Update Corona 28 Mei 2020: 24.538 Kasus Positif, 8 Provinsi Nihil Pasien Baru

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 28 Mei 2020 16:45
Update Corona 28 Mei 2020: 24.538 Kasus Positif, 8 Provinsi Nihil Pasien Baru
Tetapi, tren kenaikan tertinggi terjadi di Kalimantan Selatan.

Dream - Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengungkapkan terdapat sejumlah daerah yang kembali mencatatkan penambahan kasus baru infeksi virus corona. Secara nasional, kasus positif terkonfirmasi hingga Kamis, 28 Mei 2020 pukul 12.00 WIB menjadi 24.538 orang.

" Kita dapatkan kenaikan dari kasus konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 687 orang," ujar Yurianto.

Kasus sembuh, kata Yurianto, juga mengalami penambahan sebanyak 183 orang. Sehingga, angka nasional kasus positif Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh mencapai 6.240 orang.

Sedangkan angka kematian bertambah 23 orang. Dengan demikian, jumlah seluruhnya menjadi 1.496 orang.

 

1 dari 3 halaman

Sebaran Peningkatan Kasus

Yurianto menyebutkan Jawa Timur menjadi provinsi dengan jumlah peningkatan kasus positif tertinggi. Dalam 24 jam terakhir, didapatkan kasus baru sebanyak 171 kasus.

Posisi selanjutnya ditempati Kalimantan Selatan dengan 116 kasus. Sedangkan DKI Jakarta tercatat mendapatkan 105 kasus baru.

" DKI Jakarta ini didominasi oleh saudara-saudara kita yang baru kembali dari bekerja di luar negeri dan kita harus melakukan screening terhadap mereka," kata Yurianto.

 

2 dari 3 halaman

Provinsi dengan Nol Kasus Baru

Menurut Yurianto, sejauh ini terdapat beberapa provinsi yang tercatat tidak menemukan kasus baru positif Covid-19.

" Provinsi yang tidak ada kenaikan sama sekali atau tidak ada penambahan sama sekali atau tidak ada kasus baru sama sekali yang kita dapatkan adalah Bangka Belitung, DI Yogyakarta, Jambi, Kalimantan Utara, Lampung, Riau, Sulawesi Barat, dan Nusa Tenggara Timur," ucap dia.

Sementara provinsi yang mencatakan penambahan hanya satu kasus baru yaitu Aceh, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

 

3 dari 3 halaman

Tren Penambahan Kasus Harian Tertinggi

Yurianto menyoroti tren penambahan kasus harian di setiap provinsi. Menurut dia, tambahan kasus harian terbanyak justru terjadi di Kalimantan Selatan.

" Karena kemarin (27 Mei 2020) 73 (kasus positif baru), sekarang menjadi 116 (kasus baru)," ucap dia.

Sedangkan pada Jawa Timur justru terjadi penurunan. Ini terlihat dari jumlah peningkatan kasus harian hari ini yang lebih rendah daripada kemarin.

" Kalau kita lihat Jawa Timur memang saat ini paling tinggi. Tetapi sebenarnya kemarin 199 sekarang menjadi 171, artinya ada penurunan dibanding dengan kemarin," ucap dia.

Lebih lanjut, Yurianto menjelaskan gambaran grafik di setiap daerah berbeda satu sama lain. Ada daerah yang grafiknya mulai menurun, ada yang melandai namun ada juga yang naik.

" Kita memaklumi kondisi ini karena memang dinamika sosial di provinsi satu dengan yang lain tidak sama," kata dia.

Beri Komentar