30 Ribu Hewan Kurban untuk 34 Provinsi dan 7 Negara

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 11 Juli 2019 19:03
30 Ribu Hewan Kurban untuk 34 Provinsi dan 7 Negara
Dompet Dhuafa mendistribusikan daging kurban ke 34 provinsi dan 7 negara.

Dream - Sebulan lagi umat Islam akan merayakan Idul Adha. Meski masih cukup lama, pasokan hewan kurban di pasaran mulai sulit dan harganya merangkak naik.

Pasokan hewan dari sentra ternak berkurang akibat musim kemarau. Kondisi ini juga berdampak pada kualitas ternak.

Mengantisipasi hal itu, Dompet Dhuafa lewat program Tebar Hewan Kurban (THK) telah mengamankan pasokan hewan kurban untuk masyarakat.

Lembaga filantropi ini juga menjamin hewan ternak yang tersedia memiliki kualitas baik sehingga para mudhohi (pekurban) bisa tenang dalam berkurban.

" Nilai utama bekurban melalui lembaga yaitu kesehatan ternak terjaga, mutu dan kualitas teruji, daging-daging kurban tersalurkan secara tepat, sesuai tujuannya hingga menumbuhkan perekonomian para peternak kecil yang telah menjadi mitra THK Dompet Dhuafa," ujar Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi, Imam Rulyawan, melalui keterangan tertulis diterima Dream, Kamis 11 Juli 2019.

 Kurban Dompet Dhuafa

Imam mengatakan tahun ini pihaknya menargetkan 30 ribu ekor hewan kurban yang akan dibagikan ke 34 provinsi. Bahkan, Dompet Dhuafa juga menargetkan pendistribusian daging kurban hingga ke luar negeri.

" Dompet Dhuafa mendistribusikan hewan kurban ke tujuh negara seperti Timor Leste, Filipina, Myanmar, Vietnam, Palestina, Thailand dan Bangladesh," kata Imam.

Imam menjamin kualitas hewan kurban yang disediakan Dompet Dhuafa telah memenuhi standar dan mutu. Setiap hewan telah diseleksi oleh tim Quality Control (QC).

Tak hanya itu, Dompet Dhuafa juga berupaya untuk memberdayakan peternak lokal. Lewat Kampoeng Ternak Nusantara (TKN), Dompet Dhuafa ingin meningkatkan kesejahteraan dengan memasarkan hewan ternak dari para peternak lokal.

 Kurban Dompet Dhuafa

" Sehingga mereka dan keluarganya dapat menikmati hasilnya, yaitu terwujudnya kemandirian melalui penyelenggaraan bisnis peternakan dan turunannya yang menguntungkan," kata Imam.

Sedangkan untuk penyaluran hewan kurban, kata Imam, pihaknya telah memiliki data rinci penerima yang didapat lewat kerja sama dengan berbagai lembaga dan pengembang data. Dengan data yang tersedia secara digital memungkinkan Dompet Dhuafa mendapat laporan penyaluran secara detail.

" Saat ini, Dompet Dhuafa berupaya mengembangkan global information system (GIS) yang berisi data dan lokasi sebaran penerima manfaat dalam bentuk peta geografik, bekerja sama dengan e-commerce (niaga elektronik) dan fintech (penggunaan teknologi keuangan) dalam mengembangkan sistem digitalisasi pengelolaan zakat dan kurban," tutur Imam. (ism)

1 dari 5 halaman

Dompet Dhuafa Berbagi dengan Pelajar Pedalaman Jelang Masuk Sekolah

Dream - Menyambut tahun ajaran baru 2019-2020, tim Lembaga Pelayan Masyarakat Dompet Dhuafa bersama Lotte Choco Pie mendistribusikan bingkisan school kits atau perlengkapan sekolah murid.

Donasi ini disalurkan kepada anak-anak yatim dan dhuafa di Desa Kiarapandak, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor pada Senin, 8 Juli 2019.

" Distribusi donasi ini merupakan hasil kerja sama dengan Lotte sejak bulan Mei lalu sebagai program Ramadan 1440 H/2019 bertajuk 'Berbagi kasih bersama Lotte Choco Pie'," ujar Fundrising Corporate Partnership Dompet Dhuafa, Sukma, melalui keterangan tertulis diterima Dream.

 Bingkisan Dompet Dhuafa

Sebanyak 70 paket didistribusikan di dua titik berbeda. Satu titik berada di Kampung Anyar dengan 37 paket, sedangkan titik lainnya di Kampung Hegarmanah dengan 33 paket.

Antusiasme warga begitu tinggi dalam menyambut penyaluran donasi tersebut. Mereka menggelar zikir dan doa bersama sebelum pembagian school kits.

 Bingkisan Dompet Dhuafa

" Kami tidak menyangka desa kami mendapat perhatian di luar sana," kata Ketua Rukun Warga, Inan.

Inan mengakui desanya jarang tersentuh. Sedangkan Dompet Dhuafa datang langsung dan memberikan donasi.

" Semoga kebaikan berbalas untuk para donaturnya juga dan semua pihak yang terlibat," lanjut Inan.

2 dari 5 halaman

Ada `Flash Sale` Kambing Kurban Rp1 dari Dompet Dhuafa

Dream - Suasana suka cita Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah masih terasa. Tidak sedikit umat Islam kembali ke perantauan usai mudik di pekan kedua Syawal.

Meski masih dalam suasana lebaran, persiapan menyambut Zulhijjah sudah mulai dilakukan. Seperti halnya lembaga filantropi Dompet Dhuafa dengan meluncurkan tagline #JanganTakutBerkurban.

 Dompet Dhuafa

Lewat tagline ini, Dompet Dhuafa membuat program yang memudahkan berkurban. Cukup dengan Rp1, masyarakat sudah bisa berkurban.

" Itu strategi kami memberikan penyaluran untuk memberikan korban untuk orang lain," ujar CEO Bawaberkah.org, Dera Perdhana Sophian di Jakarta, Kamis 20 Juni 2019.

3 dari 5 halaman

Kambing Rp1 Cuma Ada di Bawaberkah.org

Dera menuturkan kambing kurban dengan harga Rp1 hanya tersedia di bawaberkah.org yang merupakan platform digital Dompet Dhuafa. Platform ini juga merupakan mitra Bukalapak dan DANA.

Dompet Dhuafa mulai menjual hewan kurban pada 25 Juni 2019 hingga 13 Agustus 2019. Selama periode, akan ada flash sale setiap minggunya yakni kambing kurban segara Rp1.

" Jadi pantengin saja di aplikasinya," ucap dia.

Dera menjelaskan program kambing Rp1 ini berawal dari ide saling berbagi hewan kurban.

Jadi keuntungan yang didapat Dompet Dhuafa dalam menjual hewan kurban, dikembalikan lagi dan dijual seharga Rp1.

Untuk itu, apabila ada pengguna yang berhasil mendapat flash sale kambing Rp1, maka wajib mencantumkan nama penerima hewan kurban tersebut. " Nanti akan ada hewan kurban ini dari siapa dan untuk siapa," kata dia.

 

4 dari 5 halaman

Hewan Kurban Harga Murah

Tak hanya itu, masyarakat juga bisa membeli hewan kurban dengan harga murah melalui platform digital tersebut.

" Kalau datang langsung ke gerai atau kantor itu harganya Rp1,9 juta, tapi kalau di digital Rp1,4 juta. Yang Rp1,9 juta itu kalau belinya sebelum tanggal 30 Juni bisa diskon Rp200 ribu," ujar dia.

 Dompet Dhuafa

Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa, Yuli Pujihardi, mengatakan hewan kurban yang terkumpul nantinya disalurkan ke seluruh wilayah di Indonesia.

" Saat ini yang paling banyak distribusinya di Jawa dan Bali," kata Yuli.

Untuk distribusi, Dompet Dhuafa tidak secara langsung mengirimkan hewan kurban dari Jakarta ke daerah. Tetapi, Dompet Dhuafa akan menyerahkan uang kepada panitia di suatu daerah untuk dibelikan hewan kurban di lokasi terdekatnya masing-masing.

" Tujuannya agar uang itu juga berputar di daerah," ujar dia.

5 dari 5 halaman

Permudah Masyarakat Beramal, Dompet Dhuafa Rambah Digital

Dream - Dompet Dhuafa mulai merambah dunia digital guna memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam beramal. Lewat anak usahanya, ddtekno, lembaga amil ini meluncurkan platfrom digital MUMU.

Direktur Utama ddtekno, Prima Hadi Putra, mengatakan keputusan Dompet Dhuafa masuk ke sektor digital bukan tanpa alasan. Selain mendapat amanah digitalisasi, Dompet Dhuafa ingin membangun integrasi guna memberikan manfaat kepada mustahik (penerima zakat).

" Mengentaskan kemiskinan bukanlah program yang mudah," kata Putra di Jakarta, Rabu 29 Mei 2019.

Komisaris Dompet Dhuafa, Iskandar, mengatakan platform digital ini bisa mengintegrasikan antara nazir, muzakki, dan mustahik. " Ini menjadi digital lifestyle," kata dia.

Dalam pengelolaan MUMU, ddtekno menggandeng platform LinkAja dan PT Asuransi Syariah Keluarga Indonesia (ASYKI) untuk menghadirkan digital lifestyle.

Direktur Utama PT Fintek Karya Nusantara (Finarya), Danu Wicaksana, mengatakan Indonesia merupakan negara yang masyarakatnya paling dermawan. Menurut dia, transaksi digital untuk amal terbilang besar dan kerja sama dengan MUMU bisa mendorong minat masyarakat untuk beramal.

" Kerja sama dengan MUMU bisa meningkatkan donasi," kata dia.

Kemudian, untuk kerja sama dengan Asyki, masyarakat bisa membeli asuransi mudik di platform MUMU. Pengguna bisa membeli asuransi mudik syariah seharga Rp9.500, dilengkapi fitur wakaf.

Putra mengatakan saat ini fitur pembelian asuransi syariah masih dikembangkan. Tetapi, masyarakat bisa membeli produk asuransi syariah melalui microsite ddtekno.

" Landing page proteksi.ddtekno.com atau lewat aplikasi LinkAja," kata dia.

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie