Kemenag Akan Fokus Bangun Madrasah dan Pondok Pesantren

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 18 Oktober 2018 11:00
Kemenag Akan Fokus Bangun Madrasah dan Pondok Pesantren
Lukman menyebut, agama punya urgensi yang tinggi.

Dream - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, akan fokus membangun madrasah dan pondok pesantren (ponpes). Fokus itu akan dilakukan di akhir 2018.

" Pemerintah saat ini memprioritaskan pembangunan PT (Perguruan Tinggi). Akhir tahun ini kita akan beralih ke madrasah dan ponpes," kata Lukman, Rabu 17 Oktober 2018.

Prioritas itu akan berkesinambungan dengan pembangunan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Saat ini terdapat, 59 lembaga, 7 STAIN, 34 Institut, dan 17 UIN. Sebab, Lukman mengatakan, banyaknya madrasah dan pesantren belum sebanding dengan sarana Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

" Dalam 5 tahun usia pemerintahan sekarang menjadi program prioritas adalah pengembangan PTKIN," ujar dia.

Lukman ingin lulusan madrasah dan pondok pesantren dapat melanjutkan PTKI. " Kita memfasilitasi lulusan madrasah, ponpes bisa melanjutkan ke PTKI," ucap dia.

Bagi Lukman, tumbuhnya PTKI dengan kualitas yang baik di Indonesia sangat diperlukan. Sebab, saat ini dunia mulai menunggu kontribusi Islam Indonesia terhadap peradaban bersama.

" Dengan perkembangan zaman yang ada, kompetisi hidup semakin tajam, agama memiliki tingkat urgensi dan relevansi yang semakin tinggi. Karenanya, dunia melihat bangsa Indonesia yang mayoritas muslim dapat memberi kontribusi dalam pembangunan dunia," kata dia.

 

 

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary