Karyawan Terpapar Kanker, Produsen Elektronik Ternama Minta Maaf

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 26 November 2018 09:00
Karyawan Terpapar Kanker, Produsen Elektronik Ternama Minta Maaf
Skandal besar ini terkuak pada 2007 lalu.

Dream - Perusahaan gadget terkemuka, Samsung Electronics, menyampaikan permohonan maaf secara terbuka. Hal ini terkait kasus meninggalnya karyawan bagian pembuatan chip akibat terpapar kanker.

Ayah karyawan 22 tahun yang meninggal itu akhirnya bisa duduk bersama dengan Co-President Samsung, Kim Ki-nam, pada Jumat pekan lalu. Keduanya menandatangani kesepakatan bersama penyelesaian resmi kasus tersebut.

" Kami dengan tulus memohon maaf kepada para pekerja yang menderita penyakit dan keluarga mereka. Kami gagal mengelola risiko kesehatan pada pabrik semikonduktor dan LCD," ujar Ki-nam, dikutip dari Asia One.

Kasus ini sempat terbengkalai dan Samsung sempat enggan bertanggung jawab. Karyawan yang mengidap kanker setelah bekerja di pabrik Samsung semakin banyak, namun tidak ada perhatian dari Samsung.

Kelompok pembela hak buruh mencatat sedikitnya 240 karyawan Samsung di pabrik produksi semikonduktor yang terpapar penyakit. Sebanyak 80 persen dari jumlah tersebut, kebanyakan adalah wanita, meninggal dunia.

Setelah bertahun-tahun, Samsung akhirnya bersedia memberikan kompensasi kepada karyawan. Jumlah mencapai 150 juta won, setara Rp1,9 miliar, untuk masing-masing kasus.

Kompensasi tersebut mencakup 16 jenis kanker, beberapa penyakit langka, keguguran, serta penyakit bawaan yang diderita anak-anak dari para karyawan. Kompensasi diberikan kepada karyawan yang bekerja mulai 1984.

Skandal ini mulai terkuak pada 2007. Saat itu, mantan pekerja bagian semikonduktor di pabrik Suwon, meninggal akibat terpapar kanker komplikasi.

Kasus ini sempat masuk pengadilan dan Samsung sudah dinyatakan bersalah. Tetapi, baru pada Jumat pekan lalu Samsung menjalankan putusan pengadilan tersebut.

Perwakilan pekerja dan keluarga, Hwang Sang-ki, yang menandatangani kesepakatan tersebut, mengaku senang Samsung memenuhi janji kepada putrinya yang meninggal akibat leukimia. Tetapi, dia mengaku sebenarnya permintaan maaf Samsung sulit diterima.

" Permintaan maaf secara jujur tidak cukup bagi keluarga korban, tetapi kami berusaha menerimanya," kata Sang-ki.

Beri Komentar
Persija Juara, Jakmania Berpesta di Bundaran HI