BNPB: Gunung Agung Sangat Misterius

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Selasa, 5 Desember 2017 16:00
BNPB: Gunung Agung Sangat Misterius
BNPB menemukan sejumlah ketidaklaziman di sekitar Gunung Agung.

Dream - Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan bahwa Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, sangat misterius.

" Gunung Agung ini gunung misterius. Jadi kalau kita melihat dari kegempaan satelit banyak sekali hal-hal yang tidak seperti lazim," kata Sutopo di Gedung BNPB, Jakarta, Selasa 5 November 2017.

Menurut Sutopo, terdapat ketidakwajaran di gunung dengan tinggi 3.031 meter tersebut. Di antaranya, penurunan seara tiba-tiba emisi gas SO2, sulfur dioksida, di sekitar Gunung Agung.

" Biasanya emisi gas SO2 turun perlahan sampai normal. Kalau ini (Gunung Agung) drastis," ucap dia.

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho© Dream/M Ilman Nafi`an

Untuk itu, saat ini BNPB masih memantau aktivitas Gunung Agung dan belum menurunkan stastus Awas atau Level 4. Tetapi, kata Sutopo, BNPB memastikan kondisi Pulau Dewata saat ini dalam keadaan aman untuk dikunjungi.

" Yang berbahaya itu radius delapan hingga sepuluh kilometer dari puncak kawah, yang lainnya aman. Memang kalau ada erupsi, penerbangan dibatalkan atau ditunda, itu adalah risiko dari erupsi Gunung Agung," ujar dia.

Beri Komentar