Ansor dan Tokoh Dunia Cetuskan Seruan Nusantara

Reporter :
Minggu, 28 Oktober 2018 09:07
Ansor dan Tokoh Dunia Cetuskan Seruan Nusantara
Meminta berbagai pihak tak memanfaatkan agama sebagai senjata politik.

Dream - Sejumlah tokoh lintas agama dari berbagai dunia bersama Gerakan Pemuda (GP) Ansor mengajak masyarakat internasional mewujudkan perdamaian global.

Ajakan tersebut dikuatkan melalui Seruan Nusantara yang tercetus di Kota Yogyakarta, Jumat, 26 Oktober 2018.

Seruan Nusantara tersebut merupakan muara dari 2nd Global Unity Forum (GUF) yang digelar Pimpinan Pusat GP Ansor.

Acara yang digelar selama dua hari mulai Kamis 25 Oktober hingga 26 Oktober berlangsung di Hotel Marriot, Sleman, DI Yogyakarta.

Ansor dan para tokoh agama juga meminta berbagai pihak tak memanfaatkan agama sebagai senjata politik.

Sekjen GP Ansor Abdul Rochman mengajak semua pihak untuk bergabung bersama membangun konsensus global dalam mencegah dijadikannya Islam sebagai senjata politik.

 “ Ansor juga mengajak mewujudukan tata dunia yang sungguh-sungguh adil dan harmonis yang ditegakkan di atas dasar penghormatan terhadap kesetaraan hak dan martabat bagi setiap manusia,” ujar Abdul di Yogyakarta, Sabtu 28 Oktober 2018, seperti dikutip dari rilis yang diterima Dream.co.id.

Pengukuhan Seruan Nusantara ini lantaran ada sebagian kecil kelompok yang ingin mengubah konsensus negara Indonsia yaitu Pancasila, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika dan UUD 1945.

Seruan Nusantara dibuat dalam empat bahasa, yaitu Indonesia, Jawa, Arab, dan Ingggris. Pertemuan ini dihadiri perwakilan negara-negara yang mengalami konflik agama seperti Irak, Afganistan, Palestina, dan Suriah. Indonesia diharapkan menjadi inspirasi dunia dalam menjaga pluralisme dan toleransi.

 

Beri Komentar