Menag: Umat Beragama Rukun, Indonesia Maju

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 22 Januari 2020 11:00
Menag: Umat Beragama Rukun, Indonesia Maju
Pesan khusus Fachrul untuk ASN di Kepulauan Riau.

Dream - Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi menunaikan sholat Zuhur di Masjid Muhammad Cheng Ho, Batam, Kepulauan Seribu. Di masjid tersebut, Fachrul menandatangani prasasti Umat Rukun Indonesia Maju.

Masjid Muhammad Cheng Ho didirikan untuk mengenang sejarah perjalanan Laksamana Cheng Ho yang membawa ajaran Islam dari dataran China. Masjid ini juga membuktikan asimilasi budaya China, Islam, dan Indonesia.

Selama kunjungan tersebut Menag terus menebar pentingnya moderasi agama. Gagasan mengenai persatuan umat juga dia sampaikan saat mengunjungi Maha Vihara Duta Maitreya.

Dia mengatakan, pentingnya persatuan meski berbeda latar suku dan agama. " Seluruh dunia satu keluarga. Beda suku dan agama kita tetap satu keluarga," kata Fachrul, Selasa, 21 Januari 2020.

" Beda adat dan istiadat kita tetap satu keluarga. Beda tradisi dan budaya kita tetap keluarga," ucap dia.

Pentingnya moderasi juga dia sampaikan saat berpidato di hadapan ASN Kemenag Kepri.
Fachrul berpesan untuk senantiasa menjadi garda terdepan menjaga kesetiaan NKRI.

" Kalau ada ASN Kemenag Kepri yang tidak setuju dengan moderasi beragama maka dia tidak perlu lagi ada di Kementerian Agama," ucap dia.

1 dari 5 halaman

Imam Masjid di Indonesia Diminta Syiarkan Moderasi Agama

Dream - Kementerian Agama meminta imam masjid se-Indonesia untuk menyiarkan moderasi beragama. Permintaan itu disampaikan Direktur Jenderal Bimbingan Islam, Muhammadiyah Amin, usai menutup muktamar perdana Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) yang digelar di Jakarta.

" Imam masjid yang sekaligus adalah mubaligh perlu terus menyiarkan paham moderasi beragama untuk kebersamaan umat," kata Amin, dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, Senin 28 Januari 2019.

Dalam kesempatan tersebut, Amin juga mengingatkan imam masjid agar memahami karakteristik jemaah dengan berbagai keragamannya. Dengan mengenal karakteristik jemaah, diharapkan imam masjid mampu menyampaikan syiar dengan cara yang tepat. 

" Pada hakikatnya, melalui mimbar masjid, seluruh umat Islam diingatkan agar bersatu dalam akidah dan ibadah. Toleran dalam masalah-masalah furu'iyyah, serta mengedepankan prinsip saling melindungi dalam menjalankan muamalah dan ukhuwah," ucap Amin.

 

2 dari 5 halaman

Peran Penting

Amin mengatakan, keberadaan masjid jangan hanya dilihat semata-mata sebagai wujud bangunan fisik. Masjid hendaknya juga dipandang sebagai lembaga umat yang multi-fungsi.

" Fungsi masjid selalu terkait dengan kualitas umat. Baik dari aspek moral, spiritual, maupun kualitas kehidupan duniawi," ujar dia.

Amin menyebut, masjid memiliki peran yang sangat penting dalam membangun umat. Untuk itu, kegiatan-kegiatan dakwah dan pembinaan keagamaan di masjid perlu memperhatikan kebutuhan umat, termasuk kebutuhan kalangan generasi millenial.

" Sebetulnya generasi milennial memiliki keingintahuan dan minat mendalami agama. Namun mereka memerlukan pendekatan yang mungkin berbeda dengan pendekatan dakwah secara konvensional," kata mantan Rektor IAIN Gorontalo itu.

3 dari 5 halaman

Menag Terkejut Lihat Persiapan Imlek di Dubai, Semua Serba China

Dream - Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi, punya pengalaman unik selama melakukan kunjungan kerja ke Dubai, Uni Emirat Arab, bersama Presiden Joko Widodo. Di salah satu tempat wisata, dia mendengar lagu China.

" Saya bawa oleh-oleh luar biasa kemarin, di Dubai itu ada fountain park itu sangat besar, air mancur besar sekali dan jangan lupa saya terkejut juga, ternyata lagunya lagu China," ujar Fachrul, dikutip dari laman resmi Kemenag, Jumat 17 Januari 2020.

Pensiunan Jenderal TNI bintang empat itu mengaku  kebingunan dengan lagu China di dataran Arab.

" Saya tanya kenapa lagu China? Ternyata karena ini menjelang Imlek. Jadi negara Islam di pertunjukannya semua pakai bahasa China dan di sana Burj Khalifa itu tulisan China," ucap dia.

Berdasarkan keterangan pejabat UAE, kata Fachrul, pemutaran lagu asing di Dubai merupakan bentuk penghormatan dan juga untuk menarik wisatawan mancanegara datang ke negaranya. Menurutnya, apabila suatu negara tidak rukun atau intoleran, maka wisatawan enggan datang.

" Ternyata betul waktu malam kita foto lebih banyak bule, China, Jepang, gitu. Jadi kalau Anda tidak tunjukkan toleransi dengan baik, pasti mereka enggak mau datang," kata dia.

4 dari 5 halaman

Indonesia dan UAE Teken MoU Cegah Radikalisme

Dream - Pemerintah Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) menandatangani nota kesepahaman (MoU) di bidang moderasi dan wakaf.

Nota kesepahaman itu diteken langsung Menteri Agama Indonesia, Fachrul Razi dan Ketua Otoritas Umum Bidang Urusan Islam dan Wakaf UEA Mohammed bin Matar al Kaabi.

" Alhamdulillah, saya beserta Ketua Otoritas Umum Bidang Urusan Islam dan Wakaf UEA Mohammed bin Matar al Kaabi telah menandatangani MoU tentang urusan agama Islam," ujar Fachrul dalam Keterangan tertulisnya, Senin, 13 Januari 2020.

Fachrul menjelaskan, kerja sama ini juga bertujuan untuk berbagi pengalaman mengenai moderasi beragama.

Sehingga, aksi radikalisme dapat terhindar apabila di suatu negara masyarakatnya dapat saling menghargai satu sama lain.

" Salah satu poin penting sinergi ini adalah promosi moderasi beragama dan bahaya ekstrimisme," ucap dia. 

5 dari 5 halaman

Agar Masjid Bisa Dipahami

Sekjen Kementerian Agama (Kemenag), M. Nur Kholis mengatakan, kerja sama lainnya yakni mengenai pengembangan kemampuan imam, khatib dan mufti serta pertukaran keahlian di bidang penghafal, pembaca, penerjemahan Al-Qur'an dan hadis.

Selain itu, ada beberapa keahlian yang bisa dibagi. Misalnya, pengalaman di bidang percetakan, publikasi dan terjemahan Al-Qur'an.

Kemudian, pertukaran keahlian dalam pembangunan, pemeliharaan dan pengelolaan masjid. Tujuannya, agar masjid bisa dipahami sebagai tempat ibadah dan bimbingan keagamaan yang moderat.

" Terakhir, pertukaran delegasi dan peserta di semua tingkatan dan partisipasi pada forum, konferensi, dan musabaqah Al-Qur'an," ujar Nur Kholis.

Beri Komentar
5 Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit Bersama Tolak Angin