Siap-siap! Seleksi Siswa MAN Insan Cendekia Sudah Dibuka

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 5 Februari 2018 08:01
Siap-siap! Seleksi Siswa MAN Insan Cendekia Sudah Dibuka
MAN IC dan MAN PK merupakan inovasi Kemenag untuk mendidik siswa dalam bidang agama dan pengetahuan umum.

Dream - Kementerian Agama membuka Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) dan Mandrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK) 2018. Pendaftaran dibuka mulai 1 hingga 28 Februari 2018 untuk 22 MAN IC dan 10 MAN PK.

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A. Umar mengatakan pendaftaran MAN IC dan MAN PK dibuka secara online. Ini bertujuan agar jangkauan wilayah jadi lebih luas.

“ Bisa diakses oleh siapa saja. Pendaftaran MAN IC dan MAN PK mengikuti prinsip transparansi, akuntabel dan objektif,” papar A Umar dikutip dari kemenag.go.id.

Sementara itu, Kasubdit Kesiswaan Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Abdullah Faqih menargetkan sekitar 17 ribu pendaftar ikut serta pada SNPDB 2018. “ 15 ribu MAN IC dan 2.000 MAN PK,” terang Faqih.

Faqih mengatakan tahun ini MAN IC akan menerima sebanyak 2.084 peserta didik. Sedangkan untuk MAN PK, tahun ini merupakan kali kedua dibuka SNPDB dan akan menerima sebanyak 432 peserta didik.

Total pendaftar MANPK tahun lalu mencapai 1.254 peserta didik. Tetapi, dalam proses verifikasi berkas hanya terpilih sebanyak 1.114 siswa (540 putra dan 574 putri).

“ Sosialisasi sudah dilakukan sejak lama kepada madrasah dan sekolah di seluruh provinsi Indonesia. Saya optimis target ini akan tercapai,” ucap dia.

MAN IC dan MAN PK merupakan model madrasah unggulan di Indonesia. MAN IC bertujuan mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam pengetahuan Islam serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sedangkan MAN PK adalah madrasah yang memiliki peminatan keagamaan yang berbasis asrama. Tertarik mendaftar di MAN IC dan MAN PK, silakan cek tautan dan video berikut ini.

 

Beri Komentar