Bintang-bintang Muslim di Piala Eropa 2016

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 14 Juni 2016 10:01
Bintang-bintang Muslim di Piala Eropa 2016
Tidak sedikit pesepakbola Muslim yang masih berlaga di pentas Euro 2016.

Dream - Pagelaran akbar Euro 2016 telah dimulai di Prancis. Tetapi, yang menarik, gelaran turnamen antarnegara Benua Biru itu, yang berbarengan dengan bulan Ramadan.

Kondisi tersebut menjadi ujian berat bagi para pemain Muslim yang berlaga dalam turnamen tersebut.

Dari beberapa negara yang mengikuti gelaran EURO 2016, Turki dan Swiss merupakan negara dengan pemain Muslim terbanyak.

Dua negara itu, menyumbang setidaknya enam pemain Muslim yang berlaga di kompetisi sepak bola Benua Biru. Berikut merupakan nama-nama pemain yang memperkuat negaranya disaat bulan Ramadan: 

 

(Ism) 

 

1 dari 9 halaman

Albania

Dream - Elseid Hysaj, pemain yang lahir 24 Februari 1994, kini bergabung bersama klub Serie A Napoli. pemain muda itu, kini menjadi salah satu pemain andalan Tim Nasional Albania.

Kemudian ada, Amir Rrahmani (RNK Split), Naser Aliji (Fc. Basel), Taulant Xhaka (Fc. Basel) dan Armando Sadiku (Vaduz).

 

2 dari 9 halaman

Belgia

Dream - Marouane Fellaini, lahir di Etterbeek, Belgia, 22 November 1987 merupakan seorang pemain sepak bola Muslim Belgia yang biasa bermain pada posisi gelandang.

Saat ini bermain untuk klub Manchester United dan ikut menyumbangkan gelar piala FA Cup pada tahun 2016. Selain Fellaini, ada pula nama Mousa Dembele (Tottenham Hotspur)

3 dari 9 halaman

Austria

Dream - Austria punya kiper seorang Muslim. Dia adalah Ramazan Ozcan. Kiper yang membela klub Ingolstadt. Dia terlahir dari keluarga Muslim, ia keturunan Turki yang lahir pada Juni 1984.

4 dari 9 halaman

Perancis

Dream - Pemain Perancis, Paul Pogba seperti yang sudah kita ketahui, merupakan pesepakbola Muslim. Pogba bermain untuk klub Serie A Juventus itu ikut memberikan gelar scudetto kelima bagi Juventus.

Selain Pogba, ada pula Bacary Sagna (Manchester City), Adil Rami (Sevilla), Paul Pogba (Juventus), N’Golo Kante (Leicester City) dan Moussa Sissoko (Newcastle). 

5 dari 9 halaman

Jerman

Dream - Pesepakbola Jerman yang membela klub Arsenal, Mesut Ozil membuat kejutan. Sebelum Euro 2016 digelar, pemain keturunan Turki ini menyempatkan ibadah Umrah ke Tanah Suci.

Pria yang kini bermain untuk klub Liga Inggris, Arsenal, kemudian mengunggah foto dirinya ketika mengenakan kain ihram.

Pemain Muslim Jerman lainnya yakni Emre Can (Liverpool), Shkodran Mustafi (Valencia), Sami Khedira (Juventus) dan Lukas Podolski (Fenerbahce).

6 dari 9 halaman

Swedia

Dream - Berbicara tim sepak bola Swedia, tentu tak boleh melupakan sosok penting ini. Dia adalah Zlatan Ibrahimovic. Meski tak menjelaskan agama yang dianutnya, Zlatan tumbuh di kawasan Rosengard, Malmo, Swedia.

Di kawasan imigran Muslim itu Zlatan tumbuh dan berinteraksi. Tetapi, saat dia mengaku bukan sebagai pemeluk agama yang taat.

Selain Zlatan, ada nama Erkan Zengin yang bermain di klub Turki, FC Trabzonspor.

7 dari 9 halaman

Italia

Dream - Negeri Pizza punya pemain Muslim. Dia adalah Stephan El Shaarawy. Pemain yang lahir di Savona, Italia, 27 Oktober 1992 itu bermain di posisi gelandang serang untuk klub Serie A, AS Roma.

Aset terbesarnya adalah kecepatan yang luar biasa dan kemampuan untuk menembus tim lawan dengan tipuan dan umpan jitu.

 

8 dari 9 halaman

Swiss

Dream - Negeri Alpen itu punya pesepakbola Muslim muda hebat. Namanya Granit Xhaka. Pemain yang baru saja menjadi pemain Arsenal itu dibeli dengan harga 30 juta poundsterling dari Borussia Monchengladbach.

Selain Xhaka, Swiss juga memiliki lima pemain berdarah muslim, diantaranya yaitu Valon Behrami (Watford), Xherdan Shaqiri (Stoke City), Haris Seferovic (Eintracht Frankfurt), Admir Mehmedi (Bayer Leverkusen), Shani Tarashaj (Grasshoppers). 

9 dari 9 halaman

Turki

Dream - Salah satu negara Eropa yang ikut serta dalam Euro 2016 adalah Turki. Negara bersimbol bendera Bulan Bintang itu memiliki sederet pemain Muslim tangguh. Salah satunya Arda Turan. Pria kelahiran Istanbul, 30 Januari 1987 itu pemain berkebangsaan Turki yang bermain untuk klub FC Barcelona pada posisi gelandang. 

Selain Turan ada pula Harun Tekin (Bursaspor), Ahmet Calik (Genclerbirligi), Ismail Koybasi (Besiktas), Hakan Calhanoglu (Bayern Leverkusen), Nuri Sahin (Borussia Dortmund), Oguzhan Ozyakup (Besiktas), Yunus Malli (Mainz).

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting