Jokowi Akan Temui Siti Aisyah

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 12 Maret 2019 07:00
Jokowi Akan Temui Siti Aisyah
Proses pendekatan panjang pemerintah.

Dream - Jokowi akan bertemu dengan Siti Aisyah, warga negara Indonesia yang terbebas dari tuduhan pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri penguasa Korea Utara, Kim Jong-un.

" Ya besok kita ketemu," kata Jokowi, dikutip dari , Senin 11 Maret 2019.

Presiden bernama lengkap Joko Widodo itu mengatakan, pembebasan Siti merupakan proses yang sangat panjang. Pemerintah Indonesia yakin Siti tak terlibat jaringan yang menghabisi nyawa Kim Jong-nam.

" Ini proses panjang pendekatan panjang karena memang kita melihat dari jauh bahwa Siti bukan merupakan masuk dari jaringan itu, tapi memang dimanfaatkan itu aja," ujar dia.

Dilaporkan , Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Cahyo Rahadian Muhzar, mengatakan, Siti Aisyah dibebaskan dari segala tuntutan didasari oleh permintaan Menkumham, Yasonna Laoly, kepada Jaksa Agung Malaysia.

Lewat permintaan tersebut, Jaksa Agung Malaysia memutuskan untuk menggunakan wewenangnya berdasarkan Pasal 254 Kitab Hukum Acara Pidana Malaysia. Keputusan itu adalah untuk tidak melanjutkan penuntutan terhadap kasus Siti Aisyah (nolle prosequi).

1 dari 1 halaman

Alasan Pembebasan Siti Aisyah

Menurut Cahyo, ada tiga alasan Menkumham mengajukan permintaan pembebasan Siti Aisyah.

Pertama, Siti Aisyah meyakini apa yang dilakukannya semata bertujuan kepentingan acara reality show dan tidak pernah memiliki niat untuk membunuh Kim Jong-nam.

Ke dua, Siti Aisyah telah dikelabui dan tidak menyadari bahwa dia sedang diperalat oleh pihak intelijen Korea Utara. Ketiga, Siti Aisyah sama sekali tidak mendapatkan keuntungan dari apa yang dilakukannya.

" Permintaan ini sejalan dengan arahan Presiden RI setelah koordinasi antara Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Menteri Luar Negeri RI, Kepala Kepolisian RI, Jaksa Agung RI dan Kepala Badan Intelijen Negara," ujar Cahyo.

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen