Menteri Agama Fachrul Razi Positif Covid-19

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 21 September 2020 09:43
Menteri Agama Fachrul Razi Positif Covid-19
Fachrul melaksanakan tes swab pada 17 September.

Dream - Menteri Agama Fachrul Razi dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Tetapi, kondisi Fachrul saat ini baik dan fit.

" Pada 17 September, Menag melakukan tes swab dan hasilnya positif. Namun, Alhamdulillah, kondisi fisik beliau hingga saat ini terpantau baik, tidak ada gejala-gejala mengkhawatirkan," ujar Staf Khusus Menteri Agama, Kevin Haikal, melalui keterangan tertulis.

Kevin mengatakan saat ini Fachrul menjalani isolasi. Ini sebagai wujud komitmen Fachrul menaati protokol kesehatan dan memutus penyebaran Covid-19.

" Kami mohon doa dari masyarakat, semoga prosesnya berjalan lancar serta Menag lekas sembuh, semoga hasil swab berikutnya negatif sehingga Menag dapat menjalankan tugas kembali," kata Kevin.

 

1 dari 4 halaman

Fokus ke Isolasi

Juru bicara Kemenag, Oman Fathurahman, menyatakan sementara ini Fachrul fokus menjalani isolasi dan pemulihan kesehatan. Terkait tugas, Fachrul telah berkooordinasi dan mendelegasikannya kepada Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi, dan sejumlah pejabat terkait.

" Pelaksanaan program Kemenag, utamanya dalam ikut mencegah penyebaran Covid-19 di lembaga pendidikan agama dan keagamaan serta lembaga keagamaan menjadi perhatian Menag. Beliau minta agar itu berjalan dengan baik. Bantuan yang disalurkan juga agar tepat sasaran dan akuntabel," kata Oman.

Selain itu, kata Oman, Fachrul juga meminta program dan layanan keagamaan tetap berjalan. Sementara koordinasi tetap berjalan melalui sistem dalam jaringan (daring/online).

Lebih lanjut, Oman mengatakan Fachrul juga mengimbau masyarakat mematuhi anjuran Pemerintah dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

" Siapapun bisa terkena Covid-19 ini, tidak ada kecuali, mari kita saling berempati, saling menguatkan, dan berikhtiar dengan mematuhi protokol kesehatan. Semoga pandemi ini bisa segera teratasi," kata Oman.

2 dari 4 halaman

Menteri KKP Edhy Prabowo Dikabarkan Positif Corona

Menteri KKP Edhy Prabowo Dikabarkan Positif Corona© Dream

Dream - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dikabarkan terinfeksi Covid-19. Kabar ini disampaikan Wakil Ketua Komisi IV DPR-RI, Daniel Johan.

Menurut informasi, Daniel mendapat kabar tersebut dari staf KKP sekitar tanggal 3 September 2020 lalu.

" Iya (positif Covid-19). Saya mendapat kabar dari staf KKP. Dan informasi yang saya dapat kondisinya sehat. Saya dapat infonya 3 September, tapi tanggal pastinya harus tanya langsung," kata Daniel kepada Liputan6.com, Selasa 8 September 2020.

Politisi PKB ini langsung mencoba mengontak langsung Edhy melalui Whatssapp. Namun pesan yang dikirimkan tak langsung menyinggung soal kabar orang nomor satu di kementerian KKP itu tertular Covid-19.

" Saya langsung WA Bang Edhy, tapi tidak secara langsung menanyakan hal itu, hanya mendoakan agar selalu sehat dan lancar," jelas Daniel.

Daniel pun bercerita bahwa pesan tersebut langsung dibalas oleh Edhy. Dia tak menjelaskan Edhy positif Covid-19. Hanya mengucapkan terima kasih saja.

" Dijawab amin, terima kasih Pak Ketua," tukas Daniel.

(Sah, Sumber: Liputan6.com)

3 dari 4 halaman

Rektor IPB Arif Satria Positif Terinfeksi Covid-19

    Rektor IPB Arif Satria Positif Terinfeksi Covid-19© Dream

    Dream - Rektor IPB University, Prof DR Arif Satria menyampaikan hasil tes usap (swab test) yang dijalaninya menunjukan hasil positif. Arif memastikan kondisinya tetap baik sehingga masih bisa menjalankan aktivitas sebagai rektor melalui koordinasi virtual.

    Dengan keluarnya hasil test usap tersebut, Arif menyampaikan akan mulai melaksanakan isolasi mandiri sampai dinyatakan sembuhh.

    " Alhamdulillah pada saat ini saya merasa dalam kondisi fisik yang baik untuk tetap dapat beraktivitas dan melaksanakan tangungjawab saya selaku Rektor melalui koordinasi secara virtual," ujar Arif dalam surat pemberitahuannya kepada civitas IPB yang diterima Dream, Sabtu, 19 September 2020.

    Arif mengaku telah menjalani tes swab atas inisiatif sendiri pada tanggal 18 September 2020. Tindakan medis itu dilakukan di tengah berbagai aktivitasnya yang padat.

    Dari hasil pemeriksaan, hasil tes usap menyatakan Rektor IPB tersebut positif Covid-19.

    Selama ini, papar Arif, Rekrotat IPB telah memberlakukan pembatasan masuk kampus IPB sebagai ikhtiar mengikuti himbauan Gubernur Jawa Barat, Walikota dan Bupati Bogor.

    Akses Masuk Kampus Dibatasi

    Mempertimbangkan masih adanya pandemik Covid-19, Arif memutuskan untuk memperpanjang dan memperketat Masa Pembatasan Masuk Kampus 14 hari ke depan terhitung mulai hari ini, Sabtu 19 September 2020.

    Dalam keterangannya, Arif juga menyampaikan harapan agar seluruh civitas akademika dan tenaga kependidikan IPB dalam keadaan sehat walafiat. Tak lupa Arif juga mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada civitas yang telah berupaya menjaga kesehatan pribadi maupun keluarga dan kondusivitas kampus IPB dengan menjalankan dan mematuhi protokol kesehatan.

    " Saya mengerti dan memahami bahwa hal ini sangat berat bagi kita semua, dan untuk itu saya mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," tulis Arif.

     

     

     
    4 dari 4 halaman

    Ketua KPU Pusat Arief Budiman Positif Covid-19

    Ketua KPU Pusat Arief Budiman Positif Covid-19© Dream

    Dream - Ketua Komisi Pemilihan Umum Pusat, Arief Budiman, positif tertular Covid-19. Saat ini, Arief menjalani karantina mandiri.

    Arief mengatakan pada 16 September melakukan tes cepat (rapid test) dengan hasil non-reaktif. Keesokan harinya, dia melakukan tes usap (swab test).

    " Pada 17 September malam hari, melakukan tes swab untuk digunakan sebagai syarat menghadiri rapat di Istana Bogor pada 18 September, dengan hasil positif," ujar Arief, dikutip dari Liputan6.com.

    Alhasil, Arief tidak dapat mengikuti rapat tersebut. Kehadirannya diwakilkan kepada komisioner KPU lainnya.

    Karantina Mandiri

    " Tanggal 18 dini hari sudah mulai melakukan karantina mandiri karena tidak terdapat gejala batuk, panas, pilek ataupun sesak napas," kata dia.

    Di tanggal 18 pagi hari, seluruh orang di rumah dinas KPU menjalani swab test. " Termasuk saya melakukan tes ulang," ucap dia.

    Lebih lanjut, Arief memohon doa kesembuhan dari semua pihak. " Semoga kesehatan dan keselamatan selalu tercurahkan untuk bangsa Indonesia," ucap Arief.

    Sumber: Liputan6.com/Delvira Hutabarat

    Beri Komentar