Geger Ibu di Tasikmalaya Hamil 1 Jam Sebelum Melahirkan, Ini Penjelasan Dokter

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 20 Juli 2020 15:07
Geger Ibu di Tasikmalaya Hamil 1 Jam Sebelum Melahirkan, Ini Penjelasan Dokter
Kasus ibu ini dalam dunia medis dikenal dengan Cryptic Pregnancy.

Dream - Heni Nuraeni, seorang ibu asal Kampung Mandalasari, Desa Mandalasari, Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, menjadi pusat pemberitaan sejumlah media. Ini lantaran Heni mengaku mengandung dan melahirkan anaknya hanya dalam waktu 1 jam.

Mengenai fenomena ini, dokter kebidanan dan penyakit kandungan di Rumah Sakit Singaparna, Asep Taslim, menilai bukan sebagai hal aneh. Menurut dia, kasus serupa bisa terjadi dalam skala 400 banding 1.

Dia mengatakan, kasus yang terjadi pada Heni dalam dunia kedokteran disebut degan Cryptic Pregnancy. Penderita merasa tidak sedang hamil, tetapi sebenarnya sedang mengandung.

" Bisa saja karena ketidaksiapan secara psikologis, si ibu tidak menyadari bahwa dirinya hamil. Di sini juga banyak kasus yang seperti itu, saat kontrol tahunya sudah usia kandungan 9 bulan dan siap melahirkan," ujar Asep, dikutip dari Ayobandung.

1 dari 5 halaman

Terkait gerakan kehamilan, Asep mengakui memang ada kemungkinan tidak terasa. Ini bisa terjadi akibat pengaruh beberapa faktor, seperti berat badan berlebih dari sang ibu.

" Kenapa tidak mual, muntah, atau bertambahnya bentuk perut, kemungkinan karena berat badan si ibunya berlebih jadi tidak terjadi gejala semacam orang hamil lainnya," kata Asep.

Heni memang mengaku sempat mengalami keluar darah dari organ intim. Wanita itu mengira memiliki haid yang normal.

 

2 dari 5 halaman

Asep pun menjelaskan kemungkinan apa yang dialami Heni bukanlah haid atau menstruasi. Sebab, kehamilan yang terjadi pada wanita tersebut tidak berjalan lancar.

Dia pun menduga Heni sempat mengalami pendarahan. Karena kondisi kehamilan setiap orang berbeda-beda.

" Selama hamil, menstruasi itu berhenti. Kalaupun ada darah, itu bukan darah menstruasi. Karena saat kehamilan, ada juga pendarahan dan itu tergantung dari usia kehamilannya," ucap Asep.

3 dari 5 halaman

Heboh Wanita di Tasikmalaya Melahirkan Usai Hamil Hanya 1 Jam

Dream - Sebuah kabar mengejutkan beredar di media sosial. Seorang ibu dikabarkan telah melahirkan bayi laki-laki setelah hamil hanya dalam waktu satu jam.

Kabar itu bermula dari unggahan akun Facebook Taufik Romdoni. " Subhanalloh Walhamdulillah Walaailaaha Illlalloh Walloohu Akbar," tulis Taufik di Facebook, Minggu 19 Juli 2020.

" Inilah tanda-tanda kebesaran Alloh SWT. Dimana Alloh telah menganugrahkan seorang bayi laki-laki kepada sepasang suami istri dengan proses kehamilan hanya satu jam tidak dalam waktu sembilan bulan," tambah dia.

" Bahkan melahirkannya pun dalam keadaan menstruasi. Semoga menjadi anak yang sholeh dan beriman. Aamiin Wallohu'alam."

4 dari 5 halaman

Dalam unggahan itu, Taufik juga menyertakan video yang memperlihatkan seorang perempuan yang sedang memangku bayi merah. Bayi tersebut tampak sehat.

Sementara, dalam video itu juga terdengar keriuhan yang menandakan kebahagiaan. Seorang lelaki terdenar terus melantunkan doa.

5 dari 5 halaman

Menurut laman HarapanRakyat.com, peristiwa ini terjadi di Desa Mandalasari, Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Proses persalinan yang tidak biasa tersebut terjadi pada Sabtu 18 Juli 2020 pukul 21.30 WIB.

Laman itu menyebut perempuan yang melahirkan itu bernama Heni Nuraeni. Perempuan 28 tahun itu mengaku perutnya mulai merasa aneh pukul delapan malam. Perut bagian kana mengeras, membesar, dan ada gerakan tak beraturan.

Perutnya mulas tak tertahankan selama satu jam sampai orangtuanya memanggil dukun beranak. Tepat pukul 21.30 WIB bayi lelaki itu lahir dengan bobot 3,4 kilogram dan panjang 48 sentimeter.

" Jadi awalnya di rumah terus kerasa ada yang aneh. Perut sebelah kanan mengeras ada yang gerak, saya dibawa ke rumah bapak. Tahunya mulas sejam kemudian dan panggil indung berang (dukun beranak) akhirnya melahirkan," tutur Heni.

Heni mengaku selama ini tak pernah merasa hami. Tanda-tanda kehamilan, seperti ngidam pun juga tidak pernah muncul. Selama sembilan bulan belakangan dia bahkan mengalami menstruasi secara teratur.

" Enggak tahu hamil, biasa haid teratur tiap bulan juga, malahan anak saya yang kedua lahirannya kan sesar pak," tambah Heni.

Heni dan sang suami, Heri (35) memang kaget dengan kelahiran bayi itu, namun mereka sangat bahagia. Bayi lelaki itu diberi nama Lingga Cipta Radeva. Keluarga Heni berharap anaknya menjadi pembawa keberkahan.

Beri Komentar