Mbah Maimoen Zubair Wafat di Mekah, Ini Niat dan Tata Cara Sholat Ghoib

Reporter : Sugiono
Rabu, 7 Agustus 2019 16:01
Mbah Maimoen Zubair Wafat di Mekah, Ini Niat dan Tata Cara Sholat Ghoib
Niat dan tata cara sholat ghoib laki-laki sesuai sunnah, lengkap dengan bacaan doanya. Untuk mendoakan Mbah Moen atau Mbah Maimun Zubair yang meninggal di Arab Saudi di usia 90 tahun.

Dream - Indonesia baru saja kehilangan salah satu ulama besarnya yaitu Mbah Maimun Zubair atau yang lebih dikenal sebagai Mbah Moen.

Sebagai ulama besar, kata kata Mbah Maimun Zubair sangat menyejukkan dan selalu didengar oleh para tokoh bangsa Indonesia lainnya.

Mbah Moen adalah sosok yang gigih dalam memperjuangkan nilai-nilai Islam dan Indonesia. Mbah Moen selalu menegaskan kalau kemerdekaan Indonesia adalah anugerah yang diberikan Allah SWT.

Karena keulamaan dan kearifan Mbah Maimun Zubair itulah yang membuat beliau sangat dihormati dan disegani.

Sayangnya, Mbah Maimun Zubair meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji di Mekah, Arab Saudi, tanggal 6 Agustus 2019, sekitar pukul 04.17 waktu Arab Saudi.

Mbah Maimun Zubair meninggal dunia di usia 90 tahun. Pria kelahiran Rembang, Jawa Tengah, 28 Oktober 1928 itu adalah pengasuh pondok pesantren Al Anwar, Rembang.

Ungkapan duka cita mengalir begitu kabar Mbah Maimun Zubair meninggal tersebar. Termasuk dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

" Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyampaikan Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Berduka yang sangat mendalam," ujar Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini, Selasa 6 Agustus 2019.

Selain mendoakan, Helmy juga mengajak umat Islam Indonesia untuk melaksanakan sholat ghoib dan membacakan surat Al-Fatihah untuk Mbah Moen.

 Pesan Mbah Moen Jelang Ramadan

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, juga berpesan agar umat Islam di Tanah Air menjalankan sholat ghoib untuk mendoakan Mbah Moen yang meninggal di RS An Nur, Mekah.

Bagi Sahabat Dream yang ingin mendoakan Mbah Maimun Zubair, sebaiknya mengenal niat dan tata cara sholat ghoib bagi yang belum mengetahuinya.

Sholat ghoib ini sebenarnya tidak berbeda jauh dari sholat jenazah. Baik dari segi gerakan atau bacaannya, kecuali untuk niat dan tata cara sholat ghoib.

Sholat jenazah adalah sholat yang dilakukan dengan jenazah berada di depan orang yang sedang menjalankan sholat.

Sementara dalam tata cara sholat ghoib, jenazah tidak berada di depan orang yang sedang sholat jenazah.

Jadi, dalam tata cara sholat ghoib, dilakukan jika ada saudara, kerabat, atau teman yang meninggal dunia di tempat yang jauh. Sehingga kita tidak mampu untuk datang dan mensholatkannya secara langsung.

Karena itu, kita bisa menjalankan tata cara sholat ghoib di tempat kita tinggal tanpa perlu pergi ke rumah orang yang meninggal dunia.

Mbah Maimun Zubair Meninggal di Arab Saudi, Ini Niat dan Tata Cara Sholat Ghoib

Karena gerakan atau bacaannya sama dengan sholat jenazah, maka perlu juga tahu tentang tata cara sholat jenazah.

Namun, dalam tata cara sholat ghoib jenazah tidak berada di depan orang yang mensholatkan. Sehingga ada beberapa hal dalam sholat jenazah yang tidak dilakukan dalam tata cara sholat ghoib.

Syarat-syarat Sholat Ghoib

Setiap Muslim sebaiknya melakukan sholat ghoib untuk saudara Muslim lainnya. Namun ada rukun yang harus dipenuhi agar tata cara sholat ghoib sesuai dengan sunnah.

Berikut ini adalah syarat rukun dalam tata cara sholat ghoib sesuai sunnah:

  • Harus menutup aurat, suci dari najis atau hadas besar dan kecil, suci badan maupun pakaian, dan tempatnya harus menghadap kiblat.
  • Sebelum masuk kepada niat dan tata cara sholat ghoib sesuai sunnah, kita harus memahami beberapa hal.
  • Ada perbedaan saat melakukan sholat ghoib perempuan dan laki-laki. Perbedaan tata cara sholat ghoib laki-laki dan perempuan terletak pada bacaan niat dan doanya.

1 dari 5 halaman

Niat dan Tata Cara Sholat Ghoib Laki-laki

Untuk mendoakan Mbah Moen yang meninggal di Arab Saudi, maka inilah niat dan tata cara sholat ghoib laki-laki.

 Salat Tahajjud

1. Membaca niat, yaitu sengaja melakukan sholat atas jenazah dengan empat takbir, menghadap kiblat karena Allah. Niat sholat ghaib jenazah laki-laki (ma'muuman jika jadi makmum, imaaman jika jadi imam)

USHOLLI 'ALAA HADZAL MAYYITI ARBA'A TAKHBIRATIN FARDHAL KIFAYAATI MA'MUUMAN/IMAAMAN LILLAHI TA'ALAA

Artinya : Saya niat sholat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah karena menjadi makmum/imam karena Allah Ta'ala.

2. Takbir pertama, sambil mengucapkan Allahu Akbar. Kemudian membaca surat Al-Fatihah (tidak membaca surat yang lain).

2 dari 5 halaman

Takbir Kedua, Membaca Shalawat

3. Takbir kedua, dilanjutkan membaca shalawat kepada Rasulullah SAW. Bacaan shalawat itu versi lengkapnya adalah:

 Mbah Moen Meninggal, NU Ajak Umat Islam Salat Gaib dan Kirim Al Fatihah

ALLAHUMMA SALLI 'ALA MUHAMMADIN WA'ALA ALI MUHAMMAD, KAMA SALLAYTA 'ALA IBRAHIMA WA'ALI IBRAHIM, INNAKA HAMIDUN MAJID, WABARIK 'ALA MUHAMMADIN WA'ALA ALI MUHAMMAD, KAMA BARAKTA 'ALA IBRAHIMA WA'ALI IBRAHIM, INNAKA HAMIDUN MAJID

" Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi shalawat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha terpuji lagi Maha Mulia. Dan berilah berkat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau memberi berkat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha terpuji lagi Maha Mulia."

3 dari 5 halaman

Takbir Ketiga, Membaca Doa Untuk Jenazah

4. Takbir ketiga, dilanjutkan dengan membaca doa untuk jenazah. Bacaan doa untuk sholat ghoib laki-laki adalah sebagai berikut:

ALLAAHUMMAGHFIR LA-HU WARHAM-HU WA'AFI-HI WA'FU 'AN-HU, WA AKRIM NUZUULA-HU, WAWASSI' MADKHOLA-HU, WAGHSIL-HU BIL MAA-I WATS TSALJI WAL-BARADI, WANAQQI-HI MINAL KHATHAYAAYAA KAMAA YUNAQQATS TSAUBUL ABYAD-HU MINAL DANASI, WA ABDIL-HU DAARAN KHAIRAN MIN DAARI-HI, WA AHLAN KHAIRAN MIN AHLI-HI, WA ZAUJAN KHAIRAN MIN ZAU-JI-HI, WAQI-HI FITNATAL QABRI WA'ADZABAN NAARI.

Artinya:

" Ya Allah! Ampunilah dia (mayat) berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri yang lebih baik daripada istrinya (di dunia), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka."

4 dari 5 halaman

Takbir Keempat, Membaca Doa

5. Takbir keempat, kemudian membaca doa berikut:

ALLAHUMMA LAA TAHRIMNAA AJRO-HU WALAA TAFTINAA BA'DA-HU WAGFIR LANAA WA LA-HU WA LI IKHWANINA LADZINA SABAQUUNA BIL IMAANI WA LA TAJ'AL FI QULUUBINA GILLAL LILLADZINA AMANUU ROBBANA INNAKA ROUUFUR ROHIIM.

Artinya:

" Ya Allah, janganlah Engkau haramkan Kami dari pahalanya, dan janganlah Engkau beri fitnah pada kami setelah kematiannya serta ampunilah kami dan dia, dan juga bagi saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian terhadap orang-orang yang beriman (berada) dalam hati kami. Wahai Rabb kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang."

5 dari 5 halaman

Mengucapkan Salam

6. Tata cara sholat ghoib laki-laki selesai dengan memalingkan muka ke kanan dan ke kiri sambil mengucapkan salam:

ASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKAATUH

Artinya:

" Keselamatan dan Rahmat Allah Semoga tetap kepada kamu sekalian."

Demikianlah niat dan tata cara sholat ghoib laki-laki sesuai sunnah, lengkap dengan bacaan doanya. Untuk mendoakan Mbah Maimun Zubair yang meninggal di Arab Saudi di usia 90 tahun.

Dirangkum dari berbagai sumber.

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen