaah Akan Dikurangi?

Dream - Kementerian Agama (Kemenag) hingga kini masih melakukan berbagai pembahasan untuk menentukan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2020. Ditargetkan ongkos haji bisa diumumkan pada awal Februari 2020.

Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu, Maman Saepulloh mengatakan, Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) atau direct cost tidak naik. Menteri Agama, Fachrul Razi meminta biaya haji 2020 tetap Rp35 juta.

" Kalau perolehan nilai manfaat tahun ini (oleh BPKH) besar, kemungkinan (Bipih) tidak naik, tapi kalau nilai manfaat yang diperoleh tahun ini tidak terlalu besar bisa jadi hal-hal lain akan dikurangi," ujar Maman dilaporkan laman Kemenag, Senin, 13 Januari 2020.

Maman mengatakan, aspek yang memungkinkan dapat dikurangi yakni uang saku jemaah. Meski demikian, usulan mengurangi uang saku tersebut hanya bisa dilakukan setelah mendapat persetujuan dari Komisi VIII DPR.

" Misalnya biaya living cost yang dulunya 1.500 riyal menjadi 1.000 riyal," kata dia.

4 dari 5 halaman

Jalani Survei

Maman mengatakan, rapat bersama DPR baru akan dilakukan pada Februari 2020. Pada 15 hingga 17 Januari 2020, Kemenag akan melakukan konsinyering membahas BPIH. 

Sementara, pada 18 Januari 2020, Kemenag akan bertolak ke Arab Saudi untuk survei berbagai kebutuhan seperti penginapan, katering, transportasi.

" Setelah itu pulang dari Arab Saudi rencananya pada 2 Februari akan melakukan rapat dengar pendapat dan rapat kerja, kemudian diputuskanlah BPIH itu," kata dia.

Lebih lanjut, Maman berujar, Kemenag juga tengah berupaya mengusulkan sewa hotel selama full musim untuk penginapan jemaah Indonesia.

" Tahun lalu hanya 71 persen hotel yang disewa secara full musim, tahun ini ingin 80 persen hotel disewa secara full musim," ucap dia.

5 dari 5 halaman

Pengurusan Visa dan Pembatalan Haji Bisa Dilakukan di Kanwil Kemenag

Dream - Proses pengurusan visa jemaah haji 2020 tidak lagi terpusat di Kementerian Agama, Jakarta. Tahun ini, pengurusan visa akan dilakukan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag di tingkat provinsi.

" Proses visa dan pengkeloteran cukup dilakukan Kanwil Kemenag Provinsi saja," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Nizar Ali, Rabu, 9 Januari 2020.

Selain pengurusan visa, Kanwil Kemenag Provinsi juga bisa menjadi lokasi pembatalan keberangkatan haji. Proses pembatalan sebelum kebijakan ini dilakukan di Direktorat Jenderal PHU, Jakarta.

" Tahun 2020 juga (pembatalan) cukup dilaksanakan di Kanwil," ucap dia.

Nizar mengatakan, Kemenag akan meningkatkan sarana dan prasarana pelayanan haji. Salah satu caranya yaitu merevitalisasi asrama haji dan asrama haji transit, antara, serta asrama haji embarkasi dan debarkasi.

Saat ini, kata Nizar, Kemenag juga terus membangun Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT). Pembangunan PLHUT di Kantor Kemenag kabupaten atau kota diharapkan dapat menyederhanakan alur administrasi.

" Dulu jamaah haji ketika mendaftar haji mondar mandir Kemenag kabupaten/kota dan bank. Dengan PLHUT, jemaah haji tidak perlu mondar mandir, istilahnya one stop services," ucap dia.

Beri Komentar
Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak