World Bank Bantu Kemenag Didik Guru Madrasah

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 18 Januari 2018 10:00
World Bank Bantu Kemenag Didik Guru Madrasah
Hasil penelitian mnunjukkan 32 persen keberhasilan siswa dalam belajar yaitu kualitas guru.

Dream - Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kementerian Agama, Suyitno, menyambut baik langkah World Bank yang menjajaki kerja sama untuk meningkatkan kualitas guru madrasah.

" Kolaborasi ini penting, mengingat Direktorat GTK Madrasah selama ini masih fokus pada pemenuhan hak guru, seperti tunjangan," kata Suyitno di Jakarta.

Menurut Suyitno, kerja sama ini dalam bentuk kolaborasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) dengan program pelatihan guru dari World Bank. Dia mengakui, Direktorat GTK Madrasah masih belum dapat memaksimalkan mutu guru dan tenaga pendidik.

" Wajar jika belum memberikan dampak yang signifikan pada peningkatan mutu guru madrasah," akunya.

Perwakilan World Bank, Susiana Bhandar, dalam pertemuan dengan Direktorat GTK Madrasah memaparkan hasil riset mereka, yang menyebut 32 persen hasil belajar siswa dipengaruhi guru.

" Bahkan dalam skala sekolah, faktor guru itu sampai 81 persen, baru selebihnya sarana prasarana dan lain-lain," ujar Susiana.

Dia menambahkan, kerja sama yang akan dijalin World Bank dan Direktorat GTK Madrasah fokus pada memaksimalkan Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG/MGMP).

Beri Komentar