Pengertian Wawasan Nusantara, Hakikat, Kedudukan, Fungsi dan Tujuan

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 29 Mei 2020 06:33
Pengertian Wawasan Nusantara, Hakikat, Kedudukan, Fungsi dan Tujuan
Pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang terhadap bangsa Indonesia dengan orientasi menjaga kesatuan dan persatuan untuk mencapai tujuan nasional.

Dream – Sebagai warga Indonesia yang mencintai bangsanya, sudah selayaknya kita memahami negara sendiri dari berbagai aspek. Negara Indonesia atau yang kita sebut sebagai nusantara memiliki cara pandang untuk menjaga kesatuan dan persatuan.

Melansir dari Sosiologis, pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang terhadap bangsa Indonesia dengan orientasi menjaga kesatuan dan persatuan untuk mencapai tujuan nasional. Pengertian ini tidak mutlak ya, Sahabat Dream, mengingat banyak para ahli yang juga andil dalam mendefinisikan pengertian wawasan nusantara.

Sebenarnya istilah wawasan nusantara ini mengandung arti cara pandang dan pengetahuan. Nusantara mengandung arti nama lain dari Indonesia. Sedangkan wawasan berarti wawas atau melihat, sementara nusantara berarti deretan pulau-pulau atau kepulauan.

Kali ini, Dream bakalan mengulas tentang pengertian wawasan nusantara, hakikat, kedudukan, fungsi dan tujuannya. Kita akan mengulas secara ringkas dan jelas dengan maksud supaya Sahabat Dream bisa memahaminya dengan mudah. Mari simak ulasannya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

Pengertian Wawasan Nusantara Sebagai Cara Pandang dan Sikap

Ilustrasi© sosiologis.com

Pengertian wawasan nusantara tak hanya satu, akan tetapi terdapat beberapa variasi. Pengertian menurut dokumen ketetapan MPR tahun 1999:

“ Pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.”

Sementara itu, pengertian wawasan nusantara menurut Garis Besar Haluan Negara (GBHN) tahun 1998 adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pemikir Kebangsaan, W. Usman, mendefinisikan pengertian wawasan nusantara sebagai cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.

Sahabat Dream dapat mengambil beberapa kata kunci dari definisi di atas, yaitu: cara pandang, keberagaman, kesatuan, dan tujuan nasional. Kita bisa memahami pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang tentang Indonesia yang beragam dengan orientasi mempertahankan kesatuan untuk tujuan nasional.

Indonesia memiliki keberagaman dari banyak aspek kehidupan. Keberagaman itulah yang menjadi pemersatu bangsa. Dari Sabang hingga Merauke yang beragam disatukan dengan Pancasila untuk mencapai tujuan nasional.

2 dari 6 halaman

Hakikat Wawasan Nusantara: Pemersatu Keberagaman Indonesia

Hakikat masyarakat Indonesia adalah sebagai tulang punggung keberagaman sekaligus kesatuan bangsa. Masyarakat Indonesia harus memiliki pengetahuan tentang bangsanya sendiri secara mumpuni. Serta mampu memandang kesatuan dan keberagaman bangsa sebagai substansi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Masyarakat punya hak untuk menjadi aparatur negara yang berwenang menyelenggarakan pemerintahan Indonesia. Cara berpikir, sikap, dan tindakan yang dilakukan sudah semestinya berorientasi pada kepentingan bangsa dan negara. Kepentingan bangsa dan negara Indonesia adalah keutuhan dan kesatuan NKRI.

3 dari 6 halaman

Asas Wawasan Nusantara

Ilustrasi© wikipedia.org

Selain membahas pengertian wawasan nusantara, kita juga akan membahas asas wawasan nusantara. Asas merupakan kaidah dasar yang disepakati, dipatuhi, dipelihara demi terciptanya tujuan bersama. Jika asas wawasan nusantara tersebut diabaikan, maka tujuan kehidupan berbangsa bisa jadi terabaikan juga.

Di sini, kita akan mengulas tentang asas wawasan nusantara, mari simak berikut ini ya, Sahabat Dream:

Kepentingan yang sama: satu visi, satu orientasi. Asas ini akan memberikan pemahaman kepada kita, bahwa kepentingan rakyat Indonesia harus disepakati bersama dan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Keadilan: distribusi hasil kerja keras yang proporsional. Artinya, distribusi dan redistribusi kekayaan negara yang dibagikan harus dijalankan secara seadil-adilnya demi kemakmuran rakyat.

Kejujuran: artinya kesesuaian antara kata-kata dan tindakan. Rakyat kecil tidak menipu rakyat kecil lainnya, begitupun pemerintah tidak menipu rakyatnya.

Solidaritas: artinya bersimpati dan berempati dalam rangka menjaga kesatuan dan persauan nasional. Wujud solidaritas dalam level yang tinggi dapat diwujudkan dengan cara rela berkorban demi membela tanah air.

Kerjasama: asas ini mengandung arti bekerja bersama secara strategis demi mencapai tujuan nasional. Kerjasama melibatkan semua golongan, meleburkan kelompok minoritas dan mayoritas. Yang mayoritas tidak boleh menindas, harus menyayangi yang minoritas.

Kesetiaan: asas wawasan nusantara ini mengandung arti loyalitas pada kesepakatan nasional yang dibuat sejak bangsa Indonesia berdiri. Kesetiaan ini juga bisa kita artikan sebagai loyalitas masyarakat terhadap nilai dan ideologi negara sebagai dasar negara yaitu Pancasila.

4 dari 6 halaman

Kedudukan Wawasan Nusantara

Artikel ini juga akan menyentil tentang kedudukan wawasan nusantara sebagai wawasan nasional yang memiliki kedudukan yang dalam di hati masyarakat Indonesia.

Kedudukan wawasan nusantara semestinya berada pada landasan dasar yang menopang visi nasional. Sehingga seharusnya tidak ada masyrakat dan pemerintah yang keblinger dalam menjalankan roda pemerintahan negara.

5 dari 6 halaman

Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara

Ilustrasi© sosiologis.com

Dalam pengertian wawasan nuantara juga mengandung fungsi dan tujuan. Wawasan nusantara memiliki fungsi sebagai sumber motivasi, panduan, dan inspirasi segala sikap dan tindakan yang dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat. Terutama masyarakat dan pemerintah untuk selalu menjaga dan memelihara keberagaman dan kesatuan demi terciptanya tujan nasional.

Selain itu, pengertian wawasan nusantara juga mengandung tujuan yang mulia. Tujuan wawasan nusantara adalah menumbuhkan jiwa-jiwa manusia Indonesia yang cinta tanah air, berjiwa nasionalis dan patriotic.

Jiwa nasionalisme dapat diwujudkan dengan selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan individu dan golongan. Nasionalisme yang dimaksud bukan hanya sekedar hasil indoktrinasi yang kosong dari nilai, akan tetapi nasionalisme yang berisi pengetahuan nasional yang kuat untuk bertindak membela tanah air.

6 dari 6 halaman

Konsep Trigatra dan Pancagatra

Dalam artikel ini Dream akan membahas dua konsep dasar tentang pemahaman wawasan nusantara, yaitu konsep trigatra dan pancagatra. Mari kisa bedah satu per satu.

Konsep Trigatra

Dalam konsep trigatra terdapat tiga pemahaman wawasan nusantara yaitu geografis, demografis, dan strategis. Geografis merupakan pengetahuan tentang lokasi letak Indonesia yang ada di antara dua benua dan dua samudera. Selain itu juga meliputi pemahaman wilayah Indonesia yang  merupakan negara kepulauan.

Sementara itu, demografis adalah pengetahuan tentang jumlah, komposisi, dan distribusi penduduk Indonesia yang tersebar di seantero negara bahkan dunia melalui komunitas diaspora. Sedangkan strategis, yaitu sebuah pengetahuan wawasan nusantara tentang kekayaan sumber daya alam yang terbentang secara vertical dan horizontal, dari atmosfer sampai dasar lautan, dari Sabang hingga Merauke.

Konsep Pancagatra

Dalam konsep ini terdapat lima konsep pemahaman yang perlu dimengerti dalam memahami wawasan nusantara. Yaitu Ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan.

Ideologi adalah pengetahuan yang mendalam tentang ideologi negara Pancasila, mencakup semua nilai, butir, makna, dan implementasinya. Politik, yaitu pengetahuan tentang relasi kekuasaan dan kebijakan public yang dibuat oleh orang-orang yang memiliki pemangku kebijakan.

Ekonomi merupakan pengetahuan tentang pengelolaan segala sumber daya sebagai komoditas yang dapat dinikmati seadil-adilnya untuk kemakmuran rakyat. Sementara itu, sosial budaya yaitu pengetahuan keragaman budaya serta nilainya yang membentuk kesatuan bangsa.

Yang terakhir adalah pertahanan dan keamanan, yaitu pengetahuan tentang pentingnya menjaga keutuhan bangsa Indonesia dari ancaman dalam maupun luar, baik dari bangsa asing maupun bangsanya sendiri.

Konsep keduanya tidak dapat berdiri sendiri, tetapi saling berkaitan. Semoga pengertian wawasan nusantara ini bisa membantu Sahabat Dream untuk memahami negara Indonesia yang kuta diami ini. Karena memiliki wawasan nusantara artinya memiliki pandangan dan pengetahuan yang menyeluruh tentang Indonesia secara keseluruhan.

 

Beri Komentar