Riset: Pemuda Muslim Bulat Akui Pancasila

Reporter : Maulana Kautsar
Minggu, 25 Februari 2018 18:01
Riset: Pemuda Muslim Bulat Akui Pancasila
Disayangkan karena kurangnya kedalaman.

Dream - Penelitian yang dibuat Center for the Study of Religion and Culture (CSRC) menyebut, kaum muda Muslim mengakui Pancasila sudah final. Pancasila diakui dan diterima sebagai dasar ideologi negara.

Riset CSRC itu melibatkan 935 responden kaum muda Muslim dengan metode kualitatif. Sebanyak 555 narasumber diwawancarai secara mendalam. Sedangkan 380 narasumber diajak bergabung dalam focus group discussion (FGD) di 18 kabupaten atau kota.

Koordinator penelitian Chaider Bamualim menuturkan, pengakuan para aktivis muda Muslim terhadap Pancasila didasari pada islaminya esensi sila-sila dalam Pancasila. 

“ Para pemuda Muslim menganggap Pancasila tak bertentangan dengan agama,” ujar Chaider di Jakarta, Jumat, 23 Februari 2018.

Dilaporkan Anadolu Agency, penelitian ini juga tidak banyak menemukan indikasi kuat sikap keberagamaan ekstrim. Jikapun ada, sangat kecil jumlahnya. 

“ Bahkan sebagian besar kaum muda Muslim memoderasi makna jihad,” ucap Chaider.

Sementara, Deputi Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) Anas Saidi menyayangkan minimnya angka yang menginformasi corak keberagamaan kaum muda Muslim.

“ Berapa yang dianggap moderat dan radikal, seharusnya ada angkanya dari 935 informan,” ucap Anas.

Menurut Anas, penelitian kuanlitatif seharusnya bisa mengukur tingkat kedalaman, bukan sekadar memberikan gambaran soal corak keberagaman. 

“ Akibat dari kejelasan itu, treatment-nya akan susah untuk kelompok moderat dan konservatif,” kata Anas.

Beri Komentar