Ulah Konyol, Tanya Suhu Memanggang Ayam ke Nomor Darurat

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 4 November 2015 18:25
Ulah Konyol, Tanya Suhu Memanggang Ayam ke Nomor Darurat
999 merupakan nomor khusus bantuan darurat kepolisian Cumbria. Tetapi, sering disalahgunakan untuk sekadar bertanya hal remeh sepertu suhu memanggang ayam.

Dream - Kepolisian Cumbria, kota kecil di barat laut Inggris, bekerja membuat kampanye agar masyarakat memanfaatkan nomor telepon darurat hanya untuk kebutuhan mendesak. Kampanye ini dilakukan lantaran pihak kepolisian kerap menerima telepon yang hanya berisi pertanyaan sepele seperti berapa lama waktu yang dibutuhkan memanggang ayam.

Kepala Kepolisia Cumbria Inspektur Steve Johnson berharap kampanye ini dapat membuat orang berpikir sebelum mengangkat telepon dan menekan nomor darurat 999.

" Kami mendapat banyak telepon dari orang-orang untuk bertanya berapa nomor perusahaan taksi atau untuk bertanya mengenai arah, bahkan ada yang bertanya berapa suhu oven yang diperlukan untuk memanggang ayam," ujar Steve.

" Ini mungkin terdengar lucu, tapi bisa menghambat kami merespon orang yang sedang dalam keadaan terdesak dan butuh tanggapan cepat," lanjut dia.

Dalam kampanye tersebut kepolisian juga mendorong agar masyarakat membuka situs mereka. Mereka juga berharap permintaan bantuan yang tidak mendesak dapat berkurang dan polisi dapat fokus untuk mencegah tindak kejahatan.

" Kami selalu mendorong orang untuk menelepon 999 pada saat keadaan mendesak, tapi kami ingin memastikan mereka menyadari ada cara lain untuk menghubungi polisi ketika tanggapan cepat tidak diperlukan," ungkap Steve.

Sumber: mirror.co.uk

Beri Komentar